≡ Menu

Review lensa TTArtisan 40mm f/2.8 Macro

Lensa makro TTAartisan 40mm f/2.8 adalah lensa manual fokus dan tersedia untuk berbagai sistem kamera APS-C dan micro four thirds diantaranya Sony E-mount, Canon EOS M, Fujifilm X, Olympus dan Panasonic Lumix m43.

Saya berkesempatan menguji lensa ini dengan kamera Fujifilm X-S10.  Keunggulan utama lensa makro dari TTArtisan ini adalah ini lensa yang memiliki perbesaran dengan rasio 1:1, sehingga bisa fokus sangat dekat, yaitu 17cm dari image sensor kamera, atau sekitar beberapa cm saja dari depan lensa. 

Desain dari lensa ini terlihat cukup unik dengan material dari logam. Ukurannya cukup ringkas dengan berat 372 gram dan filter diameter 62mm. Seperti lensa manual fokus pada umumnya, lensa ini punya aperture ring dengan pilihan dari f/2.8 sampai f/16 dengan pilihan setiap 1/2 stop.

Kualitas gambar

Kualitas gambar yang dihasilkan di berbagai bukaan tajam, dan saya tidak menemukan chromatic abberation di berbagai foto meskipun di subjek yang cukup kontras.

Aman dari Chromatic Abberation

Memotret dengan perbesaran 1:1 cukup menantang karena subjek sangat dekat dengan ujung lensa, sehingga membutuhkan cahaya yang cukup banyak dan tripod yang stabil. Ruang tajam sangat tipis sehingga membutuhkan bukaan yang relatif kecil misalnya f/8 sampai f/16. Kualitas ketajaman di perbesaran ini sedikit berkurang dibandingkan dengan jarak fokus yang lebih jauh, tapi kelebihannya kita bisa mendapatkan gambar yang sangat detail dari subjek yang sangat kecil.

Perbesaran 1:1

Bokeh yang dihasilkan juga mulus, lebih mulus daripada lensa-lensa modern yang dirancang untuk mengoptimalkan ketajaman, hanya saja ada gelang (ring) tipis di bola bokeh yang sedikit mengurangi estetika bokeh. Di bukaan f/4 dan f/5.6, bokeh tetap terlihat mulus dan hampir bulat berkat 11 bilah diafragma.

f/2.8, kanan: crop dari foto sebelah kiri
Kiri: f/4, Kanan: f/5.6

Rekomendasi

Tidak banyak lensa makro yang dibuat untuk kamera mirrorless bersensor APS-C. Maka itu saya sangat senang dengan kehadiran lensa TTArtisan 40mm f/2.8 macro ini.

Lensa ini sangat cocok untuk fotografer yang membutuhkan lensa makro untuk kamera mirrorless APS-C dengan harga terjangkau, jarak fokal 40mm ini cocok untuk subjek yang bisa dipotret dengan jarak yang lumayan dekat, seperti foto produk, makanan, flora dan mainan.

Banyak teman-teman saya yang menanyakan lensa makro yang berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk sistem kamera mirrorless APS-C, dengan hadirnya lensa ini, saya jadi punya jawabannya.


Harga lensa sekitar Rp 2-2.2 juta. Bagi yang berminat memesan (pre order) silahkan hubungi kami di WA 0858 1318 3069

Saksikan reviewnya di Youtube Infofotografi


About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment