≡ Menu

Kepribadian menentukan selera fotografi

Bagus tidaknya sebuah foto sering dikatakan sebagai selera dari fotografer atau penikmat fotonya. Tapi taukah bahwa kepribadian kita memilih pengaruh atas apa yang kita sukai? Dalam teori 16 kepribadian Myers Brigg Type Indicator (MBTI), dikenal adannya dikotomi Sensing dan Intuitif, yang dilambangkan dengan huruf S untuk sensing dan N untuk intuitif. Type Sensing memiliki panca indera yang lebih peka terhadap detail, warna, rasa sedangkan type N lebih imajinatif dan fokus ke makna dan cerita dalam sebuah foto.

Jika kita kaitkan dengan fotografi, type Sensing akan menyukai foto yang detail, tajam dan jelas. Misalnya saat foto pemandangan, S senang memotret foto yang menghasilkan detail yang tajam dan jelas dari daun-daun sampai tekstur gunung dan awan di kejauhan. Still life, produk dan food photography juga salah satu yang jenis fotografi yang cocok untuk S, yang mana detail dari makanan sangat penting.

Sebaliknya type N cenderung menyukai foto-foto yang memiliki cerita dan makna dibaliknya. Foto type N ini memberikan ruang kepada pemirsanya untuk membayangkan dan melengkapi apa yang tidak jelas dalam foto tersebut. Dalam memotret, type intuitif cenderung akan mengantisipasi momen daripada membuat moment.

Alex Webb

Karena kedua type ini sangat berbeda satu sama lain, tidak sering type Sensing mengkritik hasil karya type intuitif. Karya type intuitif dianggap tidak jelas/kabur. Sebaliknya karya type Sensing sering dianggap membosankan oleh type intuitif karena hanya meniru realitas dan tidak memberikan ruang untuk berkhayal.

Di sisi lain, type Sensing dan Intuitif menggagumi atau bahkan iri satu sama lain. Sensor akan menggagumi intuitif yang memiliki imajinasi yang tinggi dan dapat melihat abstraksi realitas, sedangkan Intuitor iri dengan sensor yang mampu memperhatikan detail dari subjek foto.

Kesimpulan

Dengan mengetahui kepribadian kita, apakah lebih cenderung ke Sensing dan Intuitif, dapat membantu kita untuk menentukan potensi kita untuk memaksimalkan hasil dan juga lebih menikmati fotografi baik secara hobi maupun profesional.

Type sensing

  • Menyukai detail, ketajaman dan warna
  • Menyukai foto yang realistik/hyper-realistik
  • Membutuhkan kamera dan lensa beresolusi tinggi
  • Lighting dan warna yang baik dan cepat

Type Intuitif

  • Menyukai foto yang bermakna/bercerita
  • Menyukai foto yang merangsang imajinatif pemirsa
  • Kemungkinan menyukai foto hitam putih

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment