≡ Menu

Nikon Zf – Kamera FF 24MP membangkitkan kenangan masa lalu

Tgl 20 September 2023 ini, Nikon Zf mengeluarkan kamera baru FF 24MP dengan Processor EXPEED 7. Kamera ini bergaya retro seperti kamera film dengan berbagai kecanggihan sistem kamera mirrorless kekinian. Pembahasan dan kesan saya terhadap Zf bisa ditonton di live show YouTube infofotografi sebelum Nikon Zf di luncurkan.

Contoh foto bisa dilihat di situs resmi Nikon.

Opini tentang Nikon Zf

Nikon Zf mungkin adalah kamera yang ditunggu-tunggu bagi pencinta fotografi dengan desain kamera film zaman dulu. Sebelumnya Nikon pernah membuat kamera berdesain retro di zaman DSLR yaitu Nikon Df dan di era mirrorless, ada Nikon Zfc (APS-C).

Kamera Zf ini memiliki sensor full frame dan dapat mengunakan lensa Autofokus Nikon Z atau lensa Nikon F (SLR) dengan menggunakan adapter FTZ (F to Z).

Meskipun Nikon desainnya sangat photo-centric, tapi dengan processor baru mampu merekam video berkualitas tinggi yaitu 4K 60p dan layar vari-angle memudahkan creator untuk merekam dari berbagai sudut, termasuk selfie/vlogging.

Beberapa hal yang sangat positif yaitu sistem autofokus Zf diturunkan dari Z8 yang handal dalam deteksi subjek dan juga 3D Tracking, membuat kamera ini cukup baik untuk foto subjek bergerak yang sangat cepat seperti olahraga atau satwa liar.

Opsi grip/pegangan tambahan (tanpa baterai) cocok bagi yang bertangan besar dan saat memasang lensa panjang ke kamera Zf ini.

Uniknya, kamera ini adalah yang pertama menggunakan desain layar vari-angle. Bahkan kamera Nikon Z8 yang bisa merekam 8K tidak memiliki layar vari angle.

Nikon Zf merupakan kamera mirrorless Z full frame pertama yang menggunakan desain vari-angle
Ada mode shutter priority di mode Video

Spesifikasi utama Nikon Zf

  • 24MP Full Frame sensor
  • 299 Area Autofocus
  • Vari-Angle LCD screen
  • Video 4K 60p, FHD 120p
  • 14 fps dan up to 30fps continious shooting
  • Pre-Burst capture
  • 8 stop Built-in Stabilization
  • 2 SD UHS II memory card slot
  • Optional Grip tersedia

Harga Nikon Zf global US$1996.95 atau sekitar Rp29-31juta body-only.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Komar September 21, 2023, 9:29 pm

    Malam Ko Enche…. terima kasih artikelnya… jujurnya ni kamera emang cantik bgt….. btw 2 Slot SD UHS II… keduanya atau satu aja ya Ko? Mohon maaf…

Leave a Comment