≡ Menu

Bahas foto: Black Dragon Pool yang ikonik

Foto-foto dibawah ini saya buat saat tour fotografi ke Yunnan, China Oktober 2014 yang lalu. Kolam Naga hitam ini terletak di dalam sebuah taman yang namanya sama. Tempatnya sangat indah dan ikonik. Banyak foto-foto lokasi ini yang dijadikan cover buku atau majalah travel.

black-dragon-pool-2

Keterangan setting foto: ISO 100, f/9, 1/125 detik, 70mm (full frame equivalent)

Rencana awal adalah mengunjungi taman ini di hari pertama setelah tiba di sore hari untuk mengejar warna-warni sunset, tapi karena ada sedikit masalah di airport, maka waktunya terlalu sempit untuk mengunjungi taman ini. Akhirnya dijadwal ulang di hari terakhir, pagi hari sebelum ke airport.

Datang di pagi hari mungkin lebih menguntungkan, karena di pagi hari, awan dan kabut biasanya tidak sebanyak sore hari, dan arah pencahayaan juga lebih ideal. Orang-orang di taman juga lebih sedikit, lebih banyak orang tua yang sedang berolahraga atau sekedar nongkrong-nongkrong.

Meskipun sudutnya pengambilan foto ideal ya itu-itu saja, tapi tidak mengurangi semangat saya dan rombongan memotret kolam ikonik ini seperti yang sering saya lihat di buku.

Setelah memotret dari berbagai sudut, ada salah satu peserta yang bertanya kepada saya bagaimana mengunakan ND filter. Sesuatu yang saya tidak pikirkan sebelumnya karena semua tripod sudah di pack ke koper karena setelah ini kita akan ke bandara. Tapi saya iseng-iseng coba dengan meletakkan kamera diatas pot bunga yang berlaku sebagai tripod.black-dragon-pool

Keterangan setting foto diatas: ISO 100, f/8, 10 detik, 45mm (full frame equivalent)

Dengan teknik foto slow speed mengunakan shutter speed rendah ini, hasil foto terlihat sedikit berbeda, terutama di bagian refleksi airnya terlihat lebih mulus. Saya sendiri suka keduanya, tapi lebih suka yang slow speed karena terlihat lebih tenang dan damai. Trims idenya 🙂

Dengan filter ND 10 stop (ND1000/ND3.0)

Dengan filter ND 10 stop (ND1000/ND3.0)

DSC_0052-2

Tanpa filter ND

—-

Tour fotografi dan jadwal kelas fotografi bisa dibaca di halaman jadwal kursus dan tour Infofotografi.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Joes November 12, 2014, 5:27 pm

    Halo koh,..
    Tanya perbandingan antara lensa tokina 12-24mm f4 AT-X 124 AF Pro DX ll dengan tokina 12-28mm F4 Pro DX makasih sebelumnya koh..

Leave a Comment