≡ Menu

Sony bangkit!

Setelah beberapa lama tidak terlalu aktif dalam dunia kamera digital untuk para penghobi serius fotografi. Sony meluncurkan beberapa kamera untuk menjawab kebutuhan tersebut. Semua kamera yang diumumkan beberapa hari yang lalu bukan DSLR, tapi mirip DSLR. Antara lain adalah

Sony A77 dengan teknologi SLT

Sony A77 dengan teknologi SLT

Sony SLT A77 dan A65
Seperti Sony A55 dan A33, Sony A77 dan A65 memakai teknologi SLT (Single lens translucent) yaitu teknologi dengan cermin yang tembus pandang (tidak seperti DSLR yang mengunakan cermin dan prisma). Teknologi ini memiliki kelebihan kekurangan.

Kelebihan utamanya adalah bisa menembak berturut-turut secara sangat cepat. A77 bisa menembak sampai 12 foto per detik, sedangkan A65, 10 foto per detik. Kelebihan lainnya yaitu bisa auto fokusnya bisa mengikuti subjek saat kita merekam video. Di kamera DSLR biasa, kebanyakan kita cuma bisa mengandalkan manual fokus.

Kamera jenis ini tidak memiliki optical viewfinder (OVF) melainkan electronic viewfinder (EVF) Hal ini mengakibatkan apa yang kita lihat di jendela bidik kurang lebih sama dengan apa yang kita lihat di layar LCD (bukan pemandangan yang sebenarnya). Keunggulannya,apa yang ditampilkan di EVF itu lebih mirip dengan foto yang akan dibuat. Kekurangannya yaitu kalau di tempat yang sangat gelap, kualitas gambar yang ditampilkan di EVF menurun.

Sebenarnya teknologi SLT itu bukan baru, tapi sudah setahun sejak diperkenalkannya Sony A55, dan A33. Lalu apa bedanya A77 dan A65? Perbedaannya ada di bodi kamera yang lebih kokoh, kualitas EVF lebih baik, memiliki dua layar LCD ganda, kecepatan kamera yang meningkat, dan juga resolusi foto yang meningkat menjadi 24 Megapixel.

24 Megapixel merupakan resolusi tertinggi saat ini untuk kamera sekelas A77 di pasar saat ini. Saya agak menyesalkan keputusan Sony dalam mengunakan 24MP di kamera ini karena besarnya resolusi gambar akan mengorbankan kualitas foto di ISO tinggi. Tapi bila Anda sering memakai ISO 100 hampir setiap waktu, hal ini menjadi keuntungan.

Kelebihan-kekurangan SLT dibanding kamera DSLR
+ Kecepatan foto berturut-turut sangat tinggi
+ Auto focus bisa mengikuti subjek di live view dan movie mode
+/- Mengunakan EVF
– 1/3 cahaya hilang karena desain SLT
– EVF akan menampilkan gambar yang telah diambil bukan pandangan yang sebenarnya saat foto berturut-turut
– Auto focus tracking (mengikuti subjek yang bergerak) kurang cepat dibanding kamera DSLR
– Baterai cepat habis karena mengunakan layar LCD / jendela bidik elektronik

Sony NEX 7 dan NEX 5N
Ada dua lagi produk baru yang diumumkan Sony, antara lain Sony NEX 7 dan NEX 5N. Sony NEX adalah sistem kamera yang tidak memiliki cermin sama sekali seperti kamera saku, tapi memiliki sensor gambar besar dan bisa ganti lensa seperti kamera DSLR. Karena tidak memiliki cermin, ukuran kamera ini sangat kecil.

Sony NEX 7 menjawab permintaan para penghobi kamera serius dengan meningkatkan kualitas bodi kamera menambahkan banyak tombol di kamera untuk akses ke setting yang lebih cepat. Sedangkan Sony NEX 5N memperbaharui kamera sebelumnya Sony NEX 5 dengan menempatkan sensor baru.

Sony NEX sistemnya berbeda dengan Sony SLT atau DSLR, maka lensa yang bisa dipakai harus lensa NEX. Kita bisa mengunakan lensa untuk kamera DSLR tapi harus mengunakan adapter tambahan.

Kelebihan-kekurangan NEX dibandingkan dengan kamera DSLR/SLT
+ Ukuran bodi kamera relatif kecil
+ Bisa auto fokus saat merekam video
– Sebagian besar (kecuali NEX 7) tidak memiliki jendela bidik dan hot shoe untuk dudukan lampu kilat
– Koleksi lensa yang masih sedikit
– Ukuran lensa cukup besar dan tidak sebanding dengan bodi kamera yang kecil

Mengapa saya mengulas tentang kedua sistem kamera ini?
Karena saya melihat potensial sistem ini kedepan. Sistem kamera SLT memungkinkan untuk membuat foto berturut-turut sampai 12 foto per detik. Kemampuan ini melewati kemampuan kamera DSLR canggih yang berharga 40-50 juta rupiah. Selain itu, di dunia fotografi yang semakin dekat dengan videography, Sony SLT menawarkan auto fokus yang sangat cepat dan akurat saat merekam video.

sony-nex-7

Sony NEX 7 - kecil ringkas dan terlihat profesional

Sistem NEX sendiri juga memiliki potensial, karena ukurannya kecil tapi kualitasnya sama dengan kualitas DSLR Nikon & Canon (melampaui sistem Olympus PEN dan Panasonic G). Sayang koleksi lensa masih sedikit dan ukuran lensa yang terlalu besar. Ketika masalah-masalah ini diatasi, saya pikir akan semakin banyak orang memakai sistem ini karena ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

———————–
Ikuti acara Jelajahi potensi sistem kamera mirrorless bersama Sony Alpha/NEX

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 66 comments… add one }
  • Irawan December 19, 2014, 1:20 am

    Ko Enche
    Sekarang saya pakai Sony A65, saya sedang pingin banget ganti (Upgrade) ke Sony A77, dgn alasan pengoperasian A77 lebih nyaman, dan ketika nge-save foto RAW lebih cepat A77 dibanding A65, kira2 tepat ga alasan saya seperti itu ?, mohon sarannya.. terimakasih.

    • Enche Tjin December 21, 2014, 10:35 am

      Iya, saran saya sekalian Sony A77 mk II. Kinerjanya cepat terutama autofokusnya tidak mudah kecele.

  • herman October 28, 2014, 4:07 pm

    Ko Enche
    saya pemula yang ingin tambah lensa Sony a65..
    untuk lensa sapujagat yang boleh di saran kan apa ya Ko..

    • Enche Tjin October 28, 2014, 9:05 pm

      Sony 18-135mm f/3.5-5.6 DT

  • ivans June 16, 2014, 11:55 pm

    ko, saya mau upgrade dari a560 ( sudah dijual )
    pilihannya canon 60D & sony a77… ( dua duanya second )
    minta sarannya, thanks

    • Enche Tjin June 17, 2014, 8:39 am

      Kalau masih punya lensa Sony Alpha, yang masuk akal upgradenya ke Sony A77. Jangan lupa untuk melirik mirrorlessnya Sony juga, seperti A6000.

  • rafa April 23, 2014, 7:54 pm

    koh enchen mau nanya ne mna bagus 5D mark iii sama 6D koh, harga gk masalah yg penting kepuasaan aja.
    makasih koh 🙂

    • Enche Tjin April 24, 2014, 4:34 pm

      5D mk III dong

  • Taufik Hidayat February 16, 2014, 4:12 am

    Pagi ko…sy mau tny nih..sy pny nikon D7000, dan kmrn2 sy dtng ke pameran sony. Sy sempet nyoba Sony SLT 77. Sy sempet kepincut ko. Sy lihat dr antar muka dan pengoperasiannya kok lbh enak Sony dan yg sy suka jg, pd saat live view trus nempelin mata d viewfinder bs lsng ganti sendiri. G kyk kamera sy, yg ada tombol untuk pindah live view/viewfinder. Jd mnrt sy keren dan lbh modern lah ko tatanan menu dll. Nah yg sy tnykan, mnrt ko enchin klo u/ foto model d out/indoor dan foto dokumentasi, still life lbh baik mana y ko…?? Mohon bantuannya ko..sy sedang galau berat…hahaaha thx b4 ^_^

    • Enche Tjin February 17, 2014, 7:11 am

      @Taufik Masing2 ada plus minusnya, saran saya sih gunakan apa yang dimiliki sudha bagus.

  • Ugefachrudin February 3, 2014, 12:33 am

    Sebagai karyawan sony center, sepertinya saya wajib kunjungi blog ini tiap hari. Lumayan, tambah2 knowledge produk Alpha.
    Makasih untuk catatannya yang bermanfaat.

  • hendra October 18, 2013, 6:06 am

    Ko tolongin dong kenapa camera SONY A 37. sebagian tombol tidak bisa digunakan. contohnya tidak bisa menghapus poto yang telah direkam.

    • Enche Tjin October 18, 2013, 8:39 am

      @hendra sepertinya harus diservis karena ada komponen yang rusak.

  • rudy handojo October 15, 2013, 7:20 am

    Camera mana yg lbh baik antara sony NEX5 dg samsung NX300,bisa di jelaskan kenapa lbh baik,
    Terima kasih atas infonya

    Salam,
    Rudy

  • Syahrizal July 23, 2013, 12:22 am

    om mau nanya dong, klo saya pake camera sony a65 terus mw pake lensa canon yg L kira2 hasil gmn? lbh bagus pakai lensa L series ato pakai lensa sony? trimakasih

    • Enche Tjin July 23, 2013, 12:50 am

      @Syahrizal wah apa gak repot nantinya pakai adapter? autofokus dllnya mungkin gak optimal. Mengapa gak sekalian ganti kameranya kalau ingin pakai lensa Canon?

      • Susanto April 15, 2017, 11:47 pm

        Met malam teman2..sy ingin menambahkan komentar kpd mas Syarizal.. Antara lens Canon EF dgn A mount ga ada adapternya krn memang beda infinitynya.. Kecuali canon ke E mount.. Atau mirrorles.. Tp sejauh ini utk adapter byk kelemahan.. Terutama akurat dan kecepatan focus..

  • lee July 18, 2013, 9:35 pm

    Om enche…skrng sudah ada sony slt 99.. untuk kualitas foto dibanding dengan 5dm3 dan nikon d800 gmana om?

    • Enche July 19, 2013, 12:57 pm

      @lee kurang lebih setara

  • Adin June 19, 2013, 9:11 pm

    Pak Enche, saya dia antara dua pilihan, Sony NEX 5N atau Samsung nx300..?
    mohon sarannya, pak.. terimakasih sebelumnya.. 🙂

    • Enche June 19, 2013, 11:20 pm

      @Adin dari keduanya Samsung NX300 kualitasnya lebih baik (terutama dalam hal kecepatan dan antarmuka). Sony 5N unggul di ukurannya yang lebih ramping dan lebih murah.

  • Alu June 18, 2013, 9:39 am

    Pak Enche, apa bener di kamera slt sony sudah ada anti getarnya? Seberapa baik jika dibandingkan anti getar yg ada di lensa?
    Terima kasih.

  • Iwan June 13, 2013, 11:52 pm

    Pak Enche, sy baru mau mencoba photografer, mohon saran mana yg hrs sy pilih Canon 60D atau Sonny A57, tks

    • Enche June 14, 2013, 12:48 pm

      @Iwan saran saya Canon 60D

      • Arri March 28, 2016, 10:20 pm

        Apa alasannya koh lebih ke 60d nya?

  • baim May 21, 2013, 9:37 am

    Dibeberapa toko Camera tertulis sony a65vk, apakah sama sony a65 dengan a65vk, kemudian maksud dari “vk” nya itu apa y admin?

    • Enche May 21, 2013, 10:10 am

      @baim kurang tau juga singkatan dari apa. Itu nama lengkap/resminya

  • virgian May 9, 2013, 1:44 am

    koh enche mohon masukan dan pendapatnya, saya sedang galau antara Canon 7D atau Sony a77, kebetulan hobi saya di fotografi adalah foto fashion (terutama indoor / studio) , yg lebih sering memfoto objek model, dan terkadang juga saya memfoto wedding / prawedding, awalnya saya berniat membeli canon 7D, tapi setelah saya melihat banyak review di internet saya lebih condong memilih sony a77, menurut anda mana yang lebih worthed, dan mana yang lebih pas, dari segi budget dan kebutuhan saya saat ini, terima kasih

    • Enche May 10, 2013, 11:18 am

      @virgian sebaiknya Canon 7D karena kinerjanya lebih bagus, ada jendela bidik optik yang sangat berguna saat memotret model/wedding, dan lensa-lensanya lebih banyak tersedia dan purna jualnya baik.

  • mar April 25, 2013, 4:44 pm

    batas shutter count kamera dslt dan digital berapa?

    • Enche May 2, 2013, 8:12 pm

      @mar masing2 kamera beda-beda. Yang pemula / tingkat dasar biasanya sudah di tes sampai 50ribuan, yang menengah 100rb, yang canggih 150rb dan profesional 300rb.

  • Mika March 28, 2013, 1:42 pm

    emang rada berat sebelah ke Canon sih
    soalnya udah d kasi tau ama gurunya d sekolah yang suka fotografi juga, katanya antarmuka canon lebih mudah di pahamin ketimbang nikon , kalo sony dia blom pernah nyoba
    makasih banyak koh

  • Mika March 28, 2013, 7:51 am

    koh enche saya baru mau niat beli kamera
    saya masih pemula yang bingungkan dengan tipe2 kamera ini nikon d5200 , canon 650d , 60d dan yang sekarang tambah lagi sony a65
    sebaiknya apa yang saya pilih koh enche ?
    terima kasih sebelumnya

    • Enche March 28, 2013, 11:08 am

      @Mika wah ribet juga ya pilihannya banyak. Semuanya oke. Kalau preferensi saya dari semua itu adalah Canon 60D, kamera kelas menengah yang cukup tangguh dan berkinerja cepat.

  • wenny March 11, 2013, 12:26 pm

    Pak, mau nanya nih. Saya pengguna sony nex 3. Mau beralih ke nex 7. Apa worthed yaaa? Soalnya nex 3 mau dijual ke mana juga susah.. Dengar2 mau keluar nex 7n ya? Better beli sony nex lagi atau beralih ke merk lain? Recommended nya apa kl yg lain? Mau ganti nex 3 krn kualitas videonya kurang bagus bila diputar di komputer, karena belum HD. Tx yaa 🙂

    • Enche March 12, 2013, 7:43 am

      @wenny kalau suka Sony NEX, saya lebih rekomen Sony NEX 6. Sony NEX 7N boleh juga tapi ya belum tau kapan keluarnya dan spesifikasinya apa.

  • ian February 10, 2013, 6:31 pm

    Met malam bang eche, mo tanya nih. Aq baru mo mulai berfoto2an dgn pake kamera dslr, tp bingung mana yg hrs saya pake.. canon, nikon apa sony? Diantara canon 650, nikon 3200 ama sony a65vk yang paling bagus dan mudah untuk dipakai yang mana y bang? Thanks sblmnya bang

    • Enche February 12, 2013, 10:28 am

      @ian secara fitur dan spesifikasi kamera, Sony A65 lebih unggul, kalau kemudahan pemakaian juga sama2 baik, bedanya 650D ada touchscreennya. Jendala bidik kedua kamera juga agak berbeda. Yang Sony pakai elektronik, lebih besar tapi tidak real time. Kalau 650D pakai optik, sama dengan apa yang dipandang mata. Kalau D3200 sekelas dibawah 650D, 2 kelas dibawah Sony A65.

  • sandi February 6, 2013, 2:37 am

    bang Enche,, kalo Sony Nex 5N sama Nex F3 bagusan mana yaa ??

    • Enche February 7, 2013, 11:00 pm

      @sandi NEX 5N

  • Enche October 4, 2012, 8:15 pm

    Kamera mirrorless seperti diatas lemah kalau untuk subjek yang bergerak karena sistem autofokusnya contrast detect yang maju mundur. Saya sarankan sistem kamera DSLR untuk benda bergerak. Setiap kamera DSLR sudah ada hotshoenya.

  • aryo October 4, 2012, 7:49 pm

    kualitas oto pasti perlu dipertimbangkan, dan saya lebih suka dengan subjek yang bergerak. saya lebih condong untuk memilih SONY NEX 5N, tapi masih kurang sreg karna tidak adanya Hot-shoe, minta saranya agar lebih mantab…….

  • aryo October 4, 2012, 6:44 pm

    mohon saranya nich
    saya lg mempertimbangkan SONY NEX 5N dengan PENTAX Q, dan LUMIX GF2,
    saya tunggu saranya, trim’s

    • Enche October 4, 2012, 6:47 pm

      @aryo Bagimu, apa yang penting dalam suatu kamera? kualitas foto kah, ukuran, ketahanan bodi, dll. Dan akan buat fotografi jenis apa?

  • bhs August 17, 2012, 7:15 am

    makasih infonya…

    Berdasarkan info 7D bagus untuk sport photography. Tapi sy lebih menyukai foto2 objek diam seperti pemandangan, taman, bunga, makro dan still life, jadi sepertinya Sony SLT A77 lebih cocok untuk sy?. Betul ga ya pendapat sy ini..

    • Enche August 17, 2012, 10:54 pm

      @Bhs iya betul

  • bhs August 15, 2012, 8:06 am

    Tulisan yg menarik nih…

    sy pengguna canon 550D 18-55, 50, 55-250. Saat ini saya berencana untuk menggati kamera pilihan 60D, 7D, dan terakhir sy tahu ada Sony SLT A77. Jadi bingun galau banget mana yang mau di pilih. kalo di lihat fitur A77 Lebih keren dibanding 60D dan 7D.

    sy mohon saran kira2 mana yg harus sy pilih, dan mana yg paling bagus?.

    • Enche August 16, 2012, 8:16 pm

      @bhs secara fitur, A77 lebih bagus misalnya resolusi 24MP, built-in hdr, panorama, weather seal dst. Tapi Sony A77 gak punya jendela bidik optik dan biarpun kecepatan foto berturut-turut cepat, tapi kalau untuk mengikuti subjek, autofokus 7D lebih bisa diandalkan.

  • mk May 31, 2012, 3:21 am

    @satriyo: kalo butuh kualitas SLT A57 bagus banget, sensor APS-C cukup 16 MP saja untuk high ISO masih halus. FYI Sony A57, 65, 77 sekarang sudah cukup nyaman untuk strobist-an, dan kapasitas batere lebih besar. beda dengan generasi awal A33, 35, dan 55.
    tapi semua tergantung kebutuhan sih. oh iya, untuk lensa bisa memakai lensa minolta AF lama.

  • Satriyo May 22, 2012, 10:55 am

    Bang En, saya punya 60D, sewaktu lihat Sony teknologi SLT (A33, A55, A57, A65 maupun A77) kok luar biasa hasilnya…foto maupun videonya ok banget. Jadi kayaknya saya mau pindah ke Sony aja. Teman saya juga pakai 7D, tetapi stlh tahu teknologi SLT…dia juga mau pindah ke Sony SLT. Ada saran2 ?

  • Ijal May 14, 2012, 4:25 pm

    om, tolongin dong, bagusan sony a65, nikon d7000, canon 7d, canon 60d
    untuk luar/dalem ruangan.??? ada budget 13jt. tengkiu banyak

    • Enche May 16, 2012, 11:46 am

      @ijal Paling bagus Canon 7D

  • Arie May 11, 2012, 7:06 am

    Menarik sekali ulasan Sony NEX ini. Budget saya 6-7 jt. Tadi saya baca review Nikon D5100 vs 600D. Tapi setelah baca ini, kok jadi tertarik dengan sony NEX dan sony a35 ini ya. Untuk budget tadi, lebih baik apa ya? saya sangat tertarik sama D5100, tapi sony nex dan a35 kayaknya juga bagus, apalagi ada feature panorama nya juga. Bingung nih, mohon masukannya pak 🙂

    • Enche May 11, 2012, 7:37 am

      @Arie tergantung gaya fotomu bagaimana. NEX itu jauh lebih kecil, tapi ga begitu lincah (terutama foto subjek bergerak). Tapi kalau buat jalan2 dan hobi aja enak 🙂 Dicoba aja dulu di toko/teman lihat. Seringkali mesti coba langsung baru tau bedanya dan apa cocok dengan kita atau tidak.

  • Enche May 10, 2012, 11:14 am

    Dari hal kualitas bodi kamera, kecepatan auto fokus, kecepatan foto berturut-turut.

  • robert May 10, 2012, 7:38 am

    baik di dalam hal apa ini pak enche??bisa lebih di rinci keunggulannya… galau saya

  • shoetara January 14, 2012, 11:43 pm

    maaf bang Enche saya minta saran mana yang lebih baik antara Soni a65, canon 7D, Canon 60D, terimakasih.

    • Enche January 15, 2012, 2:21 pm

      Yang paling baik Canon 7D, disusul oleh Canon 60D dan a65

  • harry January 13, 2012, 2:01 am

    Jadi tambah bingung aye, bro mhn pertimbangan, milih A55 atau Nex?

    • Enche January 13, 2012, 11:02 pm

      untuk keperluan apa pak harry?

  • Fadil September 27, 2011, 1:22 am

    Saya punya 2 kamera pertama Nikkon d80 dan Sony @390, namun ketika dicetak teman teman justru senang dengan hasil Sony dibandingkan Nikkon sejak itu saya selalu membawa Sony kemana mana

  • Donny Irawan September 3, 2011, 4:00 am

    Kelebihan kamera DSLR SONY yg tdk dimiliki kamera merk lain yaitu fungsi HDR

  • yundi sukma August 29, 2011, 9:39 pm

    koh..tolong ditulis review top level kameraDSLR canon dan nikon semipro, misal canon 7D dan nikon d700, trus mana yg lbh sip utk foto potret outdoor n indoor beserta lensanya?? utk persiapan product knowledge jadi nggak salah pilih wkt beli nanti..hehe

  • yundi sukma August 29, 2011, 9:31 pm

    sony memang lihai mengisi ceruk pasar yg kosong, kamera SLT n NEX yg bisa berganti-ganti lensa, mungkin inilah generasi pengganti kamera poket alias kamera saku yg dirasa pas pasan fiturnya 🙂

  • Dimar August 28, 2011, 12:35 pm

    Sempat niat beli A33 atau A55 sebelum memutuskan beli D3100. Tapi salah satu pertimbangan seriusnya adalah karena di review salah satu web fotografi luar negeri, baterainya lemah. Tapi fitur mereka sejujurnya saaangat menggiurkan (atau tepatnya memanjakan fotografer). Hehehe…

Leave a Comment