≡ Menu

Postcard dari Yunnan : Refleksi sawah terasering

Saya menulis artikel ini dari Kunming, Yunnan. Besok adalah hari terakhir tour fotografi Infofotografi dan malamnya kita akan bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia untuk transit. Tour foto kali ini spesial karena cuaca cerah sepanjang tour dengan sunrise dan sunset yang cetar membahana.

Tapi bukan pemandangan keseluruhan (grand vista) saja yang menarik, tetapi juga detail dari pemandangan tersebut. Seperti di Yuanyang, saya perhatikan pantulan cahaya matahari dan warna langit akan mempengaruhi warna air di terasering. Setiap saat berubah-ubah, jika langit merah saat sunset, sawah juga ikut merah, dan jika biru, maka air akan menjadi biru juga.

yuanyang-reflection-02

Setting teknis foto diatas: ISO 100, f/8, 1/800 detik, lensa 75mm ekuivalen di full frame.

Pergerakan cahaya matahari juga mempengaruhi. Saat tidak tertutup awan, pantulan cahaya matahari sangat kuat dan membuat sawah keemasan, sedangkan saat matahari tertutup awan, maka warna biru dan perak yang dominan.

yuanyang-reflection-01

Setting teknis foto diatas: ISO 100, f/8, 1/250 detik, lensa 75mm ekuivalen di full frame.

Di kondisi cuaca yang cerah, dan jika kita memotret di kondisi yang sama terus-menerus, maka kita akan mendapatkan foto yang berbeda-beda. Mungkin inilah daya tarik tempat ini yang menarik banyak fotografer untuk datang dan membuat mereka betah berlama-lama.

Berhubungan: Postcard dari Yuanyang : motret sunrise.

—-
Belajar fotografi yuk, dengan mengikuti kursus kilat dasar fotografi, komposisi dan lighting selama dua hari. Info: 0858 1318 3069.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment