≡ Menu

Review harddisk portable SSD Extreme Pro dari Sandisk

Kebutuhan penyimpanan yang besar tapi praktis semakin meningkat akhir-akhir ini, terutama untuk content creator (foto maupun video) yang sedang traveling. Salah satu jenis media penyimpanan yang kekinian yaitu Portable SSD (Solid State Drive).

Type SSD ini berbeda dengan harddisk external biasa, pertama ukurannya yang lebih ramping dan kecil, juga tidak memiliki moving part, sehingga lebih tahan banting.

Infofotografi beberapa saat lalu dipinjami SanDisk Extreme PRO® Portable SSD. Perangkat ini dirancang terutama untuk content creator on the Go / travel yang perlu memindahkan file besar dengan cepat, serta melakukan pengeditan real-time saat bepergian.

SanDisk Extreme PRO Portable SSD memiliki kinerja tinggi yang memanfaatkan teknologi NVMe™ in-house berkecepatan tinggi dari Western Digital untuk secara dramatis meningkatkan kecepatan baca hingga 1.050MB/s, sedangkan kecepatan tulis lebih lambat, tergantung dari port USB, komputer/device, file yang di transfer, dan kondisi lainnya.

Kinerja terbaik didapatkan dengan USB-C yang mencapai 900+ Mb/s read/write speed untuk file besar dan sekitar 100+ MB/s untuk file berukuran kecil. Kecepatan ini jauh dibandingkan portable HDD biasa.

Desain SanDisk Extreme PRO Portable SSD telihat kokoh, siap untuk kondisi outdoor, dengan lapisan bodi aluminium yang melindungi inti solid-nya dan mengantisipasi hawa panas agar drive tetap bekerja dengan kecepatan tinggi. Perangkat ini juga dilengkapi dengan lapisan karet silikon yang tahan lama untuk memberikan ketahanan benturan lebih tinggi.

Selain itu, SanDisk Extreme PRO Portable SSD telah diberi nilai IP55 untuk ketahanan dari semprotan air* dan debu, sehingga dapat diandalkan untuk menjaga konten berharga agar terlindungi setiap saat.

Yang saya sukai dari SSD portable ini ukurannya sangat kecil, bisa dimasukkan kedalam saku celana atau baju sekalipun. Untuk fotografer yang sering traveling tentunya tidak memberatkan. Tersedia kabel USB-Type C dan Type A sehingga mudah untuk menghubungkan ke laptop atau device lainnya. SSD ini juga compatible dengan PC atau Mac.


SanDisk Extreme PRO Portable SSD telah tersedia dengan kapasitas 500GB*. Kapasitas SSD 1TB* dan 2TB* telah dipersiapkan untuk memasuki pasar dalam waktu dekat. Dengan kapasitas jumbo ini, para pekerja kreatif profesional akan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menyimpan Adobe® Lightroom® lengkap dan semua data video-video RAW dengan size besar.

SanDisk Extreme PRO Portable SSD telah dilindungi dengan garansi terbatas selama 5 tahun. SSD ini telah tersedia dengan harga Rp2.293.600 untuk kapasitas 500GB* di Shopee. Kapasitas 1TB* tersedia di Tokopedia dengan harga mulai dari Rp3.778.300. Sementara itu, SSD kapasitas 2TB* direncanakan akan tersedia pada akhir bulan Januari 2020.

Fitur dan Spesifikasi:

  • Kecepatan baca hingga 1050MB/detik*
  • Bekerja dengan Windows dan Mac, USB-C atau USB-A
  • Desain ukuran saku yang ringkas
  • Berat: 0,086 pon (38,9 g)
  • Tahan air: IP55 untuk ketahanan air dan debu
  • Antarmuka: USB 3.1 (Gen 2)
  • Suhu saat beroperasi: 32″F hingga 113″F (0″C hingga 45″C)
  • Suhu penyimpanan: -4″F hingga 158″F (-20″C hingga 70″C)
  • Guncangan: Tahan benturan (sampai 1500G)
  • dan tahan getar (5g RMS, 10-2000HZ)
  • Getaran: 5,35 gRMS, 20-2000 HZ
  • Kompatibel dengan: PC & komputer MAC – tidak dibutuhkan driver Kompatibel dengan Windows 10, Windows 8, Windows” 7, Windows Vista, dan Mac OS 10.4+

*Bukan untuk underwater (dicemplungkan ke dalam air)

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • andrie January 7, 2020, 1:40 pm

    apakah SSD ini bisa dihubungkan ke kamera, sebagai pengganti sdcard?
    *pernah liat di IG, sebuah SSD dipasang diatas kamera menggunakan smallrig, sebagai pengganti sdcard memori

    Terima kasih

Leave a Comment