≡ Menu

Panasonic Lumix S5 II meluncur, Apa peningkatannya?

Panasonic Lumix S5 II adalah kamera mirrorless hybrid (foto-video) dengan sensor full frame dan L-mount yang dirilis tanggal 4 Januari 2023 dengan harga USD2000 atau sekitar Rp32 juta. Sesuai dengan namanya S5 II memperbaharui Lumix S5 yang pernah kami bahas di infofotografi dan di channel YouTube infofotografi.com.

Beberapa hal yang meningkat antara lain:

  1. 779 titik Phase Detection AF System

Lumix S5 II menjadi kamera pertama yang menggunakan sistem AF Phase Detect, sebelumnya, semua kamera Lumix menggunakan sistem AF contrast detect ala Lumix yang dinamakan DFD (Depth of deFocus). Di S5 II, teknologi DFD akan bekerjasama dengan PD AF system untuk menghasilkan kinerja AF yang cepat, akurat dan mulus saat tracking subjek yang bergerak untuk foto dan video.

2. Open Gate 6K 3:2 recording dengan aspek rasio 3:2

Memudahkan content creator untuk melakukan reframing ke landscape (16:9) atau vertical (1:2)

3. Peningkatan di jendela bidik dan Built-in FAN

Secara fisik S5 II mirip dengan S5, hanya di S5 II ini jendela bidiknya lebih besar karena resolusinya meningkat menjadi 3.68 juta titik dan uniknya di dalam jendela bidik ada fan untuk mengendalikan panas di dalam kamera. Dengan fan ini, creator bisa merekam tanpa batas waktu.

4. Active I.S. (Image Stabilization)

Mode baru yang mengkombinasikan mechanic dan electronic ini akan menstabilkan footage video saat kameranya bergerak tanpa menggunakan gimbal.

5. Real Time LUT

Fotografer dan videografer dapat memasukkan LUT yang mereka suka ke custom setting, dan kamera akan melakukan post-processing/grading secara langsung.

6. Continuous shooting speed dan buffer

Kinerja kamera juga dipercepat dari 5 foto per detik di S5, kini mencapai 30 foto per detik secara electronic, 9 foto perdetik secara mechanic, dan 7 foto di mode AF-C (untuk subjek bergerak).

Tersedia varian S5 II yaitu Lumix S5 II X. Dari hardwarenya, S5 II tidak berbeda dengan S5, hanya warna merk dan huruf di body menjadi hitam dan abu-abu. Dari segi softwarenya, S5 II dapat merekam video PRO RES RAW langsung ke external SSD, tapi dengan harga USD300 lebih mahal (sekitar Rp 4.68 juta).

Opini Enche Tjin

Dengan perbedaan USD500, cukup banyak peningkatan yang ditawarkan S5 II sehingga terasa lebih seperti Lumix S6 daripada pembaharuan dari S5. Sepertinya Lumix S5 yang kini harganya Rp23 juta body only akan tetap diproduksi dan di jual bersama Lumix S5 II.

Dibandingkan merk kamera lain di harga yang sama S5 II sepertinya menawarkan “value” yang lebih, terutama bagi teman-teman yang suka dan ingin membuat konten video / cinema dengan kualitas yang profesional.

Beberapa concern tentang pilihan lensa saya rasa tidak beralasan karena lensa L-mount sudah banyak tersedia baik dari Lumix maupun dari Sigma L dan Leica L. Adapter Sigma MC21 untuk lensa-lensa DSLR seperti lensa Canon EF dapat digunakan di kamera ini dan autofokusnya tetap jalan meskipun kinerjanya tidak sebaik lensa-lensa native dari Lumix.

Saya menyambut baik upgrade dari S5 ini terutama peningkatan di sistem AF dan Image stabilizationnya. Saat menulis artikel preview ini, kami belum bisa mencoba kamera ini. Nantikan review dan test lengkapnya di infofotografi blog dan YouTube infofotografi.

Spesifikasi utama Panasonic Lumix S5 II

  • 24.2MP Full-Frame CMOS Sensor
  • 6K30p 4:2:0 10-Bit Video Recording
  • 4K30p 4:2:2 10-Bit Full Frame 16:9
  • C4K/4K60p 4:2:2 10-Bit Unlimited (Super 35mm crop)
  • 3.68m-Dot 0.78x-Magnification OLED LVF
  • 3.0″ 1.84m-Dot Tilt/Free-Angle Touch-LCD
  • 779-Point Phase-Detection AF System
  • 5-Axis Sensor-Shift Image Stabilization
  • ISO 100-51200, up to 30 fps Shooting
  • Dual UHS-II SD Slots; Wi-Fi & Bluetooth
  • Weather-Sealed Construction

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment