≡ Menu

Kamera kelas pro dari Panasonic : Lumix G9

Kalau sebelumnya Panasonic sudah punya kamera kelas atas GH5 yang punya kelebihan di fitur videonya, maka kali ini muncul kamera Lumix G9 yang juga termasuk kelas pro yang lebih memfokuskan ke fitur fotografinya. Sebagai kamera kelas atas, tentu kita akan menjumpai sebuah produk yang sarat fitur canggih, spesifikasi tertinggi dan juga bodi yang mantap. Dan betul adanya, Lumix G9 ini punya sederet hal istimewa yang sebagian belum ada di kamera generasi sebelumnya.

Fotografer profesional yang mencari kamera serius tapi dalam ekosistem Micro 4/3 perlu mengenali hal-hal menarik di Lumix G9 berikut ini. Pertama adalah bodi kamera berbobot 650 gram ini benar-benar mantap, dengan ketahanan suhu hingga -10 derajat yang cocok dibawa ke daerah bersalju. Terdapat jendela bidik OLED ukuran besar (3,86 juta dot, 120 fps, perbesaran 0,83x), layar LCD tambahan di atas, joystick dan dual slot SD card. Di dalamnya ada sensor 20 MP yang mempunyai fitur OIS 5 axis, dan bisa bekerja sampai 6,5 stop. Sensor yang bisa bergerak ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan foto 80 MP, dengan cara penggabungan beberapa foto otomatis. Lumix G9 tetap punya fitur 4K video yang mantap, meski tidak selengkap di GH5, tapi juga menyediakan fitur 6K photo mode (18 MP).

Dari kinerjanya, G9 bisa menembak 9 fps pakai shutter mekanik dan hingga 20 fps bila pakai shutter elektronik, dengan mode fokus AF-C. Meski teknologi fokusnya tidak mengenal sistem Phase detect, tapi cara DFD yang diandalkan Panasonic selama ini diklaim memberi auto fokus yang sangat cepat, juga bisa diandalkan untuk fokus kontinu dengan 225 area deteksi kontras DFD. Salah satu kartu memori mendukung UHS-II sehingga memotret terus menerus atau rekam 4K dengan data yang besar bukan masalah untuk menuliskan semuanya ke kartu memori. Kapasitas baterai juga lumayan mencukupi namun kalau ingin aksesori battery grip juga ada.

Bagi saya, usaha Panasonic untuk terus mencoba membuat kamera yang berorientasi pada fotografer serius patut diapresiasi. Lumix G9 ini adalah produk paling matang, sudah sama besarnya dengan DSLR tapi tentunya punya banyak pilihan lensa yang tidak terlalu besar karena sistem Micro 4/3. Dari kualitas gambar, semestinya sensor 20 MP di G9 ini akan sama baiknya dengan GH5 atau Olympus EM1 mk II yang memang sudah menunjukkan peningkatan dibanding sensor 16 MP di kamera lumix terdahulu. Adanya jendela bidik yang mantap, tombol dan roda yang lengkap serta LCD kecil di atas menunjukkan Panasonic ingin memberi pengalaman menyenangkan untuk penghobi serius atau profesional. Harga kamera ini memang tidak murah (sekitar $1800), sejajar dengan beberapa kamera APS-C kelas menengah bahkan mendekati harga kamera full frame tertentu, tapi dari keseimbangan fitur dan harga yang ada, memang sulit untuk berkata tidak pada Lumix G9 ini.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 7 comments… add one }
  • fadly sukma March 19, 2019, 10:14 pm

    om g9 dengan gh5 better mana om?

    • Enche Tjin March 20, 2019, 12:44 am

      Kalau condong ke foto G9, kalau condong video GH5.

  • galuh June 1, 2018, 1:07 pm

    mau nanya klo,
    lumix G9 di bandingkan EM 1 MARK II lbh baik mana? apa keunggulannya?

    • Enche Tjin June 1, 2018, 9:23 pm

      G9 lebih baru, jadi ada beberapa keunggulan spt punya fitur 80MP, jendela bidik lebih lebih besar, layar LCD tambahan, video slow mo yang lebih ok.

  • Aldo November 12, 2017, 4:00 pm

    om… lumix G9 atau d7500 scra ksluruhan dan worthed mna ?

  • nbsusanto November 9, 2017, 11:56 pm

    secara umum dan spek hampir sama dengan rumor yg pernah saya baca, namun saat itu diklaim mampu memotret hingga 60 fps yg menurut saya gila bener, ternyata terklarifikasi elektrik 20 mekanik 9 yg memang masuk akal..
    harga USD 1800 itu BO kah? sudah masuk harga FF dan top apsc beberapa merk malah.. tapi kalo dilihat speknya ya memang masuk akal..

    • Erwin Mulyadi November 11, 2017, 12:15 pm

      60 fps bisa kalau fokus tidak berubah, tapi yg saya tulis 20 fps itu shutter elektronik dengan fokus kontinu (AF-C). Harga BO karena kamera pro jarang ada dipaketkan dengan lensa.

Leave a Comment