≡ Menu

Saatnya packing lagi untuk tour foto ke Yunnan, Cina

Dari beberapa tahun yang lalu, saya sangat ingin mengunjungi Yunnan, Cina. Provinsi Yunnan merupakan provinsi yang terletak di daerah selatan Cina, berbatasan dengan banyak negara, antara lain: Laos, Myanmar, dan Vietnam. Yunnan juga bertetangga dengan Provinsi Tibet. Karena merupakan provinsi yang terletak di perbatasan, Yunnan kaya dengan keragamaan suku dan budaya yang menarik. Selain itu tentunya pemandangannya unik dan indah. [ Tour fotografi Yunnan ].

Jumlah peserta tour kali ini tidak banyak, dibawah 15 orang, oleh sebab itu, kendaraan yang kita gunakan juga van yang muat 17 orang. Van seperti ini tidak memiliki ruang bagasi yang besar, jadi saya menghimbau semua peserta untuk packing light, supaya duduknya bisa lebih lega. Tour kali ini kita akan berpindah-pindah penginapan, karena spot-spot fotonya agak jauh satu dengan lainnya.

Packing light itu sulit karena berat untuk meninggalkan barang-barang yang  mungkin saja akan berguna selama tour. Tapi membawa gear (kamera, lensa, dan aksesoris) yang sedikit mungkin membuat saya bisa lebih fokus dalam memotret daripada memikirkan lensa apa yang harus saya pasang ke kamera. Seperti biasanya, saya hanya membawa satu kamera dan dua lensa yang sudah akrab dengan saya, yaitu Nikon D600, Nikon 16-35mm f/4 VR, dan Sigma 70-200mm f/2.8 HSM Macro. Tidak ada perubahan kamera atau lensa baru dari beberapa tour fotografi terakhir karena saya merasa kombinasi kamera, lensa sudah cukup baik. Membawa kamera, lensa baru yang tidak saya kenal merepotkan saat di lapangan.

Kali ini, saya akan membawa tripod baru yang cukup besar dan kokoh, yaitu Benro C1682TV1 Harapan saya, dengan tripod ini dapat menahan beban lensa telefoto 70-200mm f/2.8 dengan baik. Tas yang saya gunakan masih tas selempang KATA Report IT 10 yang  fleksibel untuk akses ganti lensa. Karena temanya lebih fokus ke foto pemandangan, filter yang saya bawa yaitu filter CPL dan ND.

Iesan, istri saya, gearnya sangat berbeda dengan saya, Ia akan membawa kamera Canon 650D dan lensa andalannya 18-135mm IS STM dan lensa Canon 100mm f/2.8 IS L Macro. Tidak seperti biasanya, Iesan kini akan membawa tripod travel yang saya ulas disini. Saya cukup bergembira karena istri saya sudah menyadari bahwa tripod itu penting bukan hanya untuk mendapatkan hasil terbaik saat kondisi cahaya sulit (sunset, sunrise), tapi juga sangat berguna saat merekam video klip. Rencananya, Iesan akan mencoba merekam cuplikan-cuplikan perjalanan kita selama di Yunnan. Sebelumnya Iesan mengeluhkan bawa tripod itu merepotkan dan berat. Tas yang digunakan Iesan adalah KATA GP-100, yang ringan dan kapasitasnya jauh lebih cukup.

Tour fotografi kali ini akan berlangsung dari tanggal 18-25 Maret, dan selama itu, telp 0858-1318-3069 dan infofotografi@gmail.com masih aktif untuk menerima pendaftaran kursus, order buku, atau produk lainnya. Sampai jumpa, dan nantikan kabar dan foto-foto dan pengalaman yang akan saya bagikan di Infofotografi selama di Yunnan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment