≡ Menu

Mengatur mode exposure di kamera Fujifilm X-T1

Belakangan ini, banyak murid-murid saya yang mengunakan kamera mirrorless. Diantaranya Fujifilm XT-1 merupakan salah satu kamera yang cukup populer. Kebanyakan memang bukan murid baru, tapi memang yang sudah berpengalaman dengan kamera DSLR. Sudah beberapa kali saya menerima permintaan privat untuk cara setting kamera Fuji XT-1 yang cukup unik ini.

Satu dua hari belakangan ada yang mendaftar kursus online dan juga mengunakan kamera XT-1, dan kebetulan di beberapa modul berisi penugasan untuk foto dengan berbagai mode kamera. Jadi sebagai pelengkap, saya akan membahas bagaimana setting mode exposure dengan XT-1. Mudah-mudahan semua pengguna XT-1 bisa terbantu dengan tulisan ini.

Pengaturan mode exposure di Fujifilm XT-1 ini berbeda dengan kamera digital pada umumnya. Biasanya di kamera digital ada mode exposure kamera yang berupa roda kecil yang terletak di bagian atas kamera. Tapi di Fuji XT-1 ini tidak ada.

fujifilm-x-t1-top
fujifilm-10-24mm

Bagian samping kiri lensa

Mode Program (P): Shutter speed dan bukaan lensa di set ke A (Auto), ISOnya bebas, boleh di A atau yang lain
Mode Aperture Priority (A/Av): Shutter speed di set ke A
Mode Shutter Priority (S/Tv): Bukaan lensa di set ke A
Mode Manual: Set sendiri nilai shutter speed, bukaan dan ISO (Jangan ada  yang di A)

Lalu mode-mode lainnya bagaimana? misalnya mode beauty / soft portrait, mode sunset, mode landscape, sports dan sebagainya? Maaf, kamera Fujifilm X-T1 tidak punya mode semacam itu karena Fuji berasumsi pembeli kamera ini sudah cukup berpengalaman dan tidak membutuhkan scene mode otomatis seperti itu.

Catatan tambahan:

  • Nilai shutter speed yang bisa dipilih di roda shutter terbatas. Katakanlah jika ingin memilih 1/40 detik bagaimana? Pertama putar dulu ke shutter speed yang mendekati, misalnya 1/30 atau 1/60 detik, kemudian putar roda/dial depan sampai angka shutter speed di LCD/layar monitor menunjukkan angka 1/40 detik.
  • Saat mengunakan lensa yang tidak memiliki ring untuk mengubah bukaan, misalnya lensa Fuji 28mm f/2.8, putar roda belakang untuk mengubah nilai bukaan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • putri October 10, 2015, 12:36 am

    Pengen belajar tentang foto grafi seru bngt

Leave a Comment