≡ Menu

Adobe Lightroom CC sudah diumumkan, apa bedanya dengan yang Lightroom 5?

Bagi yang rutin membaca Infofotografi tentunya mengetahui bahwa Adobe Lightroom adalah software editing dan manajemen foto favorit saya. Hari ini, Adobe mengeluarkan versi baru yaitu Adobe Lightroom CC untuk menggantikan Adobe Lightroom 5. Maka itu, Adobe Lightroom CC sering disebut juga Adobe Lightroom 6.

Ada beberapa penambahan fitur dari Lightroom CC yang menurut saya sangat membantu mempercepat proses editing. Berikut peningkatannya.

1. HDR (High Dynamic Range)

Adobe Lightroom kini bisa menggabungkan beberapa foto (termasuk format RAW) dengan exposure yang berbeda-beda menjadi satu foto dengan detail yang lengkap. Fitur ini sudah saya tunggu-tunggu karena dulunya saya harus mengunakan software lainnya untuk menggabungkan beberapa foto.

Baca pengertian HDR disini.

lightroom-cc-hdr

2. Panorama

Menggabungkan beberapa foto untuk membuat panorama juga bisa di Lightroom. Sebelumnya saya harus membuatnya di Adobe Photoshop.

lightroom-cc-panorama

3. Face recognition

Lightroom dapat mengenali wajah orang di dalam foto dan mengelompokkan foto-foto secara otomatis. Fitur ini akan memudahkan untuk mencari foto-foto acara liputan keluarga atau gathering.

4. Video slideshow

Anda bisa membuat slideshow video dengan Lightroom dengan foto-foto dan menyisipkan video dan music. Efek-efek profesional seperti pan and zoom juga bisa dibuat disini. Biasanya Iesan harus membuat slideshow di software lain, kalau bisa langsung di Lightroom kenapa tidak dimanfaatkan?

5. Kendali terhadap area yang filter

Beberapa filter di Lightroom, seperti Graduated filter dan Radial filter mendapatkan tambahan fungsi. Di Lightroom CC, kita bisa mengunakan brush (kuas) untuk menghilangkan atau menambahkan efek filter ke area di foto. fitur ini sangat membantu untuk foto-foto pemandangan yang meliputi langit dan pegunungan atau rumah. Bagian gunung dan rumah bisa kita hapus efek filternya supaya tidak terkena efek graduated filter.

lightroom-cc-filter

Masih ada beberapa peningkatan dan fitur baru dari Lightroom seperti web gallery yang lebih bagus, kemudahan untuk sharing foto, mendukung OS Android untuk ponsel.

Dalam waktu dekat saya akan mencoba dan meneliti fitur-fitur tambahan diatas. Dan akan saya masukkan kedalam bahan workshop Lightroom. Ada kemungkinan saya akan membuat workshop sehari khusus untuk membicarakan Adobe Lightroom CC ini jika ada yang berminat.

—–

Infofotografi secara rutin menyelenggarakan kursus Adobe Lightroom. Lihat jadwalnya di halaman ini, dan Anda juga bisa belajar secara otodidak dengan membaca buku kursus Adobe Lightroom yang ditulis oleh saya dan Iesan.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • Mark April 25, 2015, 1:35 pm

    Cara mendapatkannya bagaimana ya? Download dari internet bisa ga?

  • davinn April 22, 2015, 8:40 am

    klo buat pemula cocok gak yah?,lebih mudah mna antara adobe photoshop sma adobe lightroom

    • Enche Tjin April 22, 2015, 10:40 am

      Lebih mudah Adobe Lightroom.

Leave a Comment