≑ Menu

Infofotografi punya markas baru!

Update : sejak Maret 2017 markas infofotografi pindah ke Green Lake City.

Berawal dari iseng-iseng menulis blog Infofotografi.com sewaktu saya masih di Amerika Serikat, saya mendapatkan banyak komentar dan pertanyaan dari pembaca tentang fotografi digital. Dari sana, saya mendapat kesan bahwa di Indonesia ramai sekali yang hobi fotografi. Maka dari itu, saat saya sudah di Indonesia tahun 2010 yang lalu, saya mulai mencoba membuka kelas fotografi. Berawal dari Medan di rumah calon istri saya (waktu itu). Dan kemudian mulai di WTC Mangga Dua di bulan Desember 2010. Tempat kursus saya saat itu sangat sederhana dan terbatas. Awalnya yang datang cuma 3-4 orang. Pernah kejadian hanya 1-2 orang yang daftar, tapi saya tetap datang. Prinsip saya meski cuma ada 1-2 orang pun, kelas tetap jalan. Pernah saya menjadwal ulang kelas, tapi itu lebih karena keadaan darurat misalnya saat banjir besar di Jakarta Feb 2013 yang lalu.

Meski awalnya tidak begitu banyak orang yang tertarik untuk belajar dengan saya, tapi karena saya suka berbagi dan fotografi, saya terus mengajar. Perlahan-lahan, jumlah peserta setiap kelasnya meningkat ke 8, 12, dan 16 orang. Jumlah yang semakin bertambah membuat saya secara alami harus pindah ke ruang yang lebih luas. Sampai awal 2013, saya pindah sudah 2 kali di WTC Mangga Dua. Kadang-kadang saya mengadakan di kampung halaman saya di Medan. Karena banyaknya permintaan pembaca di Jakarta Selatan, sering juga saya mengadakan kursus kilat dan kupas tuntas di Jerin Cake, toko kue dan roti tante saya yang baik hati.

Kelas tanggal 16 Januari 2011, kalau gak salah ini angkatan ke-6. Tempat mengajar saya kecil, tapi peserta tetap semangat belajar. Kelas ini cukup mengesankan karena saya gak duga bahwa ada yang bela-belain datang dari tempat jauh. Pak Nurdin Abd. Rivai (paling kiri) dari Balikpapan, dan pak Sharizal (kedua dari kanan) dari Ambon.

Di bulan Februari 2013, akhirnya saya memutuskan untuk mencari tempat yang lebih tetap, cukup luas dan cukup strategis supaya saya bisa mengajar lebih banyak orang. Calon peserta juga mesti menemukan dan mencapainya dari segala penjuru Jakarta. Berita bagusnya adalah, kini kita punya tempat baru untuk belajar fotografi. Tempat ini adalah Ruko 4.5 lantai berukuran 4.2 meter x 15 meter ini cukup besar untuk ruang kelas, studio dan kantor. Tempatnya juga strategis karena berada di Jakarta Pusat. Jln. Moh Mansyur no.8 simpang Jl. Hasyim Ashari (Roxy). Petanya bisa dilihat disini. Kelas pertama (kursus kilat dasar fotografi) akan diadakan tanggal 16-17 Maret.

Tampak depan Ruko, Infofotografi bakal menghuni yang tengah. Di sampingnya ada Bank ICB Bumiputra dan klinik akunpuntur MANNA.

Salah satu ruang di lantai 3 yang bisa dijadikan studio foto dan kelas.

Di tempat baru ini, saya berencana akan membuka lebih banyak kelas lagi, misalnya kelas malam, still life, kelas portrait studio, lighting, editing photoshop, landscape, compact dan sebagainya. Saya menyadari bahwa tenaga, waktu dan ketrampilan saya sangat terbatas, maka itu saya Β mengundang bagi fotografer, digital imaging artist, videografer, dll yang ingin berbagi ilmu untuk bekerjasama dalam menyelenggarakan pelatihan, workshop, seminar dan sebagainya. Jika berminat mohon hubungi saya via email (enche.zein@gmail.com) atau telp (0858-1318-3069) dan kita akan duduk dan bertukar pikiran untuk sistem kolaborasinya.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua teman-teman, pembaca yang telah mendukung Infofotografi dengan berbagai cara. Entah itu membagikan info ke teman-teman lainnya, membeli buku fotografi saya, mengikuti kursus fotografi dan tur fotografi. Mudah-mudahan Infofotografi bisa memberi lebih banyak manfaat untuk kita semua di masa depan.

Trims untuk perhatiannya,

Tim Infofotografi:
Enche Tjin, Iesan, Erwin Mulyadi, Felicia Limida

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 46 comments… add one }
  • Enche May 28, 2013, 3:33 pm

    @Rani terima kasih atas komentarnya yang memberi semangat dan juga terima kasih sudah membaca buku2 saya. Nanti ada lagi yang baru, mudah-mudahan setelah lebaran.

  • Rani Kato May 28, 2013, 3:23 pm

    SLMT YA KO, DOA KAMI DR MAKASSAR SLL UTK KO ENCHE SMOGA SLL SEHAT DILINDUNGI TUHAN KRN KO BERAMAL LEWAT ILMU. SUKSES SLL.
    BUKUNYA BLM SEMPAT DIBACA TUNTAS, EE UDAH ADA BUKU BARU NICH SIAP2 ORDER AKU NICH. SLMT YA KO ATAS T4 BARUNYA.
    SALAM DR MAKASSAR

  • Bonga March 28, 2013, 9:25 pm

    Sy sangat bangga dgn pk.Enche…INSPIRATOR( Atw ap ya…hehehe) yg bru bgi fotografer indonesia! Berharap tetap semangat dan sehat utk brbagi ilmunya demi kmajuan fotografer TanahAir..

  • bocah petualang March 22, 2013, 5:00 pm

    Wah ternyata dari Medan juga ya? Salam kenal dari sesam anak Medan πŸ™‚

    • Enche April 17, 2013, 2:50 pm

      @bocah salam horas bah

  • handono rahardjo March 18, 2013, 6:06 pm

    selamat menempati tempat kursus baru,biaya tetap terjangkau , semoga fotografi Indonesia semakin maju dan bisa mencetak fotograf kelas dunia.

  • palgunadi March 15, 2013, 9:40 pm

    Selamat menempati markas baru, semoga sukses selalu..

  • Jumadi March 14, 2013, 6:20 am

    Mantap om, info fotografi menurut saya tempat yang murah, banyak ilmu yang diberikan salut buat om onche…. btw kalau udah ada ruko kursusnya jangan mahal-mahal yah..biar masyarakat Indonesia dapat belajar dengan harga yang murah dan berkwalitas and jangan pelit-pelit ilmu. hitung-hitung bekerja, beramal melalui ilmu dan membentuk Masyarakat Photo Indonesia…widiihhhhhhh keren kali yah..

    • Enche March 14, 2013, 9:14 am

      @Jumadi mantap lah, saya berusaha supaya tetap bisa terjangkau πŸ™‚

  • andri March 13, 2013, 2:38 pm

    wah deket rumah saya ini lokasinya
    cari dana dulu buat ikut kelas hehehehe

  • ILHAM March 11, 2013, 9:46 pm

    smoga sukses and tambah ilmu buat photografer ….

  • Masgiy March 11, 2013, 4:35 pm

    wah ikut seneng…semoga makin maju dan sukses selalu.

  • Tommy Rompas March 11, 2013, 12:21 pm

    Sukses dan selalu maju……salam Tommy R

  • Suria March 10, 2013, 4:22 pm

    Selamat pk Ence atas markas barunya..Semoga rencana fasilitas untuk menimba ilmunya cepat terealisasi sehingga bisa nimbrung.

  • yanti March 9, 2013, 10:14 pm

    suksessss selaluuuu ko….enche….

  • ridwan March 9, 2013, 1:04 am

    sukses selalu buat pak enche dan tim infofotografi

  • Basyarudin March 8, 2013, 11:27 pm

    Selamat dan sukses selalu…

  • thio sunaryo March 8, 2013, 6:07 pm

    Selamat yah pak, ditunggu kelas malamnya…….
    kebetulan dekat rumah saya di jemb. 5

    • Enche March 8, 2013, 9:47 pm

      Trims semuanya. Buat thio, kelas malam sudah ada jadwalnya dan bisa dicek di sini

  • Hendra. Twe March 8, 2013, 4:39 pm

    Selamat ya Pak, atas dibukanya tempat baru,
    Maju terus buat Pak Enche…..
    Maju terus Fotografi Indonesia.

  • yudha March 8, 2013, 4:31 pm

    selamat ya kalo pembukaan tolong diundang ya , sukses selalu meyertai langkah yang baik…

  • raymond March 8, 2013, 3:50 pm

    selamat atas penempatan tempat baru bagi infofotografi,
    semoga ‘koo enche makin sukses ,….

  • Produsen Tas Kamera March 8, 2013, 3:46 pm

    Congrats om, semoga semakin sukses dan berkembang lagi untuk ke depannya
    Maju terus dunia fotografi Indonesia

  • anwar tarigan March 8, 2013, 7:58 am

    Selamat…, semoga sukses selalu di tempat yang baru, untuk memajukan dunia photography di Indonesia. salam…

  • yusuf. S March 8, 2013, 2:05 am

    Sukses Bung Enche…Iesan, Erwin Mulyadi, Felicia Limida
    Buat saya dengan adanya Blok ini,sangat membantu sekali.
    menambah wawasan saya di bidang fotografi.
    Meski baru anak saya yg pernah ikut kursus di Info fotografi…Tapi saya selalu mengikuti tulisan di Blog ini..bahkan sudah mengoleksi semua buku terbitan P’Enche….!
    Selamat Semoga Infofotografi semakin maju,sukses dan berkembang.
    Salam.

  • Eddy Maryamto March 7, 2013, 11:21 pm

    Congratulations pak Enche, semoga semakin maju terus… Jadi inget waktu kursus di Jerin cake, trus berlanjut di WTC Mangga dua… hehehe

    Bravo fotografi..

  • Adit March 7, 2013, 9:36 pm

    tetep semangat om enche! semakin sukses yaa.. πŸ™‚

    dari blog ini saya pertama kali belajar fotografi..

  • dedy tiarman March 7, 2013, 9:35 pm

    Selamat ya mas enche, atas tempat barunya. Semoga makin maju dan sukses. Tempat mas enche sekarang deket sama kantor saya mas. Kapan2 main mas enche. Btw kalo butuh dekorasi interiornya mas….hehehe…:)

  • dezz March 7, 2013, 9:27 pm

    itu dekat cuci cetak foto sinar matahari ya

    • Enche March 7, 2013, 9:40 pm

      @dezz dekat dengan 2 cuci cetak foto cuma saya gak tau namanya.

      @dedy trims nanti saya kabari kalau sudah aktif

      @adit trims

  • Doni Gobel March 7, 2013, 8:20 pm

    Selamat…!!!
    Semoga Infofotografi semakin maju,sukses dan selalu dalam keberkahan-Nya.

  • Enche March 7, 2013, 3:54 pm

    Terima kasih atas semua komentar2nya yang makin memberi semangat. πŸ™‚ Sukses buat semua juga.

  • Nurdin AR March 7, 2013, 3:37 pm

    The show must go on dan bagi saya tempat belajar tidak jadi masalah, yang penting materi yang disampaikan dan cara mengajar pak Enche Tjin kepada saya sangat menambah wawasan saya di bidang fotografi. Saya sendiri merasakan kemajuan yang sangat pesat setelah belajar di klasnya pak Enche. Terima kasih sudah berbagi dan saya tetap mau dan ingin terus belajar dari pak Enche. Salam.

  • bagust March 7, 2013, 2:04 pm

    Mantaps deh ko Enche, Maju dan Sukses untuk Infofotografi. Mewakili Alumni ditunggu acara Gunting Pitanya Ko’.

  • IntanJusuf March 7, 2013, 12:49 pm

    Waahhh congrats pak …. Berharap segera bisa ikutan kelas or tour selanjutnya

  • ferry March 7, 2013, 12:23 pm

    ..Sukses Bung Enche…semoga saya bisa ikut diKelas selanjutnya di Tempat Yang Baru…GBU

  • Agoes adja March 7, 2013, 12:07 pm

    Selamat kepada infofotografi …….. maju terus dan sukses selalu, wah kapan ya bisa ikut kelasnya lagi hehehe……

  • Bramantya March 7, 2013, 11:57 am

    Salam kenal om….
    Saya dari papua nih…. minat banget belajarnya… namun karena penyesuaian jadwal dan kegiatan…. ada nggak kursus privat….?
    atau jadwal dlm 1-2 bln ke depan?
    tks…

  • Nanang Prestijono March 7, 2013, 11:55 am

    Siiippp…..semoga semakin sukses……

  • Yohanes Nataluky Kolopaking March 7, 2013, 11:50 am

    Proviciat!
    Kiranya makin sukses dalam memajukan dunia fotografi.
    Tuhan memberkati

  • Dedy Suparyono March 7, 2013, 11:42 am

    Selamat ya ko Enche, semoga tambah berkembang ilmu-nya….

Leave a Comment