≡ Menu

Lensa TTArtisan 28mm f/5.6 untuk Leica M kembaran Leica 28mm Summaron?

TTArtisan, produsen lensa manual yang sedang naik daun belakangan ini, membuat lensa super mungil TTArtisan 28mm f/5.6 yang desainnya vintage, mirip dengan lensa tahun 1950-an. Material lensa ini terbuat dari logam, ukurannya super compact, sering disebut lensa pancake.

Crop dari foto diatas

Desain dan pengalaman memotret

Meskipun ukuran sangat kecil, untuk mengatur fokus sangat mudah, dan built quality-nya kokoh. Indikator jarak lensa ini meliputi jarak fokus dan juga panduan untuk zone focusing untuk manual fokus. Focus throw dari manual fokus ring lensa ini tergolong pendek, sehingga mengganti fokus dari 1 meter (jarak terdekat) sampai tak terhingga bisa dilakukan dengan sangat cepat.

Saat tidak digunakan, tuas fokus lensa ini bisa di kunci dan untuk melepaskannya cukup menekan tombol di tuas dan menggesernya.

Idealnya, lensa ini dipadukan dengan kamera Leica M terlihat sangat simple dan compact. Tapi sebagai lensa M-mount, saya bisa mengadaptasikan ke berbagai kamera seperti Leica SL, Sony A7 dan kamera mirrorless lainnya dengan adapter yang sesuai. Jika kamera mirrorless tersebut memiliki built-in image stabilization, akan sangat membantu memotret di kondisi gelap.

Bukaan lensa (f/5.6) yang tergolong kecil ini tentunya agak membatasi saat memotret di kondisi yang kurang cahaya. Di dalam ruangan yang relatif terang, saya harus menggunakan ISO yang cukup tinggi seperti ISO 1600-3200 dengan shutter speed 1/30-60 detik.

Crop dari foto diatas

Kualitas gambar

Lensa yang berukuran kecil biasanya memiliki kompromi atas kualitas gambarnya. Ukuran TTArtisan 28mm yang sangat kecil ini juga berdampak sedikit banyak. Di bagian tengah foto, kualitas gambar baik tapi di bagian tepi foto vinyet cukup terasa dan kualitas ketajaman dan warna menurun.

Rekomendasi

Prioritas lensa ini memang lebih ke ukuran yang sangat kecil dan relatif praktis digunakan. Bagi yang senang dengan lensa 28mm, banyak pilihan lensa manual dengan bukaan yang lebih besar dan tetap compact misalnya 28mm f/2.8 atau 28mm f/2.

Oleh sebab itu, yang memilih lensa TTArtisan 28mm f/5.6 kemungkinan besar fotografer yang menyukai desain lensa yang unik dan lebih sering mengunakan bukaan kecil seperti f/5.6-8 saat memotret. Dijual dengan harga US$300 (Rp4.3jt), lensa ini tidak bisa dibilang murah, tapi mengingat desainnya yang unik.

dari TTArtisan

Spesifikasi TTArtisan 28mm f/5.6

  • Jarak fokal 28mm
  • Ukuran filter 37mm
  • Bukaan f/5.6-22
  • Jarak fokus minimum 1 meter
  • Bilah diafragma 6 buah
  • Leica M-mount
  • Manual fokus
  • Desain optik: 7 elemen dalam 4 grup
  • Berat: 151g, Sudut 72°
  • Dimensi: 5.1 x 1.9cm
Saksikan review dan pembahasan saya di YouTube infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment