≡ Menu

Voigtlander 35mm f/2 APO Review

Voigtlander 35mm f/2 APO LANTHAR merupakan salah satu lensa terbaik dari Voigtlander dari hal teknis karena menggunakan desain APO yang kompleks untuk menghilangkan Chromatic Abberation sehingga meningkatkan persepsi ketajaman foto. Lensa ini tersedia dalam beberapa mount, diantaranya Leica M, Sony E dan Nikon Z.

Seperti lensa manual fokus lainnya, lensa 35mm ini berukuran relatif kecil, dengan desain seperti lensa manual era 60-70-an. Aperture yang bisa dipilih dari f/2 sampai f/16 dengan pemberhentian setengah stop.

Kualitas gambar

Kualitas gambar yang dihasilkan lensa ini sangat baik, sangat tajam di kamera Leica SL (FF 24MP). Tidak ada Chromatic Abberation membuat warna dan detail lebih tajam dan solid.

Bokeh bisa didapatkan jika latar depan/belakang cukup jauh dari subjeknya, tapi tidak se-blur lensa-lensa yang lebih tele dan bukaan yang lebih besar seperti Voigtlander 50mm f/1.4.

Kelemahan lensa ini relatif dengan lensa-lensa pada umumnya adalah ukuran yang cukup besar dan berat dibandingkan dengan lensa 35mm yang lain yang tidak memiliki elemen APO. Selain itu, vinyet tetap terlihat cukup jelas terutama di bukaan terbesarnya di f/2. Untungnya, ada lens profile correction di software pengolah RAW seperti Adobe Camera RAW/Lightroom yang bisa membantu.

Voigtlander 35mm f/2 APO di f/2 dan Leica SL
Crop dari foto diatas
Voigtlander 35mm f/2 APO di f/4 dan Leica SL
Voigtlander 35mm f/2 APO di f/4 dan Leica SL
Crop dari foto di atas yang memperlihatkan bokeh lensa ini
Contoh vinyet di lensa ini, paling terlihat di bukaan f/2-f/2.8

Kesimpulan

Lensa ini lensa yang nyaris sempurna secara teknis, cocok untuk kamera beresolusi tinggi dan untuk berbagai aplikasi, dari travel, street photography, cocok untuk fotografer yang tidak ingin membawa lensa yang besar dan berat. Harga lensa ini sekitar Rp 16 jutaan, relatif murah jika dibandingkan dengan lensa Zeiss apalagi lensa Leica 35mm f/2 APO yang mencapai 100jutaan.

Saksikan review lensa ini di YouTube Infofotografi

Spesifikasi lensa Voigtlander 35mm f/2 APO

  • Bukaan f/2-f/16
  • Optik : 11 elemen dalam 9 grup
  • Jarak fokus minimum 50cm (Leica M), 35mm (Sony E)
  • Ukuran filter 49mm
  • Dimensi: 55.6 X 58.1mm
  • Berat: 304g

Lensa ini bisa diperoleh di tokopedia. Harap diperiksa dulu sebelum ketersediaan barang dan jenis mount (Sony, Leica M, Nikon Z) sebelum membeli.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment