≡ Menu

Perkembangan Youtube Infofotografi dan cara dukung kami

Tidak terasa hampir satu tahun kami berusaha membuat konten video untuk Youtube Infofotografi. Kami mulai memutuskan membuat video Youtube dengan serius dan konsisten di awal bulan April 2019. Saat itu yang berlangganan (subscribe) baru sekitar 3000 pemirsa, saat ini sudah lebih dari 21.300 pemirsa.

Selama ini kami beruntung didukung oleh banyak perusahaan pembuat kamera, lensa, aksesoris dan para distributor yang mempercayai kami untuk me-review gear mereka. Tanpa kepercayaan tersebut tentunya konten Youtube dan blog Infofotografi tentu tidak akan variatif seperti saat ini.

Dalam setahun belakangan ini, kami telah membuat dan merilis sekitar 150 video, yang terbagi dalam berbagai tema seperti review kamera, lensa, aksesoris, belajar fotografi, ngobrol santai, dan dua minggu terakhir saya mencoba livestream. Saya merasa bersyukur di tengah pandemi Covid-19 ini, kami tetap bisa membuat Youtube secara konsisten meskipun setting-nya terpaksa harus di dalam rumah kantor kami.

Meskipun kami dipercaya menjadi partner Youtube, cuma penghasilan dari iklan sangat minim per videonya, dan saya pernah bergurau ke mas Erwin kalau saja setiap video yang kami buat bisa untuk membeli es kopi gula aren untuk melepas dahaga saya juga sudah sangat senang.

Tentunya kami tidak berharap teman-teman membelikan kami es kopi untuk setiap video yang kami buat, tapi kami berharap teman-teman mendukung kami dengan berbagai cara seperti dibawah ini:

  1. Tontonlah video kami sampai habis, jika belum memiliki waktu, silahkan tunggu sampai ada waktu luang / santai untuk menontonnya. Karena jika hanya menonton sekilas lalu menutupnya, Youtube akan mengira video kami tidak bagus dan akan berhenti membagikannya kepada calon pemirsa yang lain.
  2. Usahakan tidak melewatkan (skip) iklan yang tayang saat menonton video kami. Kalau bisa pertimbangkan untuk mengunjungi website iklan tersebut. Ini bisa menambah penghasilan dari iklan (untuk membeli es kopi).
  3. Jangan lupa like dan subscribe, serta mengaktifkan notifikasi supaya mendapatkan info jika ada video baru atau livestream. Jumlah subscriber dan like sangat penting supaya Infofotografi lebih berkembang karena Youtube akan lebih gencar mempromosikan video channel yang banyak subscriber dan like-nya.
  4. Berbagilah kepada teman-teman Anda yang suka fotografi atau videografi, barangkali mereka membutuhkan saran dalam membeli kamera dan lensa, atau ingin belajar. Mereka akan selalu ingat dan berterima kasih kepada Anda.
  5. Ikuti livestream kami dan partisipasilah dalam bertanya dan menyapa.

Semoga tidak memberatkan ya. Terima kasih atas dukungannya dan semoga semuanya sehat selalu!


Selama wabah Covid-19 sebaiknya belanja #dirumahaja via toko online seperti Tokopedia, Bukalapak atau Shopee

Bagi teman-teman yang ingin mengikuti kursus online fotografi dasar, silahkan menghubungi WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 12 comments… add one }
  • Komar April 21, 2020, 9:03 pm

    Kayaknya Infofotografi memang punya segmen dan gaya tersendiri. Jd ingat tentang tulisan kepribadian atau tipikal seseorang terkait merk kamera yang digunakan, atau tentang introvert dan ekstrovert yang pernah diulas di blog ini….

    Maju terus Infofotografi….

  • arief April 20, 2020, 7:53 pm

    saran untuk infofotografi,
    saya pembaca setia sejak 2014
    jika masuk youtube
    berarti siap untuk segmen ke anak muda,
    konten di website bahasanya formal dan kelasnya untuk media dan jurnalis

    kalo untuk youtube, krn segmen nya anak muda, bahasa dan style nya perlu di sesuaikan
    contoh yutuber fotografi :
    goenrock, estechmedia

  • Tatag April 19, 2020, 5:13 pm

    Salah satu situs utama saya belajar fotografi sejak lebih dari 7th yg lalu adalah infofotografi.com. Dari tekhnik sampai rekomendasi gear. Pernah ikut kelas, meski baru sekali.
    Siap support channelnya koh.

  • angga April 19, 2020, 5:57 am

    Kontennya sangat informatif tapi deliverinya seperti lihat acara TVRI jaman dulu,coba digarap lebih ceria ditambah musik latar dan sound efek kekinian 🙂 biar bisa menggugah selera para milenial.
    Semoga sukses channelnya

    • Enche Tjin April 19, 2020, 9:39 pm

      Hahaha, lahir di zaman TVRI, mungkin gak ketolong lagi. Trims sarannya.

  • teguh dewanto April 17, 2020, 8:56 am

    Siap. Semoga share melalui youtube bisa berlanjut.

  • Van April 16, 2020, 9:49 pm

    Selalu support….
    Sukses salalu untuk Infofotografi

  • Diyan April 16, 2020, 6:40 pm

    Siap om enche

  • Diyan April 16, 2020, 6:39 pm

    Siap om enche..pembahasan dri yutub infofotografi mudah dipahami untuk org2 yg baru belajar fotografi

Leave a Comment