≡ Menu

Nikon Z9 | Kamera mirrorless Nikon terbaik dalam pengembangan

Tren pengembangan kamera foto tahun ini sepertinya akan mengarah ke kinerja yang super cepat dan kemampuan merekam video 8K. Setelah Canon dan Sony merilis kamera 8K nya tahun lalu dan dan awal tahun ini, Nikon tidak mau ketinggalan dan mengumumkan kamera Nikon Z9 dalam pengembangan dan akan diluncurkan tahun 2021 ini.

Nikon berjanji akan mengunakan teknologi yang jauh lebih baik daripada kamera-kamera sebelumnya baik dari kamera DSLR atau kamera mirrorless. Z9 akan memiliki teknologi sensor stacked (berlapis) dan processor gambar yang baru.

Berbeda dari pesaingnya, Nikon Z9 memiliki fisik integrated grip layaknya kamera profesional DSLR satu digit seperti D6 yang memudahkan untuk memotret dengan orientasi vertical/portrait, dan otomatis baterainya kemungkinan lebih besar dan tahan lama. Berdasarkan gambar yang dirilis Nikon, sepertinya ukurannya akan lebih compact daripada kamera DSLR Nikon D6.

Sayangnya kita belum bisa melihat spesifikasi yang lebih rinci dan bagian belakang kamera, untuk melihat desain antar muka kamera dan layar LCD. Juga belum ada informasi tentang harga, resolusi dan kinerja sensor dan beratnya. Mudah-mudahan seiring waktu Nikon akan memberikan informasi lebih lanjut tentang kamera terbaik Nikon ini.

Pengumuman ini menandakan Nikon masih memiliki asa untuk bersaing di kamera mirorrless yang semakin kompetitif.

Perkiraan ukuran kamera Nikon Z9 (tengah). Kiri: Nikon D6, kanan Nikon Z6/7.

Press Release resmi Nikon:

Nikon is developing the Nikon Z 9 full-frame flagship mirrorless camera

TOKYO – Nikon Corporation (Nikon) is pleased to announce the development of the first flagship model for which the Nikon Z mount has been adopted: The Nikon Z 9. The full-frame (Nikon FX-format) mirrorless camera is scheduled for release in 2021, and represents a significant leap in technology and performance.

The Z 9 brings together Nikon’s groundbreaking technologies to deliver the best still and video performance in Nikon history, meeting the advanced needs of professionals across a wide range of genres. It utilizes a newly developed FX-format stacked CMOS sensor and new image-processing engine. In response to the growing needs of professionals, advanced enthusiasts and cinematographers, it includes support for 8K video recording as well as various other video specifications that fulfill diverse needs and workflows. The Z 9 embodies ultimate usability as a tool offering users an unprecedented imaging experience, from capture to workflow, exceeding that of previous digital-SLR and mirrorless cameras.

*Information regarding the release of this product will be announced at a later date.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 3 comments… add one }
  • Jaliteng July 17, 2021, 5:11 pm

    teknologi sensor stacked/berlapis itu apa seperti sensor foveonnya sigma yg meniru cara kerja emulsi film?

  • anoman April 9, 2021, 10:29 am

    niko z9 emang ajibbb
    dynamix range nya 20 stop
    body titanium
    batre udah pasti tahan paling lama.

  • Rudi Susilo April 5, 2021, 5:58 pm

    Nikon z9 dg dynamic range 20 stop + body titanium adlh hal yg luar biasa.

Leave a Comment