≡ Menu

Mengenal lensa RF 5.2mm f/2.8 L Dual Fisheye dari Canon

Baru saja diumumkan sebuah lensa unik dari Canon untuk sistem kamera mirrorless EOS R, yaitu lensa RF 5.2mm f/2.8 L Dual Fisheye. Lensa seharga $1999 ini tergolong lensa L series yang punya kualitas optik tinggi, dan sekaligus menjadi lensa unik karena tergolong ke lensa fisheye dan tidak tanggung-tanggung lensa ini adalah lensa Dual Fisheye. Mari mengenal lebih jauh seperti apa lensa ini.

Contoh tampilan stereoskopis untuk mode VR, dimana gambar kiri dan kanan dihasilkan oleh lensa terpisah yang diberi perbedaan sudut paralaks sesuai mata manusia, guna memberi visual 3D.

Tren media digital modern sudah menghadirkan era Virtual Reality (VR) yang memberikan pengalaman lebih nyata dalam melihat melalui VR glass, misal headset buatan dari Oculus. Seiring makin banyak pengguna VR glass, kebutuhan konten video VR juga meningkat. Masalahnya untuk membuat konten VR diperlukan kamera dan lensa khusus yang memiliki dua gambar untuk dilihat oleh masing-masing mata manusia. Dengan begitu bisa diwujudkan sebuah visual stereoskopik 3 dimensi melalui VR glass yang mulai banyak dipasarkan.

Lensa Canon RF 5,2mm Dual FIsheye dipasang di kamera EOS R5

Canon terlihat memahami potensi tren masa depan ini, jadi meski saat ini sepertinya masih belum populer, lensa RF khusus untuk membuat konten VR ini akan tersedia di akhir tahun 2021 ini. Lensa RF 5,2mm ini memiliki dua lensa (kiri dan kanan) dengan bukaan f/2.8 dan fokus manual, serta ada pengaturan sudut paralaks untuk dikalibrasi bila perlu. Setelah membuat konten dengan lensa ini, hasilnya masih perlu diedit melalui software Canon EOS VR Utility, atau memakai EOS VR plugin untuk program editing video populer seperti Premier Pro.

Beberapa aspek teknis dari lensa ini :

  • sudut gambar 180 derajat
  • 12 elemen dalam 10 grup
  • dust and weathersealed
  • jarak fokus minimum 0,2 meter
  • 7 bilah diafragma
  • bisa diselipkan filter ND

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment