≡ Menu

Canon EOS R8 resmi dijual di Indonesia

Hari ini PT Datascrip bertempat di Black Owl Kelapa Gading Jakarta, secara resmi menjual produk kamera full frame baru yaitu Canon EOS R8, sebuah kamera 24 MP yang menawarkan fitur fotografi dan videografi lengkap dengan ukuran yang ringkas.

Professional Videographer berfoto bersama saat acara peluncuran Canon EOS R8 di Jakarta (8/5). Kamera full-frame paling ringan dalam sistem EOS seri R Canon ini dibekali dengan fitur dan teknologi terkini seperti teknologi Dual Pixel AF II yang cepat dan presisi, serta kecepatan continuous shooting hingga 40 fps.


“Kamera dengan ukuran sensor yang besar terkadang membuat bodi kamera menjadi tidak ringkas. Namun dengan EOS R8, para profesional dapat memanfaatkan kualitas full-frame dengan perangkat kamera yang ringkas dan ringan, memberikan keleluasaan untuk pengambilan gambar saat menjelajah kota hingga merekam aktivitas sehari-hari,” ujar Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Dalam aspek fotografi, sensor 24 MP full frame di EOS R8 diyakini mumpuni untuk kebutuhan hobi hingga kerja seperti pekerja wedding, dengan dukungan fitur Dual Pixel AF khas Canon, dan khusus pada EOS R8, sistem AF-nya juga sudah dibekali dengan EOS iTR AF X, teknologi cerdas yang dapat mendeteksi dan melacak wajah, mata, dan tubuh pada orang dan hewan (anjing, kucing, dan burung), serta kendaraan (mobil dan sepeda motor). Termasuk mengidentifikasi subjek lain dan “mengunci” subjek menggunakan karakteristik, seperti bentuk, warna, dan kecerahan.

Kamera berbobot 461 gram ini juga sudah dilengkapi dengan Multi-Function Shoe, LCD layar sentuh vari-angle berukuran 3,0 inci dan memiliki 1,62 juta titik. EOS R8 dilengkapi dengan konektivitas yang beragam, seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data, kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect.

Dukungan prosesor Digic X yang kencang membuat EOS R8 mampu menangani data besar seperti continuous shooting dengan shutter elektronik hingga 40 foto per detik, atau merekam video 4K 60p tanpa crop hingga 30 menit tanpa kuatir dengan overheat. Bahkan dalam pilihan videonya, ada juga opsi 10 bit 4:2:2 dan Canon Log 3 untuk fleksibilitas post processing dan grading yang profesional.

  • Focus Breathing Correction: Fitur ini berfungsi untuk mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus. Hal ini memberikan kontrol yang lebih besar terhadap transisi fokus yang sangat penting untuk ekspresi subjek.
  • False Colours and Zebras: Fitur ini berfungsi untuk memudahkan pengaturan tingkat kecerahan tertentu, termasuk pencahayaan dalam kondisi yang sulit.
  • Aspect Marker Display: Fitur ini berfungsi untuk pembingkaian rasio video sesuai dengan kebutuhan, seperti dimensi ratio untuk kebutuhan di media sosial (1:1), (16:9), dan sebagainya.
  • UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class): Fitur ini berfungsi untuk transmisi langsung audio dan video Full HD (plug-and-play) ke PC hanya dengan koneksi USB; ideal untuk live streaming.

Sebagai lensa kit baru, diperkenalkan juga lensa RF 24-50mm f/4.5-6.3 IS STM yang ringan (210 gram) dan pendek. IS di lensa ini bisa mencapai 4,5 stop efektif dan bila dipaketkan dengan EOS R8 harganya Rp. 35.799.000,- (harga lensa ini sendiri adalah Rp. 5.499.000, sedangkan harga R8 body only Rp. 31.299.000). Namun bila membeli di periode promo sampai akhir Mei 2023, harga kamera R8 body only Rp. 25.999.000 dan kit RF 24-50mm Rp. 29.999.000). Datascrip memberi bonus baterai LP-E17 untuk setiap pembelian EOS R8.

Tampak pada gambar (kiri-kanan): Aldo Sinarta – Professional Photographer, Danni Nahason – Assistant Marketing Manager Canon Business Unit PT Datascrip, Monica Aryasetiawan – Canon Business Unit Director PT Datascrip, Syailendra Kamdani – Head Of Marketing Canon Business Unit PT Datascrip dan Jibril Fitra Erlangga

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment