≡ Menu

Fujifilm GFX50S II & 35-70mm f/4.5-5.6 | GFX paling murah dan compact

Fujifilm memantapkan lini kamera medium formatnya dengan mengumumkan GFX50S II. Kamera ini ditujukan untuk fotografer yang menginginkan kamera medium format dengan body yang relatif compact dan harga yang lebih terjangkau. Fuji GFX50S II memiliki sensor 51.4MP, seperti pendahulunya GFX50. Processor-nya sudah diperbaharui ke X-Processor 4 yang terbaru, memungkinkan kinerja kamera yang lebih cepat dan fitur baru seperti film simulation Nostalgic Negative.

Desain dan pengaturannya seperti kamera DSLR kelas profesional. Fotografer yang sudah berpengalaman tentunya sudah sangat familiar. Ada top LCD, tombol, joystick, dan layar yang bisa ditekuk dua arah, memudahkan untuk komposisi horizontal ataupun vertikal. Layarnya bisa touch focus dan mengubah setting di Q menu tapi tidak di dalam menu utama.

Desain body-nya terlihat sama persis GFX100S, hanya tulisan nama yang tercetak yang membedakan keduanya. Seperti GFX100s, 50S II ini juga memiliki built-in stabilization yang efektif sampai dengan 6.5 stop. Berat kamera ini 900 gram kurang lebih seperti kamera full frame profesional.

Lensa GFX 35-70mm f/4.5-5.6 ini unik karena punya desain yang collapsible, lebih pendek saat disimpan, tidak memiliki aperture ring tapi sudah Weather Resistant. Ukurannya dan beratnya termasuk sangat ringkas relatif terhadap lensa medium format lainnya yang biasanya mencapai 1 kg. Lensa ini juga punya motor fokus STM yang mulus dan suaranya halus, ideal untuk merekam video juga. Lensa baru ini bisa didapatkan dalam paket pembelian dengan GFX50S II dengan total harga Rp 69.999.000

Lensa baru ini sangat compact dan saat di-zoom sedikit memanjang tapi tidak memiliki aperture ring seperti lensa GFX lainnya.

Kualitas gambar

Fotografer profesional dan amatir biasanya memilih medium format karena kemampuan kameranya menangkap detail dengan tajam, memiliki rentang dinamis yang luas, dan gradasi dari bagian tajam ke blur yang mulus dan berkesan tiga dimensi. File RAW medium format lebih mudah diolah untuk berbagai kebutuhan. Tapi sebelum Fuji mengembangkan sistem GFX, kamera medium format yang baru harganya biasanya ratusan juta Rupiah.

Sejak Fujifilm melibatkan diri lagi dalam pengembangan sistem ini, ukuran kamera dan harga kamera medium format semakin compact dan terjangkau. Dengan harga Rp 62.999.000 body-only, GFX50S II adalah paket kamera & lensa medium format dengan teknologi masa kini yang termurah saat ini.

Saat menguji kamera dan lensa ini, sayangnya di wilayah kami sedang berlaku pembatasan sosial (PPKM Darurat), dan karena waktu yang terbatas, saya mencoba kamera dan lensa ini di dalam studio livestreaming saya.

Crop dari foto diatas

Hasil fotonya tajam dengan warna yang enak dilihat dan pemisahan antara subjek dengan latar belakang tetap terasa meskipun mengunakan lensa zoom 35-70mm dengan bukaan yang tidak terlalu besar. ISO yang digunakan sekitar ISO 1600-3200, tapi kualitas gambar tetap bagus tanpa gangguan noise yang berarti.

Tentang kualitas gambar di ISO tinggi-nya, dari ISO 100-3200 masih sangat baik, dari 6400-12800 noise mulai muncul tapi masih bisa diterima untuk cetak ukuran kecil atau media sosial. Diatasnya seperti 25600 sampai 102400 kualitasnya sudah menurun karena timbulnya noise. Detail dan warna juga menurun.

ISO 100
Crop dari foto diatas, silahkan klik untuk memperbesar
ISO 102400
GFX50II memiliki face and eye detection, tapi kecepatannya tidak secepat GFX100 karena masih mengunakan teknologi deteksi kontras

Kekurangan GFX50S II dibandingkan dengan GFX100s

Dibandingkan Fujifilm GFX100s, perbedaan terbesar adalah image sensor yang digunakan. Selain resolusinya berbeda (102MP vs 51.4MP) juga ada beberapa kompromi seperti teknologi autofokus yang digunakan deteksi kontras, bukan deteksi fasa, namun dalam pengujian cukup baik dengan lensa terbaru GF 35-70mm f/4.5-5.6 secepat 0.272 detik. Kinerja foto berturut-turutnya relatif lambat yaitu tiga foto per detik.

Perbedaan yang cukup signifikan juga di video, dimana GFX100 dapat merekam video 4K tapi di GFX50s II hanya FULL HD 30fps. Kompromi-kompromi tersebut dapat dimaklumi mengingat perbedaan harga yang cukup signifikan yaitu 30-an juta Rupiah.

Rekomendasi

Dalam dua puluh tahun belakangan ini, sistem kamera digital medium format relatif mahal dan banyak kamera yang dijual dengan harga ratusan juta. Hanya fotografer top dengan penghasilan besar yang mampu memperolehnya. Dengan kehadiran sistem kamera Fuji GFX, terutama Fuji GFX50S II dan lensa kit 35-70mm ini, fotografer amatir atau profesional muda mendapatkan peluang untuk dapat mengunakan kamera & lensa medium format dengan harga yang relatif terjangkau. Kamera ini cocok untuk berbgai jenis fotografi seperti komersial, fashion, portrait, wedding, landscape dan still life/product.

Spesifikasi utama Fujifilm GFX50S II

  • 51.4 MP Bayer Medium format
  • Ukuran sensor: 43.8 x 32.9 mm (crop factor 0.8x)
  • X-Processor 4
  • Contrast Detect AF, 0.272 detik dengan lensa kit
  • Kinerja foto berturut-turut: 3fps
  • Jendela bidik : 3.69juta titik, perbesaran 0.77x
  • Flash sync speed 1/125
  • Kapasitas baterai 440gram
  • Video: Full HD 30p

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment