≡ Menu

Mengapa mengajar fotografi?

Saat ini, seiring dengan perkembangan fotografi digital dan sosial media (Facebook, Friendster, blog..) yang pesat, banyak sekali yang ingin belajar fotografi. Orang-orang memiliki tujuan yang berbeda-beda. Ada yang ingin belajar untuk keperluan pribadi, seperti foto acara keluarga dan anak, ada juga yang untuk hobi, dan sebagian lainnya untuk bekerja di bidang fotografi.

Lalu, bila Anda memiliki pengetahuan dalam bidang fotografi, kenapa tidak Anda mengajar fotografi? Banyak yang enggan mengajarkan ilmunya karena beberapa faktor. Pertama, bila kita mengajarkan kepada orang lain, katakanlah teman, dan kalau dia menjadi lebih mahir dari kita, tentunya dinamika hubungan antara pertemanan tersebut akan berubah, kemungkinan Anda akan merasa cemburu.

Selain itu, kalau mengajarkan kepada orang yang ingin bekerja di bidang fotografi, dapat mengakibatkan Anda kehilangan pelanggan potenial karena meningkatnya persaingan.

Mengajar memiliki keuntungan juga, baik secara material atau batiniah. Secara materi, mengajar fotografi secara formal atau informal, bisa menghasilkan uang. Tidak lama ini, saya mendapatkan info bahwa enam pertemuan kursus fotografi dasar biayanya sekitar satu juta enam ratus ribu per orang. Mengingat kursus tersebut dibuka untuk grup, maka penghasilan guru fotografi sangat lumayan dibandingkan menjadi pegawai kantoran biasa.

Tidak kalah penting juga, mengajar fotografi baik di bayar maupun tidak, memiliki keuntungan lain yang jauh lebih besar pahalanya. Dengan mengajar, kita bisa lebih memahami fotografi. Dulu, kata guru saya, bila kamu bisa menjelaskan atau mengajarkan kepada teman bahan pelajaran ini maka itu tandanya kamu sudah memahami.

Selain itu, bila kita mengajar fotografi, otomatis kita akan didorong untuk mencari bahan-bahan fotografi sehingga meningkatkan ilmu kita sendiri.

Mengajar juga memberikan kepuasan batin. Dosen saya dulu berkata, ketika dia berusaha menjelaskan mahasiswa tentang konsep fotografi yang sulit, terkadang dia melihat mata mahasiswa bahwa mereka memahami konsep itu, dan itulah kepuasan batin seorang guru. Dia juga menambahkan bahwa pada akhirnya, kepuasan bukan ditentukan dari barang atau uang yang bisa direguk, tapi lebih ke kepuasan karena bisa membantu orang lain.

Pada akhirnya, kita mengajar atau tidak, orang-orang juga akan mencari ilmu di tempat lain, oleh sebab itu, mengajarlah, supaya pengetahuan dan pahala Anda terus bertambah.

“To teach is to learn twice.” ~Joseph Joubert

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 24 comments… add one }
  • taufiq arly November 17, 2011, 9:18 pm

    sebaik-baik belajar adalah mengajar (KH. Ahmad Sahal/pendiri PMD gontor)
    numpang sharing, memang benar di suatu lembaga pendidikan islam (gontor) jg menerapkan sistem ini sehingga sampai skr terus brkembang baik pendidikanya ataupun ilmu fotografinya dan skr kursus yg diadakan di PMDG sendiri mencapai 200 peserta. ayo mengajar untuk belajar…..

  • abiel August 18, 2010, 2:48 am

    mas bisa minta tolong kasih gambaran standar kompetensi mengajar fotografi tingkat SMP…
    terima kasih mas…

  • Mauludin Al Hazen July 19, 2010, 7:45 am

    Om Ence…. Saluuuttt…Saluuuttt…. Saya berharap bisa menjadi salah satu murid dari Om Ence…..

  • Nurdin.AR July 16, 2010, 3:55 am

    Setuju banget. Hitung-hitung bisa membuka kesempatan kerja dan mengurangi pengangguran.

  • Pauline June 24, 2010, 1:49 pm

    pak klo boleh tny
    ini bljrny d medan dmna y ?
    soalnya mau cr guru yg bs ngajarin cara foto
    bs bntu ?
    makasih

    • Enche June 24, 2010, 2:03 pm

      wah saya kurang tau Pauline.

  • malati May 25, 2010, 2:57 am

    Saya tinggal di medan, anak saya (16th) tinggal d Jakarta, dan berlibur 1bln di medan, ingin belajar dasar fotografi. Apakah ada yang tau kursus fotografi singkat 1bln di medan? Mohon info alamat. Terimakasih.

  • andreas prayogie May 9, 2010, 1:13 pm

    akhir juni ya, minat berguru dengan mas enche. kebetulan saya sudah 100% memutuskan untuk terjun di dunia fotografi. tapi masih belum terlalu pede dalam berbagai macam hal..mohon pencerahannya….web ini akhirnya saya ctrl+D (bookmark) biar bisa di baca kapan aja…salam

    • Enche May 9, 2010, 5:25 pm

      Ok, makasih ya, Andreas lokasinya dimana?

  • hadi March 21, 2010, 1:27 pm

    nice pics nich bro,gw tertarik dengan foto chinese dance and music.untuk yang event ini pake flash ga yach,karena warnanya natural banget n ga noise serta ga under? Thx

    • Enche March 22, 2010, 12:45 am

      Kebetulan lampu yang dipakai saat itu terang banget, jadi tidak perlu memakai ISO yang tinggi sekali atau memakai flash. Soal gak under expose, saya memakai fungsi manual supaya akurat. Kebetulan lampunya tidak berubah ubah intensitasnya dalam waktu singkat.

  • Dody Ruswandi March 18, 2010, 6:30 pm

    Dear Sir, saya baru saja membeli kamera Nikon type D-90 dan saya sangat pemula dan ingin belajar fotografi untuk hobby. Mohon info dimana tempat saya bisa kursus singkat dan biasanya berapa bayarnya ? atau apa ada yg bisa saya ikut kursus private singkat ? Mohon info nya mas . . . Regards Dody R

    • Enche March 18, 2010, 10:51 pm

      Wah saya kurang tau karena masih berada di luar Indo, tapi kalau mau belajar les privat nanti bisa sama saya sekitar Juni akhir.

  • c'nok March 15, 2010, 2:54 am

    Makasih ilmu2nya mas..semoga mendapat balasan pahala
    saya banyak dapat ilmu dari sini nih…
    pdhl modalnya cm uang bulanan langganan internet (skrg aja buka di kantor hehehe)
    coba kalo harus didapat di tempat kursus fotografi gtu…wah gak kebayang berapa duit

  • yessi March 7, 2010, 4:34 am

    kereeeen banget artikelnya, bermanfaat buat saya..makasih ya infonya

  • bubun February 16, 2010, 11:18 am

    mas kira bs bantu gak..kebetulan sy ngajar di salah satu sekolah dan dibebani mengajar fotografi…secar basic saya bs memahahami istilah dan lainnya….tp saya kesulitan dalam hal membuat silabus atau standar kompetensi pengajaran….kira2 bs bantu nda…makasih sebelum dan sesudahnya…..

    • Enche February 16, 2010, 12:17 pm

      sekolah tingkat apa bun?

  • andi lubis February 15, 2010, 5:16 am

    menanggapi Omar ,

    mengajar fotografi reguler secara gratis agak rumit . Sejak tahun 97 saya udah memulainya di Medan. Kata “gratis” ini membuat para peserta tak memiliki sense of belonging. Lantaran gratis, peserta bisa suka2 dan tidak disiplin. Padahal belajar fotografi perlu ketekunan dan konsistensitas.

    Solusi yang saya pakai sampai sekarang adalah menerapkan kelas fotografi dengan biaya yang relatif terjangkau. Agar secara administratif, peserta merasa worthy mendapatkan ilmunya.

    • Enche February 15, 2010, 6:52 am

      betul, jangan kasih gratis, karena peserta jadi kurang apresiasi terhadap Anda dan juga fotografi itu sendiri.

  • omar February 8, 2010, 2:20 pm

    selain sekolah paginya om anton ismail,
    ada lagi enggak yah yg idealis seperti beliau (jakarta),
    ngajar fotografi gratis tanpa d pungut biaya.
    kita pingin ikut klasnya enggak kebagian, penuh trus tuh…

  • ardhan22 February 2, 2010, 8:37 am

    wah,,hebat..
    postinganya byk memberikan pngetahuan2 bru,,
    sukses slalu..

    • Enche February 2, 2010, 9:44 am

      Trims ya 🙂 Sama2 sukses!

Leave a Comment