≡ Menu

Pendapat tentang peluncuran Canon EOS R8 dan R50

Peluncuran Canon EOS R8 dan R50 melengkapi jajaran sistem kamera mirrorless Canon EOS R di tahun 2023. Dengan kedua kamera ini, pilihan kamera Canon EOS R semakin banyak dan bervariasi baik harga, kinerja maupun bentuknya. Penamaan kamera Canon yang menggunakan angka ini mungkin bisa membingungkan karena Canon sendiri tidak terlalu konsisten dalam penggunaan angka. Mari kita simak di artikel ini.

Belajar dari sistem kamera DSLR Canon kita bisa menyimpulkan prinsip, semakin kecil angkanya, maka tingkatan kameranya lebih tinggi. Contohnya Canon 1D tingkatnya lebih tinggi daripada 5D atau 7D. Sedangkan kamera yang memiliki lebih dari 1 digit, misalnya 80D, 800D dan 1000D, semakin minim fitur dan kualitas body-nya semakin rendah.

Mari kita lihat bagaimana sistem kamera EOS R saat ini

Canon EOS R1 : Belum diumumkan, kemungkinan di tahun 2024. Kamera tingkat teratas ini akan memiliki kinerja dan resolusi yang tinggi (40MP+) dengan sensor full frame, integrated grip dan baterai yang besar.

Canon EOS R3 : Kamera full frame berkinerja tinggi dengan resolusi rendah (24MP) dengan integrated grip dan baterai besar

Canon EOS R5 : Kamera full frame serba guna untuk berbagai jenis fotografi. Resolusi tinggi (45MP) dengan kinerja yang baik tapi tidak secepat R3.

Canon EOS R6 : Kamera full frame dengan resolusi rendah (20/24MP) dengan kinerja yang tinggi dan harga yang lebih mudah dari R5.

Jika kita cermati, Canon lebih suka menggunakan angka ganjil. Angka 2 dan 4 jarang dipakai. Khusus angka 4, mungkin ada hubungan dengan takhyul dimana angka 4 dalam bahasa Jepang dan mandarin memiliki persamaan bunyi dengan karakter “mati”

Canon EOS R7 : Meskipun angkanya 1 digit, tapi R7 ini memiliki sensor APS-C. R7 punya kinerja foto berturut-turut yang sangat cepat, biasanya untuk fotografer olahraga dan wildlife. Angka 7 dipakai sebagai tanda kamera ini penerus kamera DSLR Canon 7D.

Canon EOS R8 : Baru diluncurkan di awal tahun 2023 ini, memiliki sensor full frame dengan body yang ringkas, tanpa stabilizer di body dan baterai kecil. Dibuat untuk penggemar full frame yang memiliki dana terbatas.

Dari sini kita bisa melihat ketidakkonsistensian Canon dalam penamaan karena R7 APS-C tapi R8 berbalik jadi full frame kembali.

Tapi kalau saya telaah lebih lanjut, sepertinya R1 ke R7 ditujukan ke fotografer yang lebih profesional atau amatir yang serius, dan mulai dari R8 ke bawah lebih ditujukan kepada pemula atau hobbyist.

Canon EOS R9 : Belum ada

Canon EOS R10 : Kamera dengan body dan kinerja yang cukup baik dengan body pemula

Canon EOS R50 : Kamera dengan body compact dan sangat terjangkau untuk awam. Angka 50 dipakai untuk memberi sinyal ini adalah kamera penerus Canon EOS M50 yang populer dalam beberapa tahun belakangan ini.

Teman-teman mungkin bertanya-tanya, bagaimana dengan kelanjutan Canon EOS R dan Rp? Menurut saya Canon EOS R dan Rp adalah kamera pionir Canon di era mirrorless full frame, karena pada saat itu, Canon masih setengah hati untuk terjun mengembangkan sistem kamera mirrorless EOS R secara total. Tapi seiring waktu, setelah Canon menyadari bahwa banyak keuntungan dan pentingnya memiliki hanya 1 sistem untuk alasan efisiensi dan supaya tidak membingungkan pelanggan. Dalam pengembangan selanjutnya, Canon menetapkan penamaan berdasarkan angka seperti sistem kamera DSLR.

Pembaharuan Canon Rp bisa dilihat dalam bentuk Canon EOS R8 dan Canon EOS R diteruskan desainnya di EOS R5.

Agak sedikit rumit ya, tapi harapan saya dengan artikel ini teman2 yang sedang mencari kamera Canon dapat lebih memahami dan memilih kamera yang paling tepat untuk kebutuhan kalian.

Saksikan pembahasan ini di YouTube infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment