≡ Menu

Bahas foto : Penunggang Kuda di Bromo

Beberapa waktu yang lalu, saya berkunjung ke daerah Gunung Bromo. Di lautan pasir saat menuju ke area savanna/bukit teletubbies, saya menemukan sekelompok kecil penunggang kuda.

Debu pasir dan latar belakang yang berupa perbukitan menarik perhatian saya untuk memotret. Sayangnya waktu itu gear saya kurang pas, yaitu mengunakan lensa fix yang gak bisa zoom. Seharusnya lensa tele, sehingga bisa menangkap lebih detail. Jadi saya hanya bisa foto seperti dibawah ini.

DSC02281

Tapi karena resolusi kamera yang saya gunakan saat itu cukup banyak, yaitu 42.4 MP (Sony A7R II) dan lensanya tajam (Zeiss Loxia 35mm f/2) sehingga saat saya krop ke aspek rasio widescreen 16:9 masih banyak detilnya.

Ilustrasi dibawah menggambarkan bagaimana saya melihat sebuah pemandangan sebelum memotret. Saya melihat ada rombongan berkuda yang menuju ke perbukitan dengan berbagai lapisan/layer dengan tonal terang gelap yang berbeda, juga tekstur yang berbeda dan juga.

layer-bromo-kuda

Perbedaan tonal dan tekstur lapisan-lapisan tersebut menurut pengalaman saya lebih baik jika dipresentasikan dalam bentuk foto hitam putih, karena menjadi lebih berdimensi.

DSC02281-Edit

Saya juga membuat langit agak gelap dan mengembalikan detail awan yang agak hilang di foto awal. Data teknis foto ini adalah: ISO 100, f/5.6, 1/500 detik.

Foto ini berawal dari file jenis RAW yang kemudian diproses dengan software Adobe Lightroom.

—–

Infofotografi berencana untuk bikin tour foto ke Bromo sekita bulan September 2016. Saran saya adalah bawalah lensa zoom wide dan tele, karena banyak pemandangan atau human interest yang bisa dibuat di daerah ini.

Sebelum liburan, ada baiknya mengikuti workshop Mastering the art and photography techniques selama dua hari. Kita akan bahas lebih banyak tentang teknik dan komposisi supaya foto yang didapatkan lebih menarik dan bercerita.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Bambang February 26, 2017, 8:49 pm

    Ko aq sekarang pakek a6000 dgn lensa dt 16-50 f2.8 pakek adapter laea3 dan 2 lensa jadul minolta manual fokus,
    Terus aq kalau mau update body lebih baik a77ii beli baru atau a7ii bekas ya

Leave a Comment