≡ Menu

Canon EOS R8 dan EOS R50 diumumkan

Hari ini, Canon global merilis dua kamera baru dengan mount RF, yaitu EOS R8 (Full Frame) dan EOS R50 (APS-C), keduanya punya resolusi sensor 24 MP. EOS R8 diposisikan menjadi kamera full frame basic namun modern, dengan bobot yang sangat ringan (dibawah 500 gram), dengan desain yang mirip dengan EOS RP di masa lalu. Adapun EOS R50 menjadi pengisi segmen APS-C ketiga, karena sebelumnya sudah ada R7 dan R10, dan R50 ini juga menjadi entry level dengan bandrol harga terjangkau namun tetap punya berbagai fitur modern. Dari fisiknya, R50 ini mengingatkan kita pada EOS M50 di masa lalu, dengan desain simpel dan ringkas.

Canon EOS R8

Canon EOS R8 bakal diminati oleh praktisi foto dan video, konten kreator dan enthusiast yang mencari kamera full frame terbaru dan terjangkau, khususnya di lini Canon. Harga R8 ini cukup terpaut jauh dengan R6/R6 II sehingga pastinya ada perbedaan spesifikasi khususnya dalam hal Image Stabilizer di bodi yang absen di R8. Beberapa andalan Canon dalam merilis R8 ini diantaranya kemampuan motret 6 fps, video 4K 60p uncrop (downsize dari 6K), 10 bit HDR PQ dan CLog3, dan auto fokus cerdas yang didukung Dual Pixel AF. Tersedia juga headphone port untuk monitoring audio. Memang yang agak disayangkan adalah baterainya yang berukuran kecil (sama seperti EOS RP) dan juga hanya ada satu slot SD card UHS-II.

Canon EOS R50

Di lini segmen APS-C RF mount, Canon EOS R50 akan menjadi kamera paling basic dan paling murah yang pernah dibuat. Walau begitu, dukungan sensor 24 MP, video 4k 30p uncrop, dan 12 fps burst akan membuat penghobi foto atau video akan tetap tenang dalam memakai kamera ini. Apalagi dalam kemampuan auto fokus, tidak dibedakan antara R50 ini dengan R8, keduanya sama-sama cepat dan cerdas dalam mengenali subyek. Sebagai bonus, di R50 tersedia built-in flash yang bentuknya pop-up. Kamera R50 ini bakal laris di kalangan anak muda dan konten kreator pemula yang mencari kamera terjangkau tapi punya banyak fitur.

Sebagai lensa kit, untuk kebutuhan cakupan sensor full frame, tersedia juga lensa baru RF 24-50mm f/4.5-6.3 IS STM yang mungil dan terjangkau. Bagi kebutuhan APS-C telefoto, Canon juga merilis lensa RF-S 55-210mm f/5-7.1 IS STM, cocok untuk melengkapi lensa kit yang lebih dulu ada yaitu RF-S 18-45mm f/4.5-6.3 IS. Canon EOS R8 akan dijual di harga $1500 bodi saja, atau $1700 dengan lensa kit RF 24-50mm. Canon EOS R50 akan dijual di harga $800 dengan lensa kit RF 18-45mm. Harga di Indonesia belum diketahui, karena ada faktor kurs, pajak dll.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment