≡ Menu

Tour Yunnan : Lijiang, Dali, Shaxi, Kunming, Jade Dragon Snow Mountain 19-26 Oktober 2024

Halo teman-teman infofotografi, saya ingin mengajak kalian untuk jalan-jalan & moto-moto lagi ni. Destinasi Musim gugur 2024 ini adalah ke beberapa lokasi yang menarik di provinsi Yunnan, RRT (Republik Rakyat Tiongkok) selama delapan hari, dari 19 – 26 Oktober 2024.

Black Dragon Pool, Lijiang, Yunnan – Foto oleh Enche Tjin

Yunnan merupakan salah satu provinsi yang terletak di barat daya Tiongkok dan berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia tenggara seperti Laos, Myanmar dan Vietnam. Penduduk Yunnan banyak yang berasal dari suku minoritas yang masih mempertahankan budaya mereka, oleh sebab itu kita bisa menyaksikan budaya yang berbeda-beda sepanjang perjalanan.

Dalam perjalanan kali ini, kita akan mendapatkan berbagai pengalaman yang bervariasi dan menarik. Diantaranya :

  • Pemandangan alam : Stone Forest (hutan batu besar), Jade Dragon Snow mountain (pegunungan es) dimana kita akan menjelajahi daerah lembah dan daerah puncak yang dipenuhi oleh salju abadi.
  • Jelajah kota tua : Beberapa kota tua yang dulu sangat ramai sebagai tempat transit jalur perdagangan teh antara Cina dari barat : Lijiang, Shaxi, Dali (dulunya kerajaan independen yang di feature dalam seri TV/film “Pendekat dari negeri Tayli/Semi God & Demi Devil/18 tapak penakluk naga).
  • Menyaksikan pertunjukan budaya di Jade Dragon (Yulong) snow mountain yang disutradarai oleh sutradara terkenal Zhang Yimou yang sering mengkoregrafi acara  olahraga kolosal seperti Olympiade.
  • Cruise di danau Erhai di Dali yang indah dengan pemandangan Changshan di latar belakang dengan burung-burung camar sebagai foregroundnya.
  • Pengalaman naik high speed train dari ibukota ke Yunnan ke Dali dan dari Lijiang ke Kunming kembali.

Apakah kalau yang tidak hobi atau tidak bisa fotografi boleh ikut?

Boleh, jika Anda ingin mengajak teman/partner yang tidak suka fotografi, tapi suka jalan-jalan, tidak masalah, tetap boleh ikut dan mereka akan menikmati perjalanan ini juga. Juga tidak harus membawa kamera profesional, memotret dengan ponsel atau kamera pocket juga diperkenankan. Bagi yang ingin belajar, saya (Enche Tjin) akan memberikan masukan tentang setting kamera dan komposisi di lapangan.

Apa bedanya tour ini dengan tour wisata pada umumnya?

Tour wisata pada umumnya berfokus pada “check list” alias memiliki target untuk mengunjungi banyak tempat dalam waktu sesingkat mungkin. Tour wisata seperti itu akan menghabiskan banyak waktu di moda transportasi seperti bis, pesawat, di guide untuk shopping di toko-toko yang menjual suvenir dengan harga tinggi dan waktu bebas yang sedikit untuk menikmati suasana, pemandangan atau kegiatan memotret . Di tour infofotografi ini, teman-teman bisa lebih rileks dan enjoy dalam menikmati perjalanan dan banyak waktu bebas untuk menikmati pemandangan, belanja atau kuliner.

Bagaimana medan/persiapan kesehatan?

Medan cukup aman untuk yang bertubuh sehat tapi sangat dianjurkan untuk berolahraga/jalan-jalan setidaknya sebulan sebelum berangkat supaya terbiasa disana. Bagi yang memiliki masalah kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi atau jantung, ada baiknya untuk konsultasi dengan dokter pribadi untuk menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan.

Bagaimana cuaca disana?

Cuaca di musim gugur bervariasi tergantung ketinggian. Oktober adalah bulan perubahan musim hujan ke musim dingin. Tapi cukup nyaman untuk jalan-jalan santai dengan jaket atau sweater, curah hujan-pun rendah dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Di kota suhu siang sekitar 20°C, malamnya sekitar 9°C.  Di puncak gunung salju suhu dibawah 0°C (kita akan berkunjung 1-2 jam disini).

  • Peserta maksimum 16 orang
  • Durasi 8 hari 7 malam
  • Periode: 19-26 Oktober 2024
  • Standar akomodasi: Sharing 2 peserta per kamar, Hotel 3-5* atau equivalent, tergantung kotanya.
  • Makanan: Diusahakan rumah makan halal/tidak mengandung B2. Ada 4 kali lunch/dinner yang mana peserta bebas memilih untuk makan dimana (tidak include).
  • Mentor fotografi (Enche Tjin) dan guide local
  • Biaya trip: US$1290 per orang

Biaya belum termasuk

  • Tiket pesawat ke Kunming
  • Visa China (bisa dibantu dalam aplikasinya)
  • Tips Supir dan Guide
  • Belanja pribadi
  • Asuransi perjalanan (opsional)
  • Single suplement (1 kamar sendiri)

Biaya tiket pesawat bervariasi tergantung maskapai dan tanggal pembelian. Batas waktu pendaftaran sebulan sebelum keberangkatan (September 22), atau sampai kuota penuh. Bagi yang ingin info lebih lanjut/mendaftar, silahkan hubungi Iesan di WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment