≡ Menu

Tentang Kami

Blog Infofotografi.com adalah media informasi tentang dunia fotografi dalam bentuk online yang hadir sejak tahun 2009. Blog ini ditujukan untuk pencinta fotografi Indonesia karena pada saat itu masih sedikit blog dalam bahasa Indonesia yang membahas alat fotografi, teknik fotografi, filosofi dan berita seputar industri fotografi. Blog infofotografi.com kini menjadi media informasi fotografi dan kamera yang lengkap berkat konsistensi, kualitas dan variasi artikel baik untuk pemula, tips-trik, review alat hingga membahas foto. Sampai saat ini infofotografi.com banyak menerima komentar dan pertanyaan pada setiap artikelnya dan kami berupaya membalas pertanyaan yang masuk setiap harinya.

Dalam perjalanannya, Infofotografi selain menjadi sebuat media online, juga telah berkembang menjadi sarana belajar fotografi untuk pemula, baik berupa penerbitan buku,kursus/privat/tur fotografi dan pelatihan korporat.

Aktivitas dan pelatihan yang telah kami lakukan diantaranya :

  • Menerbitkan buku-buku fotografi (kamera Kamera DSLR itu Mudah!, Lighting itu Mudah!, Fotografi itu Mudah!, Panduan memilih kamera dan lensa, Kamus fotografi, Smart Guide for camera and lenses dan Editing dengan Adobe Lightroom). Buku-buku bisa dilihat dan dipesan di halaman ini.
  • Rutin mengadakan kelas/workshop fotografi dan tur/mentoring fotografi baik di dalam maupun luar negeri. Jadwal pelatihannya ada di halaman ini.
  • Dipercaya mengisi pelatihan dan training korporat (Bakrie, BNI Life, Pertamina, ANZ bank, KPK, Astra Graphia).
  • Menghadiri event seremoni dan peluncuran produk kamera/lensa/lighting baru dan gear review.

Tentang para penulis dan pengajar :

Enche Tjin

Kurang lebih sepuluh tahun yang lalu saat saya pertama kali belajar fotografi, saya mengunakan kamera film dan full manual. Saat itu, saya sangat tidak menyukai fotografi karena biaya cetak dan film yang relatif mahal, dan juga teknologi kamera yang tidak semaju sekarang.

Dengan perkembangan teknologi digital kamera yang pesat, maka pemula tidak perlu direpotkan dengan banyak masalah teknis dan bisa lebih fokus di dalam komposisi dan waktu dalam pengambilan foto. Selain itu, karena perkembangan teknologi produksi massal yang canggih dan efisien, harga kamera digital semakin lama semakin terjangkau. 10 tahun yang lalu, kamera digital SLR tidak ada lebih murah dari US$1000.

Pengalaman singkat

Saya pertama kali belajar fotografi tahun 1998, dengan mengunakan kamera film manual. Saya belajar sekitar satu tahun, tapi tidak pernah benar benar menyukai bidang ini. Sampai pada tahun 2007, saya kembali menjumpai fotografi. Ceritanya, saat saya transfer ke Bucknell University, saya ingin berpartisipasi dalam menulis Koran mahasiswa yang bernama The Bucknellian. Saat itu saya ingin menjadi layout designer, tapi sayangnya posisi tersebut telah penuh. Satu-satunya posisi yang terbuka adalah fotografi. Singkat cerita saya mengambil kesempatan tersebut.

Kamera yang saya gunakan pada saat itu adalah kamera dLSR Pentax K100. Satu semester kemudian saya membeli Canon 40D. Di musim gugur 2008, saya membeli Canon Rebel XSi atau 450D untuk cadangan, dan kemudian pada awal tahun 2009, saya aktif mengunakan kamera Nikon D700 dan Nikon D600 sampai sekarang.

Di bulan Agustus 2016, saya dipercayai untuk menjadi Leica Ambassador, khususnya ke kamera Leica SL. Di akhir tahun 2016 sampai 2017, saya akan melakukan banyak kegiatan baik workshop maupun photo trip bersama Leica Store Indonesia.

Beberapa kamera compact yang masih saya gunakan saat ini termasuk Ricoh GRD IV, dan Sigma DP2M. Saya beruntung banyak dipinjami kamera dari berbagai vendor dan teman, antara lain Sony A7/A7s/A7R, Sony A5100, Sony SLT 77 mk II, A99, Canon EOS 70D, Canon 7D mk II,  Samsung NX3000, NX300, dan NX30, Olympus OMD EM1.

Saat ini, saya menggunakan sebagian besar waktu saya untuk mengajar fotografi, dan menulis buku. Sampai saat ini, buku yang sudah terbit yaitu Kamera DSLR itu Mudah!,  Lighting itu Mudah! , Fotografi itu Mudah!Panduan memilih kamera dan lensa, Kamus fotografi, dan Smart Guide for camera and lenses. Buku-buku tersebut beredar di TB Gramedia dan bisa dipesan langsung ke saya.

Prinsip utama saya adalah membantu memberikan kesempatan setiap orang yang ingin belajar fotografi tidak terkait usia, golongan, atau tempat tinggal.

Enche Tjin
enche.zein@gmail.com

Peralatan fotografi Enche dan tinjauan singkat bisa dibaca disini.

Erwin Mulyadi

12310549_10207162272669616_4706535843401042287_nPenghobi fotografi lulusan Fisika Unpad ini berdomisili di Tangerang. Erwin pernah menjadi engineer di industri TV swasta dan karirnya berlanjut sebagai manager di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang fotografi. Sejak tahun 2013 Erwin memfokuskan kegiatan sehari-harinya di infofotografi sebagai penulis artikel, mengajar kursus, membimbing tur/mentoring fotografi hingga menguji dan membuat review untuk berbagai peralatan fotografi seperti kamera dan lensa. Selain itu Erwin juga masih aktif mengajar di Akademi Televisi Indonesia (ATVI) Jakarta.

Pertama kali Erwin terjun di dunia kamera digital adalah di tahun 2000, waktu itu dimulai dengan bekal kamera saku Kodak 1 MP, dilanjut dengan berbagai merk kamera saku lain seperti Nikon Coolpix, Fuji Finepix, Canon Ixus dsb. Menekuni fotografi lebih dalam dijalaninya sejak di tahun 2007 saat punya DSLR Nikon D40 sebagai kamera yang lebih mendukung untuk belajar fotografi, lalu di tahun 2011 memakai Nikon D5100 dan sejak tahun 2015 ini beralih memakai Canon 70D dan beberapa aksesori lighting seperti flash dan trigger TTL Godox. Bidang fotografi yang disenanginya adalah landscape, arsitektur, street dan liputan. Prinsip yang dipegangnya adalah tidak harus menjadi seorang profesional dulu baru boleh berbagi, semua orang pasti pernah mengalami proses mulai belajar, yang penting bermanfaat untuk orang lain.

Selain menulis buku Kamus Fotografi di tahun 2014, Erwin juga menulis di dunia digital (gaptek28.wordpress.com) dan kamera-gue.web.id, serta galeri fotonya ada di flickr dan instagram.

Penulis lainnya yang juga pernah menulis artikel di infofotografi.com :

  • Iesan Liang
  • Momi Poernomo
  • Agus Syafiudin
  • Pradipta Yudha
  • Adi Setyo
  • Wisnu Yudhanto
  • Sefanya Prasetyo
  • Paul Yahya
  • Radityo Widiatmojo
  • Purnawan Hadi

Lokasi kami :

Infofotografi, Rukan Sentra Niaga Blok N-05, Green Lake City, Duri Kosambi, Jakarta Barat.

GPS : 6.1794S 106.7115E