≡ Menu

Sony A9 III – Kamera full frame dengan global shutter 120fps

Tanggal 7 November 2023, Sony mengumumkan kamera mirrorless full frame dengan global shutter pertama di dunia. Kamera ini meskipun “hanya” memiliki resolusi 24.6MP, namun berkecepatan sangat tinggi, mencapai 120fps dengan autofokus, metering dan tanpa black-out. Karena menggunakan global shutter tidak ada rolling shutter dan flickr saat memotret, dan shutter speed dan flash sync maksimum mencapai 1/80.000 detik.

Sony A9 III dirancang sebagai kamera hybrid dengan fitur video yang mencapai 4K 120p 10-bit 4:2:2 All Intra. Seperti kamera Sony pada umumnya, A9 III dapat merekam dalam S-Log3 maupun S-Cinetone. Saat merekam dengan Log Gamma, ISO meningkat 3 stop menjadi ISO 2000 dari base ISO kamera ini yang relatif tinggi yaitu ISO 250. Menurut laporan dari dpreview, kualitas gambar Sony A9III lebih noise daripada kamera full frame lainnya. Kurang lebih setara dengan kamera APS-C sebagai komprominya.

Kamera ini tentunya akan menjadi salah satu kamera favorit untuk jurnalis foto terutama olahraga dan satwa. Kamera ini juga akan sangat bemanfaat untuk fotografer event, wedding dan portrait karena kinerjanya dan keleluasannya menggunakan flash di berbagai kondisi cahaya tanpa harus mengandalkan flash yang memiliki high sync speed (HSS).

Beberapa teknologi terbaru Sony yang hadir pertama kali di Sony A7R V seperti AI real time AF tracking dan layar LCD 4 Axis juga ada di A9 III, dan grip A9 juga dirancang ulang lebih besar sehingga lebih nyaman dipegang dalam jangka waktu lama.

Vertical/battery grip VG-C5EM yang baru khusus untuk A9 III akan tersedia. Dengan vertical grip ini handling untuk portrait menjadi lebih nyaman dan penggunaan daya baterai akan lebih efisien sekitar 15%.

Grip/pegangan Sony A9 III terlihat lebih besar dan ergonomis.
Kinerja steadyshot A9 III ditingkatkan menjadi 8 stop dengan lensa yang compatible

Harga kamera Sony A9III ini yaitu USD5998 atau sekitar Rp 94 juta. Ketersediaan kamera awal tahun 2024.

Bersama Sony A9 III, Sony juga mengumumkan lensa Sony 300mm f/2.8 teringan yaitu hanya 1.7kg. Lensa ini akan dijual dengan harga yang sama dengan kameranya.

Pembahasan melalui YouTube infofotografi bisa disimak di link ini.

Spesifikasi utama Sony A9 III

  • 4.6MP Full-Frame Global Shutter Sensor
  • Up to 120 fps Cont. Shooting with AF/AE
  • Pre-Capture Function; Speed Boost Button
  • Flash Sync at up to 1/80,000 Sec.
  • 4K 120p 10-bit Video; S-Log3 & S-Cinetone
  • 759-Point Phase-Detect AF with Tracking
  • 8-Stop 5-Axis In-Body Image Stabilization
  • 9.44m-Dot EVF with 240 fps Refresh Rate
  • 3.2″ 2.1m-Dot 4-Axis Touchscreen LCD
  • Dual CFexpress Type A/SD Card Slots

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment