≡ Menu

Kursus Privat Infofotografi

Program kursus privat 1:1 (satu peserta, satu pengajar) diadakan untuk yang ingin belajar di infofotografi diluar jadwal kelas kursus reguler. Anda bisa datang di lokasi kami di Green Lake City (Jakarta Barat), maupun secara online untuk belajar berbagai topik materi privat berikut ini :

Pengenalan Kamera untuk Foto dan Video

Cocok untuk anda yang baru beli kamera seperti Sony A7/A6000, Canon EOS R/EOS M, Fuji X dsb. sebagai langkah awal menjadi fotografer atau konten kreator.

Kelas ini berisi pengenalan cara kerja dan penggunaan kamera mulai dari fungsi tombol, menu/setting kamera, serta mengajarkan teknik dasar foto dan video. Dari privat ini peserta akan mengenal fitur, setting utama dan kustomisasi tombol supaya lebih mudah dalam memotret atau merekam video. Materi dasar fotografi seperti eksposur, auto fokus dan white balance juga akan diajarkan di sesi privat ini.

Jenis privat : teori di kelas/online
Pengajar : Erwin Mulyadi
Durasi : s/d 3 jam
Biaya privat : Rp 750.000,-

Kupas Tuntas Kamera Leica

Pengguna kamera Leica seperti SL, Leica Q atau Leica M bisa belajar secara privat untuk mengenal filosofi dan keunggulan kameranya.

Kelas privat Leica ini dipandu oleh Enche Tjin, ex Ambasador Leica 2016-2020, mengajarkan penggunaan kamera baik auto atau manual fokus, setting kameranya dan pilihan lensa yang bisa dibeli. Peserta bisa berdiskusi seputar kamera Leica yang dimiliki dengan Enche Tjin yang sudah mencoba berbagai jenis kamera Leica khususnya yang memakai sensor digital, dan juga bermacam lensa manual M-mount atau lensa modern L-mount.

Jenis privat : teori di kelas/online
Pengajar : Enche Tjin
Durasi : s/d 3 jam
Biaya privat : Rp 1.000.000,-

Membuat Konten dengan Smartphone

Cocok untuk anda yang ingin membuat konten berbekal smartphone, baik belajar proses membuat konten dan juga editing di smartphone.

Privat membuat konten ini mengajarkan cara-cara mengambil foto dan video memakai smartphone, beserta fitur-fitur yang ada di menu smartphone seperti HDR, timelapse dan mode Pro. Selanjutnya diajarkan juga cara merekam video memakai gimbal stabilizer untuk hasil rekaman video yang stabil, cara memakai wireless mic dan juga prinsip basic lighting memakai lampu LED. Di akhir sesi dibahas juga kiat-kiat mengedit foto memakai aplikasi Snapseed dan cara cepat menyusun timeline video memakai aplikasi InShot.

Jenis privat : teori di kelas/online
Pengajar : Erwin Mulyadi
Durasi : s/d 2 jam
Biaya privat : Rp 750.000,-

Komposisi, Lensa dan Lighting

Cocok untuk anda yang ingin mengenal cara membuat karya foto yang sesuai kaidah estetika fotografi.

Banyak orang yang merasa karya fotonya masih kurang menarik meski sudah memakai kamera yang bagus. Pada dasarnya memotret perlu melatih kemampuan literasi visual, menentukan timing/momen hingga memahami karakter tiap fokal lensa. Kelas ini berisi penjelasan teknik dasar membuat foto dengan komposisi yang menarik, penggunaan lensa untuk komposisi, prinsip pencahayaan untuk membuat foto yang menarik.

Jenis privat : teori di kelas/online
Pengajar : Enche Tjin
Durasi : s/d 4 jam
Biaya privat : Rp 1.200.000,-

Pengenalan Flash Eksternal

Cocok untuk anda yang akan terjun dalam genre foto produk, makanan, potret atau yang menyukai foto dengan efek kreatif dari strobist.

Kualitas cahaya menentukan hasil foto. Sumber cahaya yang bisa diandalkan dalam fotografi salah satunya adalah flash eksternal. Kadang setelah membeli flash, pengguna masih kesulitan memakainya, termasuk memahami arti fitur dan mengatur setting kekuatan flash hingga setting untuk efek kreatif. Di kelas privat pengenalan flash eksternal ini, dibahas fungsi tombol, fitur TTL, HSS, RPT, Zoom, wireless dan teknik dasar fotografi dengan flash.

Jenis privat : teori di kelas/online (bisa ada mini praktek bila privat tatap muka di kelass)
Pengajar : Erwin Mulyadi
Durasi : s/d 2,5 jam
Biaya privat : Rp 750.000,-

Mentoring Foto Outdoor

Cocok untuk anda yang ingin praktek memotret sambil dibimbing langsung oleh mentor.

Bila yang anda perlukan adalah bimbingan memotret di lapangan dengan panduan teknis dari instruktur mengenai komposisi, setting kamera dan teknik memotretnya, maka privat ini cocok untuk dipilih. Peserta bisa praktek sesuai arahan mentor dan hasilnya dibahas sebagai evaluasi. Lokasi bisa dipilih di beberapa obyek wisata di Jakarta (Ancol, Monas, TMII, Kota Tua, Dukuh Atas dsb)

Pengajar : Erwin Mulyadi
Durasi : s/d 3 jam
Biaya privat : Rp 1.200.000,(belum termasuk biaya masuk tempat wisata)

Creative Lighting Studio & Portrait

Cocok untuk anda yang ingin praktek memotret di studio dengan peralatan lampu studio dengan berbagai aksesori light modifier.

Dalam sesi privat ini diajarkan prinsip pencahayaan, teknik mengunakan dengan lampu kilat studio untuk portrait photography sambil mencoba langsung memotret subyek manusia (model). Peserta bisa membawa model sendiri, atau bila perlu bisa kami bantu mencari modelnya.

Jenis privat : praktek di studio infofotografi
Pengajar : Enche Tjin
Durasi s/d 4 jam
Biaya privat : Rp. 1.200.000,- (belum termasuk biaya sewa model jika dibutuhkan)

Editing & Manajemen foto dengan Adobe Lightroom 

Cocok untuk anda yang ingin menata kumpulan foto yang sudah ada di komputer, dan terutama untuk anda yang ingin menguasai cara editing foto yang baik dan efektif memakai software Adobe Lightroom.

Di sesi privat editing ini selain mengajarkan cara menata (organize) foto yang baik, juga akan mengulas cara memperbaiki foto yang terlalu terang/gelap, membersihkan noda, menghaluskan kulit, konversi B&W, koreksi lensa hingga proses ekspor file fotonya.

Jenis privat : teori dan praktek di kelas/online
Pengajar: Enche Tjin dan Iesan Liang
Durasi : s/d 4 jam
Biaya privat : Rp. 1.200.000,-

Promo spesial untuk privat 2 atau 3 peserta

Potongan harga untuk kelompok kecil 2 atau 3 peserta dalam satu sesi kursus privat.

Apabila anda hendak belajar privat tapi bisa hadir berdua atau bertiga dengan keluarga/teman anda, maka dapatkan promo potongan harga 20% dari biaya privat untuk setiap peserta.

Contoh :

  • untuk privat Pengenalan Kamera dari Rp. 750.000,- menjadi Rp. 600.000,- per peserta
  • untuk privat Editing Lightroom dari Rp. 1.200.000,- menjadi Rp. 960.000,– per peserta

Privat lainnya

Jangan ragu untuk menghubungi kami bila anda ingin mempelajari hal-hal lain diluar yang disediakan diatas. Kami bisa membantu anda mempelajari hal-hal yang terkait fotografi, videografi, software fotografi dan media digital seperti :

  • Editing dan manipulasi foto dengan Photoshop
  • Dasar videografi modern dan teknik pengambilan video sinematik
  • Dasar editing video dengan Adobe Premier Pro
  • Teknik setup studio untuk live streaming (kamera, mic, lighting, PC)
  • Cara memakai software OBS untuk record atau livestreaming

Cara Mendaftar

  1. Tentukan kebutuhan materi privatnya, lalu hubungi kami melalui e-mail (email: infofotografi@gmail.com), WA atau telepon (085813183069) untuk mengatur jadwal belajar.
  2. Transfer biaya privat ke Enche Tjin via Bank BCA: 4081218557 via Bank Mandiri: 1680000667780
  3. Konfirmasi  pembayaran dengan menyertakan nama peserta dan nama penyetor.
  4. Datang di hari H sesuai kesepakatan atau join zoom meeting sesuai jadwal bila online.