≡ Menu

Canon EOS R7 dan R10 diajak memotret cepat

Dua kamera RF mount baru dari Canon dengan sensor APS-C akhirnya tiba di meja redaksi infofotografi. Sampai tulisan ini dibuat, kami belum menemukan ulasan tentang kedua kamera ini dari media lain di dalam negeri, maka itu kami begitu tertarik untuk mencoba langsung keduanya meski hanya sebentar. Kedua kakak adik R7-R10 datang dengan lensa kit masing-masing RF-S 18-45mm dan RF-S 18-150mm, dan untuk memaksimalkan pengujian dalam kondisi serba cepat, dipinjamkan juga oleh pihak PT Datascrip sebuah lensa RF 70-200mm f/4 yang punya motor fokus USM nan cepat. Mantap kan..

EOS R7 dan EOS R10 dengan lensa kit masing-masing

Di suatu pagi yang cerah, kami membawa semua gear ini untuk memotret aktivitas bersepeda di daerah Jakarta Barat. Pada EOS R7, kami padukan dengan lensa RF 70-200mm f/4, sedangkan di EOS R10 terpasang lensa RF-S 18-150mm yang akan lebih fleksibel baik untuk wide, tele atau membuat sedikit klip video pendek. Kedua kamera diset ke drive mode High Speed Continuous shoot dengan shutter mekanik (keduanya dicoba dalam speed 15 fps), untuk mode auto fokus tentunya di posisi SERVO dan auto fokus area dipilih ke AUTO AREA. Disini tujuannya ingin melihat kepintaran kamera dalam melihat, mengenali dan mentracking subyek yang bergerak.

Dengan EOS R7 dan lensa RF 70-200mm f/4

Di masa lalu, seorang fotografer harus menghadapi dilema dalam memilih mode auto fokus area saat memotret subyek bergerak. Kalau memilih satu titik fokus, sulit sekali bila subyeknya berpindah posisi. Tapi bila memilih AUTO area, kamera masa lalu belum cukup pintar mendeteksi mana subyeknya, sehingga sering salah fokus. Tapi jujur di masa kini, dengan kecerdasan buatan di kamera modern, kami kagum dengan betapa mudahnya kamera mengenali subyek, baik orang, kepala bahkan mata sehingga nyaris tanpa perlu campur tangan dari si fotografernya. Hal ini kami temui juga baik di R7 maupun R10, dan ini adalah kabar baik mengingat kedua kamera ini bakal ditujukan juga untuk penghobi serius atau pekerja berita yang perlu akurasi auto fokus yang tinggi.

Dengan EOS R10 dan lensa RF-S 18-150mm

Kombinasi burst yang cepat, auto fokus yang pintar, dan motor fokus lensa yang cepat (khususnya lensa dengan motor USM), membuat kami terkesan saat mencoba kedua kamera Canon ini. Dari sekian foto burst yang diambil, hanya sedikit foto yang tidak fokus, selebihnya termasuk layak dipakai, foto-foto nampak tajam di bagian yang memang ingin tampak fokus. Adapun mengenai kualitas sensor kedua kamera, karena mereka memakai sensor APS-C, maka di ISO tinggi memang agak sedikit menurun. Masalahnya, di pagi hari yang belum begitu terang, untuk bisa mendapat shutter yang cepat saat memotret sepeda yang melaju dengan cepat, kami perlu memakai ISO antara 3200 hingga 6400. Tapi bila fotonya diambil di siang hari yang terang, maka tentu saja soal ISO ini bukan sebuah hal yang perlu dirisaukan.

Dengan EOS R10 dan lensa RF-S 18-150mm (1/1000s, f/6.3 dan ISO 4000)

Pengalaman lain yang kami dapat dari mencoba EOS R7 dan R10 dalam memotret kali ini adalah, meski kamera sudah pintar dalam mendeteksi subyek, mengunci fokus dan memudahkan kerja seorang fotografer; tapi kita sebagai pengguna tetap perlu banyak berlatih mengatur setting kamera yang tepat. Misalnya tadinya kami mengandalkan fitur pendeteksi wajah dan pendeteksi mata, tapi sebagian pemain sepeda memakai helm dan kacamata hitam yang membuat kamera sempat kehilangan tracking, apalagi kondisinya terjadi sangat cepat (setiap grup sepeda lewat, hanya ada waktu sekitar 5 detik saja). Bila memungkinkan, sebetulnya bisa dipilih dulu di kamera ada pengaturan skenario auto fokus untuk benda bergerak, yang akan menjamin akurasi dan kemampuan tracking fokus kamera khususnya di keluarga EOS R yang sudah diberikan kemampuan Dual Pixel AF disaat live view.

Dengan EOS R7 dan lensa RF 70-200mm f/4

Singkat kata, EOS R7 dan R10 memberi pengalaman kamera cepat yang kami temui seperti di EOS R full frame misalnya R6 atau bahkan R3, tapi dengan dimensi lebih kecil dan harga lebih terjangkau. EOS R7 khususnya, yang kadang diasosiasikan dengan 7D di masa lalu, bakal jadi andalan Canon untuk segmen sport photographer yang perlu kamera dengan sensor APS-C. Di lain pihak si EOS R10 yang semestinya lebih untuk casual shooter, content creator dan kelompok upper entry-level, tetap diberikan kemampuan auto fokus dan burst yang sama gesitnya dengan R7 (meski buffer di EOS R10 memang lebih kecil dari R7).

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment