≡ Menu

OM-1 mark II – Kejutan awal 2024

OM Digital Solution (sebelumnya Olympus) merilis kamera baru OM System OM1 mark II. Kamera ini meneruskan Olympus OM1 (rilis 15 Feb 2022).

Secara fisik, kamera OM-1 mark II mirip dengan Olympus OM1. Hanya ada beberapa perbedaan seperti logo Olympus digantikan dengan OM System, dan bagian kanan bawah ada tanda II. Command dial dibuat lebih lembut dengan finishing karet sehingga lebih nyaman digunakan terutama saat menggunakan sarung tangan.

Secara spesifikasi ada beberapa peningkatan penting diantaranya:

  1. Buffer meningkat 2x lipat dari 92 menjadi 213 foto RAW saat foto 120fps
  2. AI Autofocus mengenali Manusia (badan, kepala, wajah, mata)
  3. Peningkatan stabilizer 8.5 stop CIPA rated
  4. Peningkatan 1 stop Live ND menjadi ND128 = 7 stop
  5. Live GND (Graduated Neutral Density)
  6. High Res shot 80MP mendukung 14 bit RAW
  7. Black out free shooting di slow fps (dahulu hanya di fast fps)

Harga USD 2397.99 atau sekitar Rp 37juta.

Opini Enche Tjin

Kehadiran OM1 mk II pengganti kamera flagship Olympus OM1 mengejutkan dan banyak menuai kontroversi karena di kalangan penggemar kamera Olympus dan sistem micro four thirds karena sekilas peningkatannya dirasakan kurang signifikan. Hal ini disebabkan karena OM1 II ini menggunakan image sensor m43 20MP stacked sensor yang sama.

Menurut saya, kamera ini merupakan kamera transisional, biasanya, kamera flagship berjarak kurang lebih empat tahun, tapi dalam dua tahun, OM Digital Solution sudah merilis penggantinya. Besar dugaan bahwa perjanjian kontrak antara OM Digital Solution dan Olympus sudah berakhir, maka kamera-kamera dan lensa-lensa yang boleh dipasarkan tidak boleh lagi membawa nama Olympus lagi.

Kabar baiknya pembaharuan OM1-II bukan hanya perubahan logo saja, tapi juga beberapa peningkatan software dan RAM (memory, buffer) sehingga menggunakan kamera ini semakin mantap. Sayangnya peningkatan-peningkatan ini membuat harga OM1-II US$200 lebih tinggi dari Olympus OM1.

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat mereview Olympus OM1, kamera M43 yang terbaik yang pernah ada untuk fotografi. Jika berkesempatan, saya akan review OM1 II ini, terutama untuk menguji kualitas gambarnya, Live ND/GND dan autofokus human detection-nya untuk foto dan video.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment