≡ Menu

Lensa TTArtisan 35mm f/1.4 untuk Leica M Review

Penggemar lensa manual fokus kemungkinan mengenal merk lensa yang memiliki kata Artisan. Sebenarnya ada dua yaitu 7Artisan dan TTArtisan, keduanya adalah perusahaan yang berbeda, meskipun sama-sama mengunakan membuat lensa manual fokus.

Dari feedback yang saya terima dari teman-teman pengguna lensa manual fokus, sebagian mengatakan lensa dengan merk TTArtisan memiliki kualitas fisik dan mekanik yang lebih baik.

Memang kita tidak bisa menggeneralisir bahwa 7Artisan kurang bagus, karena di 7Artisan membuat lensa dengan bermacam-macam kualitas, sedangkan TTArtisan sepertinya lebih fokus membuat lensa yang lebih premium.

Kelengkapan lensa ini termasuk lens hood yang berjenis screw-in, dan penutup lensa bagian depan berbentuk persegi dengan bahan logam. Terdapat obeng kecil dan petunjuk untuk kalibrasi lensa untuk sistem fokus rangefinder yang dapat dilakukan sendiri.

Petunjuk pengaturan fokus

Yang tidak termasuk adalah penutup lensa saat tidak memasang lens hood dan tidak ada ring pelindung derat lens hood.

Di bagian lensanya terdapat aperture ring untuk mengganti bukaan dari f/1.4-f/16. Ada indikator jarak fokus dalam satuan kaki/feet dan meter. Juga indikator ruang tajam untuk teknik zone focus seperti lensa manual fokus Leica pada umumnya.

Lensa TTArtisan 35mm f/1.4 untuk Leica ini mencakupi kamera dengan sensor full frame, sehingga memasang lensa ini ke kamera full frame tidak mengurangi kualitas gambar atau resolusi. Lensa ini juga dapat diadaptasi ke kamera dengan lensa APS-C tanpa pengurangan kualitas gambar tapi lebih sempit sudut pandangnya karena ada faktor pengali jarak fokal sekitar 1.5x. Lensa ini juga mudah diadaptasikan ke kamera mirrorless lain dengan adaptor yang sesuai.

Karena lensa ini tidak memiliki kontak elektronik ke body kamera, data aperture yang digunakan tidak terekam ke metadata file foto. Tapi kamera akan mencoba memprediksi dan mencatat kemungkinan aperture lensa yang digunakan berdasarkan metering cahaya yang dilakukan.

Kualitas gambar yang dihasilkan di bukaan terbesar (f/1.4) cukup tajam dan latar belakangnya blur dan bokeh. Hasil bokeh lensa ini ada kemiripan dengan hasil lensa di zaman kamera film sehingga memberikan kesan nostalgia. Saat mengunakan lensa ini di bukaan sedang dan kecil (f/5.6-f/11) hasilnya sangat tajam dan detail.

ISO 320, f/1.4, 35mm f/1.4 1/125 TTArtisan 35mm f/1.4
Crop dari foto diatas
ISO 50 f/1.4 1/2000 TTArtisan 35mm f/1.4
ISO 50 f/1.7 1/2000 TTArtisan 35mm f/1.4
ISO 50 f/5.6 1/125 TTArtisan 35mm f/1.4
Crop dari foto diatas
ISO 50 f/1.4 1/1000 TTArtisan 35mm f/1.4
ISO 50 f/11 1/200 TTArtisan 35mm f/1.4
ISO 800, f/5.6, 1/125, TTArtisan 35mm f/1.4
Crop dari foto diatas
ISO 50 f/2.8 1/500 TTArtisan 35mm f/1.4

Lensa berjarak fokal 35mm biasanya fleksibel untuk berbagai jenis fotografi, seperti street photography dan travel. Kadang digunakan untuk portrait juga terutama yang ingin menunjukkan latar belakang yang luas dimana subjek berada.

Mengunakan lensa manual fokus seperti TTArtisan tentunya memperlambat proses pengambilan foto, terutama untuk pemula, tapi setelah banyak berlatih dan dibantu dengan fitur focus peaking & magnification di kamera mirrorless, memotret dengan lensa ini terasa lebih mudah dan akurat.


Bagi yang ingin memperoleh lensa ini atau peralatan fotografi lainnya, silahkan hubungi WA 0858 1318 3069 atau kunjungi toko online kami di Tokopedia atau Bukalapak

Saksikan juga pembahasan lensa ini di youtube Infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 2 comments… add one }
  • Hengki January 8, 2024, 1:47 pm

    bagaimana dengan sharpness yang didapat ko? Apakah beda jauh dengan lensa native ? & apa aja kekurangan yang ngaruh ke image quality jika dibandingakan dengan lensa native?

    • Enche Tjin January 15, 2024, 8:58 am

      Banding Lensa Leica M 35mm f/1.4 menurut saya sudah dekat kualitasnya.

Leave a Comment