≑ Menu

Keunggulan dan kelemahan sistem kamera DSLR : Canon, Nikon, Sony, Pentax dan Olympus

Banyak yang menanyakan apa keunggulan dan kelemahan suatu sistem kamera DSLR. Pada umumnya, semua kamera DSLR hampir sama: memiliki sensor berukuran besar lebih besar dari kamera saku/ponsel, memiliki fungsi manual dan otomatis. Yang membedakan biasanya adalah desain, fitur dan koleksi lensa dan aksesorisnya.

Sulit mengatakan sistem mana yang terbaik karena masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Selain itu juga tiap model berbeda-beda dan punya keunggulan-kelemahan sendiri pula.

Menurut pengamatan saya selama dua tiga terakhir ini, saya akan ulas secara singkat beberapa keunikan sistem kamera DSLR yang populer.

canon-1000d

Canon 1000D, salah satu kamera pemula termurah saat ini

Canon: Salah satu sistem kamera DSLR kamera yang paling populer di dunia. Canon memiliki koleksi lensa yang lengkap dari yang berkualitas rendah sampai tinggi. Kamera-kameranya juga lengkap dari untuk pemula sampai yang sangat canggih untuk profesional kelas atas.

Saya menyukai kamera-kamera pemula merek Canon dibandingkan dengan merek lainnya karena kamera pemula Canon seperti 1100D, 600D dan 650D saya pikir mudah digunakan, antar muka dan menunya juga sangat rapi dan terorganisasi dengan baik. Kekurangan kamera pemula Canon yaitu bahannya agak murahan dan tidak begitu enak gengamannya.

Satu-dua tahun terakhir ini, Canon lebih fokus dalam pengembangan kamera DSLR yang bisa merekam video clip. Sampai saat ini, hampir semua kamera DSLR Canon melampaui pesaingnya dalam urusan merekam video. Link pembelian kamera Canon : Bukalapak | Lazada

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon D3S, kamera canggih idaman fotografer, terutama yang untuk event atau photojournalistik

Nikon: Sama seperti Canon, sistem Nikon bisa dibilang cukup komplit. Banyak lensa Nikon yang berkualitas tinggi dan lebih mahal dari Canon. Saya menyukai kamera Nikon terutama yang canggih (D700, D3s) karena auto fokusnya bekerja sangat baik, mungkin yang terbaik dibandingkan merek lain. Pengendalian noise di ISO tinggi juga sekelas diatas merek lain, sehingga cocok digunakan untuk foto di kondisi ruangan yang gelap.

Tidak seperti Canon, saya tidak begitu menyukai kamera pemula Nikon (D40, D60, D3000, D3100) karena antar mukanya saya pikir kurang baik. Contohnya menu yang susunannya kurang rapi dan juga tombol-tombol yang tersedia kurang untuk mengakses settingan yang sering dipakai. Selain itu, kamera pemula Nikon tidak memiliki motor auto fokus sehingga untuk beberapa lensa lama, tidak bisa mengunakan auto fokus (hanya manual). Bukalapak | Lazada

Sony: Sony adalah pendatang yang relatif baru, tapi teknologinya mengunakan teknologi Konica Minolta yang di akuisisi Sony beberapa tahun yang lalu. Sony cukup agresif dan banyak mengeluarkan model-model baru setiap tahunnya, tapi model-model kamera tersebut mirip-mirip. Sony juga memiliki deretan model kamera dari yang untuk pemula sampai untuk yang profesional, meski yang untuk profesional tidak secanggih dan sebanyak Canon & Nikon.

sony-nex-5

Sony NEX-5, kamera mirip SLR yang dikembangkan Sony satu tahun terakhir ini

Ada beberapa keunikan di kamera-kamera Sony dibanding Canon dan Nikon. Misalnya kamera-kameranya ada fitur built-in steady shot yang membantu mencegah foto blur karena getaran tangan kita (kalau Canon & Nikon fitur ini terletak di lensa). Lalu banyak kamera Sony juga memiliki dua sensor auto fokus sehingga auto fokus saat mode live view (seperti kamera saku) jauh lebih cepat daripada kamera merek lain. Selain itu, banyak model kamera Sony yang memiliki layar LCD yang bisa di putar sehingga memudahkan komposisi foto diatas kepala atau dibawah kaki.

Dalam perkembangannya, kamera pemula Sony tidak begitu berubah dalam fiturnya, paling hanya desain yang sedikit berubah. Untuk pilihan kamera canggihnya, Sony tidak menawarkan banyak, A700 dan A900 sudah cukup lama belum di perbaharui.

Di pihak lain, Sony gencar dalam memproduksi kamera-kamera mirip DSLR seperti Sony A55, A33, dan Sony NEX-5, NEX-3 dst.Β  Bukalapak | Lazada

Pentax: Pentax bisa dibilang pemain kecil di kancah kamera DSLR, tapi desain kamera Pentax sebenarnya cukup baik. Fokus Pentax dalam beberapa tahun terakhir adalah tampil beda (Be Different). Kamera DSLR Pentax seperti km, kx kecil tapi kokoh dengan fitur yang cukup bersaing. Keunikan kamera ini adalah memakai batere AAA universal, sehingga kalau kehabisan batere, bisa langsung membeli di toko terdekat. Pentax k-x juga tersedia dalam berbagai warna seperti putih dan merah.

Warna warni Pentax k-x hanya tersedia di Jepang

Warna warni Pentax k-x. Sebagian besar hanya tersedia di Jepang

Lalu Pentax juga memiliki K5, yaitu kamera SLR canggih yang berukuran tidak begitu besar, tapi tahan di cuaca yang buruk, termasuk di kondisi sangat dingin. Secara sistem, koleksi lensa Pentax tidak sebanyak the big three (Canon, Nikon, Sony) tapi Pentax memiliki lensa – lensa prime/fixed yang sangat kecil dan berkualitas tinggi seperti Pentax 70mm f/2.4, 31mm f/1.4 dan sebagainya. Seperti Sony, semua model kamera Pentax juga terdapat built-in peredam getar. Bukalapak

Olympus: Keunikan sistem DSLR Olympus terletak pada ukuran kamera dan lensa yang relatif lebih kecil dan kurus. Hal ini karena Olympus memakai sensor 4:3 (four thirds), yang lebih kecil dari DSLR yang ada diatas. Akibatnya kualitas foto maksimal dari sensor 4:3 ini agak kurang terutama di ISO tinggi. Namun demikian, kualitas foto Olympus jauh lebih baik dari kamera saku. Meski kecil, kamera Olympus kecuali model E-420, juga terdapat fitur built-in peredam getar.

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Olympus E-620 termasuk salah satu kamera DSLR termungil

Tahun lalu adalah tahun yang kurang menggembirakan dalam perkembangan sistem DSLR Olympus. Di tahun itu, Olympus mengumumkan akan mengkonsentrasikan diri ke pengembangan micro four thirds (kamera mirip DSLR yang berukuran lebih kecil) dan menghentikan pembaharuan lensa untuk DSLR.

Demikianlah sekilas pandang sistem kamera yang ada di pasaran saat ini, semoga bisa jelas dan membantu. Bukalapak

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 895 comments… add one }
  • yudi September 6, 2012, 5:57 am

    bang mending pilih nikon p300 apa nikon p310????
    beserta alasannya yaa….
    mau pilih p310 tapi di p300 dibidang eksposur, baterai, pengmbilan gambar terus menerus, rekaman film kecepatan tinggi dia sepertinya lebih baik dari p310 (boleh melihat dari salah 1 halaman web)
    sedangkan p310 unggul di 3d nya saja
    tolong rekomennya yaa bang???
    atau ada saran lain yang lebih bagus tapi yang sekelas dengan k’2 kamera ini

    • Enche September 6, 2012, 10:17 am

      Ada beberapa hal kecil seperti kita bisa ubah kekuatan noise reduction. ISOnya mulai dari 100. Kalau P300 dari 160. Resolusinya beda 4 MP. Sisanya gak terlalu jauh beda. Saran saya sih P310 kalau mau ambil. Karena kalau P300 masih adapun harganya bedanya dikit.

  • ibnu September 4, 2012, 11:22 am

    gan, jujur saya belum punya DSLR ini baru nabung buat beli. sarannya yang cocok sama pemula seperti saya yang mana ya ?
    yang speknya udah patut di pake tp budgetnya juga gk mahal

    • Enche September 6, 2012, 10:30 am

      @ibnu Canon 550D tergolong cukup fiturnya dan tidak terlalu mahal.

  • fiqih September 3, 2012, 6:40 am

    permisi saya mau tanya πŸ™‚
    denger” dslr jika udah beberapa ribu jepret dslrnya mati sendiri.
    apakah betul begitu?
    terima kasih

    • Enche September 3, 2012, 12:25 pm

      @fiqih Yang namanya alat elektronik-mekanik suatu saat akan mati sendiri karena macet, atau komponennya rusak. Tapi biasanya puluhan-ratusan ribu, bukan beberapa ribu.

  • kurayaw September 3, 2012, 6:08 am

    pngen bli tp mhal2.. hehehe

  • wefri August 28, 2012, 9:26 pm

    Bang gw pake sony bgus gk sih kok kbanyakan canon sma nikon

    • Enche August 29, 2012, 10:44 am

      @wefri masing2 ada keunggulan kelemahannya πŸ™‚

  • Frisca August 28, 2012, 6:59 am

    Saya mw tanya lbh bagus nikon atau canon yaa..??

  • Frisca August 28, 2012, 6:53 am

    Saya mw tnya bagus nikon atau canon ya.?
    thq

    • Enche August 29, 2012, 10:46 am

      @Frisca tergantung model kameranya

  • Sabar August 27, 2012, 8:07 am

    Mas…mau tanya…harga kamera D3000 sekarang itu pasaran berapa ya ???? makasih sebelumnya…

    • Enche August 27, 2012, 9:41 am

      @Sabar Kurang tau ya, langsung ke toko terdekat bagaimana? πŸ™‚

  • yudi August 26, 2012, 3:47 am

    tolong rekomendasinya buat kamera compact dengan budget 3.5 jt dong

    terimakasih

    • Enche August 26, 2012, 6:00 am

      @yudi yang penting buat Yudi apa? misalnya apakah zoom yang panjang penting? apakah ukuran penting? atau bukaan lensa besar penting? Banyakan untuk foto apa? jalan-jalan? indoor? outdoor?

  • jeane August 25, 2012, 5:47 am

    kak aku mau tanya, aku pemula yang mau beli slr tapi karena bngng jadi mau tanya. budgetku 6-7jt aja, aku mau tanya lebih baik mana canon 550D atau nikon D5100. karena aku lebih tertarik dengan nikon, tapi temanku merekomendasikan canon 550D, akhirnya aku jd bimbang. dan tolong kasih tau aku untuk kelemahan dimasing2 kamera ya kak. tolong dijawab ya ka ( ^_^)

    Terimakasih…

    • Enche August 26, 2012, 6:09 am

      Dari kualitas fotonya, Nikon D5100 lebih baik, juga ada layar LCD lipat. Kelebihan Canon 550D terletak di susunan tombol dan menunya lebih mudah dipelajari dan digunakan.

  • mitha August 23, 2012, 10:39 am

    Salam kenal bang…sy awam skali dgn DSLR , walaupun byk baca tentang nikon vs canon…tetap sy bingung untuk memilihnya, sy seorang pemula tp sy ingin menjurus menjadi yg prof…kalau sudah pilih satu sy ingin untuk selamanya, kamera tsb sy pakai utk hobby memotret ank2 dn wedding….sy ingin kamera yg nyaman d tangan kokoh dan tentunya bagus hasilnya,bila abang ada d posisi sy mana yg abang pilih dn tentukan tipenya ya bang,,,thx u

    • Enche August 23, 2012, 11:47 am

      @mitha semuanya tergantung dana yang saya punya berapa πŸ™‚

  • wahyu August 22, 2012, 9:19 pm

    mau nanya kelebihan dan kekurangan olympus e300 apa kak?
    Jadul banget ya..hehe

    • Enche August 22, 2012, 10:55 pm

      @wahyu Setuju, kelebihan dan kekurangannya adalah jadulnya hehe

  • Drw August 15, 2012, 12:12 pm

    Sejujurnya model macam PENTAX-pun tergolong laku di pasaran luar negeri,lihat bbrp film luar,kebanyakan mereka menggunakan Pentax,apalagi Pentax K-73 keluaran terbaru,kamera tipe hardcore yg tahan terhadap segala jenis cuaca,cocok utk penggila outbound,atau petualang,tulisan ini bukan promo,tapi pernah coba punya teman yg seri sebelumnya di alam terbuka,bener2 tahan banting

  • rusli August 14, 2012, 3:32 am

    antara kamera mirorless dan DSLR tingkat menengah mana yang kaka pilih dan mengapa????

  • emant August 13, 2012, 2:17 pm

    Ka saya mau nanya..perbedaan kelebihan n kekurangan dri 550D vs 60D.. Klo genggaman kamera kenyaman nya 60D memang bgus tapi kok pixel dri 60D cman 18 MP aja sedangkan 550D pixelnya itu 18.7 mp… Cba dong ksh tau apa perbedaan lainya yang ada di 550D vs 60D… Makasihh..

  • rivai August 11, 2012, 7:01 pm

    mantaph nie reviewnya.

    jadi bingung pilih apa nie..

  • wira August 11, 2012, 3:47 am

    kalau canon 550D dipasang lensa EF S 55-250mm f4-5.6 IS II gimana bang?

  • rusli August 10, 2012, 11:06 pm

    ka saya liat kamera mirorless sudah diluncurkan oleh nikon dan canon
    apakah ini berarti kamera DSLR itu akan tamat dan ketinggalan jaman???
    soalnya kamera mirorless itu spesifikasinya lebih baik dari DSLR
    bentuknya pun lebih kecil dan ringan jadi mudah dibawa kemana mana

    hmm jadi ragu beli DSLR takut ketinggalan jaman
    gimana pendapat dan saran kaka?

  • tedjo sukmono August 10, 2012, 5:57 pm

    ass, kak numpang nanya saya lagi penelitian ikan air tawar, kamera pemula yang cocok untuk motret ikan biar detail sisik dan gurat sisinya nampak merk apa ya, saya bimbang antara Canon EOS 1100D kit, atau Nikon DSLR D3100, karena harganya hampir sama, terima kasih

    • Enche August 10, 2012, 10:55 pm

      @tedjo dua-duanya gak masalah sih. Kalau boleh saya rekomen D3100

  • Enche August 9, 2012, 1:15 am

    yang pasti lebih kokoh jauh lah daripada hp. Saya gak pernah dengar keluhan dari org yang punya 60D tentang rusaknya lcd putar.

  • rusli August 9, 2012, 1:13 am

    wow belum punya budget segitu ka
    hehehe
    oia 60D itu kan punya layar putar, pasti pakai kabel fleksibel kan?
    nah kabel fleksibelnya itu kuat ga si ka????
    soalnya handphone aja kebanyakan yang menggunakan kabel fleksibel (kamera putar, layar geser, dll) itu kabel fleksibelnya itu gampang rusak
    dan kalau rusak bisa dservis ga si n budgetnya servisnya sekitar berapa?

  • Enche August 9, 2012, 12:30 am

    @wira bisa dipasang, tapi saya gak rekomen lensa tsb, kualitasnya kurang.
    @rusli yang paling mantap sekarang 5d mark III πŸ™‚

  • rusli August 8, 2012, 11:48 pm

    owh memangnya kamera apa yang cocok buat foto weding dan touring ka?
    sekedar mau tau aja

  • wira August 8, 2012, 11:38 pm

    bang, mau tanya lagi, apa canon 550D cocok dipasang lensa EF 75-300mm f4-5.6 USM III?

  • Enche August 8, 2012, 10:39 am

    Cocok saja, tapi bukan kamera terbaik untuk bidang itu ya. Yang sekelas dengan 60D saat ini gak ada, tapi yang paling dekat Nikon D7000.

  • rusli August 8, 2012, 10:33 am

    owh kalau saya pakai 60D sebagai foto weding dan touring cocok ga ka?
    atau da sran lain tapi yang sekelas dengan 60D

    makasih ya ka sudah jawab semua pertanyaan qu
    info dari kaka sangat membantu saya πŸ˜€

  • rusli August 8, 2012, 10:17 am

    owh gitu yaa ka
    mw nanya 1 lagi deh ka
    lensa yang bagus buat 60D apa ka?
    dan 60D cocok kan kalau saya pakai untuk foto weding dan touring
    oia biasanya kamera seperti 60D ini awet ga si ka?
    bisa sampai berapa lama kalau dengan pemakaian standard

    makasih

  • rusli August 8, 2012, 9:09 am

    ka tadi saya liat canon punya produk baru yaitu 650D
    bagaimana menurut kaka dibandingkan dengan 60D dan nikon d90
    pilih mana beserta alasannya, kekurangan dan kelebihnnya masing masing ya ka
    saya dapat info kalau d90 itu iso nya bagus jadi bagus untuk pengambilan gambar ditempat yang gelap, gimana menurut kaka kalau dibandingkan iso punya canon 650D dan 60D

    makasih

    • Enche August 8, 2012, 9:17 am

      Sebagai alat fotografi Canon 60D lebih baik dari 650D. Soal ISO sepengamatan saya kurang lebih sama kualitasnya. Kelebihan 60D itu layarnya bisa dilipat, autofokusnya lebih cepat. Kelebihan D90.. hmm kayaknya ga ada kalau dibanding Canon 60D.

  • Enche August 8, 2012, 4:13 am

    @rusli kelebihan dan kekurangan Canon 60D dibanding kamera apa tuh?
    Lensa Canon EOS ada dua versi, ada EF dan EF-S masing2 cocok dengan kamera berbeda.

    Lensa EF bisa digunakan untuk semua kamera Canon EOS,
    Lensa EF-S hanya untuk kamera Canon EOS bersensor APS-C (dari pemula seperti Canon 1100D sampai Canon 7D)

  • rusli August 8, 2012, 3:47 am

    owh jadi dari segi autofokus, kcepatan jepretan foto, dan fasilitas lainnya diantara canon 550D, 600D, 60D dan nikon d90 itu yang paling bagus 60D yaa??
    kalau kekurangan dan kelebihan 60D itu apa ka?
    oia semua lensa canon itu sudah pasti cocok sama semua kamera canon pa ga?
    makasih yaa ka infonya

  • rusli August 8, 2012, 3:24 am

    mw tanya lagi ni ka
    canon eos 600D dan 60D itu perbedaannya cuma LCD 60D bisa diputar doang yaa?
    kalau canon 550D, 600D, 60D dan nikon d90 itu mending yang mana ka qualitasnya?
    makasih

    • Enche August 8, 2012, 3:31 am

      Canon 600D dan 60D sama sama punya LCD putar. Bedanya itu di bentuk fisik, tombol2, autofokus dan kecepatan (Canon 60D lebih lengkap dan lebih baik).
      Dari kesemua yang ditunjukkan, yang paling bagus adalah Canon 60D.

  • wira August 8, 2012, 2:27 am

    bang mau tanya, bagusan nikon D5100 atau canon 60D?

    • Enche August 8, 2012, 3:31 am

      @wira Canon 60D

  • rusli August 7, 2012, 10:35 am

    ka mw tnya saya punya duit 10jt sebaiknya saya beli kamera DSLR nikon apa canon???
    type apa dan mengapa???
    mohon penjelasannya

    • Enche August 7, 2012, 10:59 am

      @rusli pertanyaannya cukup subjektif, artinya kalau nanya 10 orang, rusli akan terima 10 jawaban yang berbeda. Saya akan rekomendasikan Nikon D90 dengan lensa 18-105mm VR. Sisa uang bisa buat beli lensa 50mm f/1.8D, memory card dan aksesoris lain. Alasannya kurang lebih gini, saya cari kombinasi kamera dan lensa terbaik yang tidak melebihi budget 10 juta. πŸ™‚

  • Mel August 5, 2012, 4:52 am

    kak, kalau mnrt kakak, yg plg bagus hasilnya dan mudah dioperasikan yg merk dan tipe mana yah? tujuannya untuk capture pemandangan gt kak
    thank you yah

    • Enche August 6, 2012, 7:26 am

      @Mel budgetnya?

  • Dakochan July 28, 2012, 5:56 am

    saya mau bertanya sedikit seputaran nikon vs canon..
    tentang nikon D7000 vs canon 7D..
    apa sih kelebihan dan kekurangan dari 2 kamera DSLR tersebut yang berada di kelas semi-pro ..
    dan yang mana yang lebih bagus..
    karena saya sih lebih tertarik terhadap produk nikon..

    • Enche July 28, 2012, 12:12 pm

      Yang Canon 7D lebih bagus, unggul di ketahanan bodi, tombol akses foto, kecepatan foto berturut-turut dan sistem autofokus.

  • rusmana July 27, 2012, 11:26 am

    mas canon eos 300 bisa pake vidio ga ?

    • Enche July 28, 2012, 12:11 pm

      @rusmana 300D belum bisa rekam video

  • rusmana July 27, 2012, 11:23 am

    mas saya pake camera canon eos 300,, bisa dipake vidio ga ya ?
    mohon penjelasan,,,,

  • Hansen July 24, 2012, 9:57 pm

    kak, mau tanya donk, bagusan canon atau nikon? pengen DSLR nih πŸ˜€

  • anggi July 24, 2012, 2:01 am

    jadi kalo buat pemula enaknya canon aja ya kak?

    • Enche July 28, 2012, 12:11 pm

      @anggi iya benar
      @Hansen tergantung modelnya

  • pabotorro July 20, 2012, 6:21 am

    misi mas ane maw nanya untuk kamera 8-10 jutaan baguzan yg mana ?? ane sih lirik pentax k-30,.. tp katanya lensanya ga ada yg baguz ya?
    thx

    • Enche July 24, 2012, 12:12 am

      @pabo bukan gak ada lensa yang bagus buat kamera Pentax, cuma sulit ditemukan terutama di Indonesia

  • Hajar July 17, 2012, 2:21 am

    mau tanya soal kamera pocket
    sekarang yang paling gampang (tanpa menyeting) digunakan tapi hasil maksimal apa ya?
    trims

    • Enche July 17, 2012, 9:37 pm

      @hajar canon s100, nikon p300 cukup bagus hasil outputnya

  • lisa octari harahap July 13, 2012, 12:31 am

    pentax bagus…

  • ardicho devilghost July 12, 2012, 10:29 am

    kak mau tnya lgi..
    canon 450d keluaran tahun brpa ya..?
    dan camera 450d, 550d, dan 600d camera yg mana cocok untuk saya n n bagus buat foto

    jawaba ya kak.. πŸ™‚

  • ardicho devilghost July 11, 2012, 4:33 pm

    ohh ya kak mau tnnya lgi nih..
    saya liad.. kan harga baru canon 550d Rp5.890.000 tpi itu body aja.. apa ga langsng sama lensa’a ya kak,, tru klo canon 550d yg ada lensa’a Rp6.750.000 tpi tu kit I (EF18 – 55Is)… gmna nih kak..

    maav bnyak tnya.. tpi cuma mau tau
    jawab ya kak.. πŸ™‚

    • Enche July 11, 2012, 10:19 pm

      @ardicho kamu perlu lensa buat motret jadi minimal dengan lensa 18-55mm nya

  • ardicho devilghost July 11, 2012, 4:15 pm

    kak.. klo camera dslr untuk pemula kan 550d.. kalo yang 600d boleeh.. tpi kelebihan dan kekurangran dari k’2 camera tsebut apa sih kak..

    jawab ya.. πŸ™‚

    • Enche July 11, 2012, 10:19 pm

      @ardicho, yang 600D LCDnya bisa di lipat dan putar

  • santryo anggrahi July 5, 2012, 3:16 am

    gan saya mau beli kamera DSLR uang saya ada 10 jt ,bagus yg mna gan ?yg kit

    • Enche July 8, 2012, 9:02 am

      @santryo coba cari Canon 60D

  • aree maulana July 4, 2012, 4:31 am

    mas kelemahan dari d3000 apa yah?? saya pengen beli , budget 4jta selain d3000 apa ya ? yg kualitas n spesifikasinya bagus buat pemula …..thnx

    • Enche July 4, 2012, 11:27 am

      @aree untuk pemula D3000 cukup baik dengan budget terbatas. Kelemahannya dibanding model kamera sekarang yaitu di kualitas foto dan resolusi layar LCD.

  • tia July 2, 2012, 1:47 am

    mas mau tanya klo pake canon 350D gimana hasilnya lumayan ga ?keunggulannya dan kekurangannya apa aja ya thx

    • Enche July 2, 2012, 2:53 am

      @tia sudah agak lama kameranya sih, jadi kualitasnya sudah dibilang 2 kelas dibawah kamera yang baru.

  • ADI July 2, 2012, 1:33 am

    MAS, KLAU kamera digital yang bagus n hasilnya bagus apa ya?budjetnya 1jt nih, da gk ya?

  • ADI July 2, 2012, 1:26 am

    mas kalau DSLR yang harganya dibawah 1jt da nggak?

    • Enche July 2, 2012, 1:28 am

      @Adi setau saya gak ada. Biasanya 4.5 juta keatas. Kalau bekas, mungkin saja, tapi tergantung penjual dan kondisi kameranya.

  • tonny June 29, 2012, 7:57 pm

    mas mau tanya sony nex 5 vs nikon v 1 bagus yg mana, apa mereka juga termasuk slr, dana saya ada 8 jtan, thanks

    • Enche June 29, 2012, 10:27 pm

      @tonny keduanya bukan termasuk slr, yang bagus Sony NEX 5 karena kualitas fotonya serupa dengan kamera DSLR.

  • valen June 28, 2012, 2:19 am

    pak, mau nanya untuk Canon 1000 D, harga barunya barapa dan harga bekasnya berapa ya,,,maklum mahasiswa jadi dana terbatas hihihi thanks

    • Enche June 28, 2012, 2:21 am

      @valen wah langsung tanya ke toko kamera aja ya hehe

  • udinx June 17, 2012, 10:28 pm

    mas mau nanya nih,, kalo nikon coolpix 510 kekurangannya dimana?? trus bagusan beli kamera DSLR atau nikon coolpix 510 yg msh SLR??

  • chacha June 17, 2012, 9:56 am

    Mas, kalo DSLR yang bisa rekam video, LCD nya bisa diputer, harga 2jt – 4jt ada ngga ya? Kalo bisa sih canon, sony, atau nikon gitu.

    Makasih

    • Enche June 20, 2012, 10:49 pm

      @chacha sepertinya belum ada

  • dinno June 16, 2012, 9:10 am

    Mas, saya mo beli kamera DSLR danany cm 7 jt, bagusny yg mn yah..
    Yg lgsg bs d pake’ poto (maksudny lgsg dpt lensa)
    Thx infony πŸ™‚

    • Enche June 20, 2012, 10:51 pm

      @dinno Canon 550D dan lensa 18-55mm bagaimana? sisanya buat beli tripod atau aksesoris lainnya

  • rahmat June 16, 2012, 2:15 am

    mau nanya nih om…
    saya rencana mau beli kamera,tapi masih bingung antara sony A77 dan canon 7d,dari segi hasil dan fitur kameranya,mohon pencerahan agar tidak menyesal nih..thanks.

    • Enche June 20, 2012, 10:52 pm

      @rahmat saran saya Canon 7D, lebih gesit terutama saat foto aksi.

  • eljihadi June 16, 2012, 1:15 am

    makasi mas infonyaa.
    oia mas, kelebihan canon eos 7D dbanding eos 60D apa aja? mohon infonya y mas. truz kalo beli second apa gpapa mas? kira2 apa2 aja yg harus kita liat sebelum membli second?

    • Enche June 20, 2012, 10:53 pm

      @eljihadi kelebihan 7D itu di bodinya yang sudah pakai logam (magnesium alloy), sistem auto fokusnya lebih canggih dan cepat. Second gpp sih asal memang kita periksa luar dalam kondisinya bagus.

  • gufee June 12, 2012, 7:35 am

    kalau 1100D dibandingkan 550D mending ambil yg mana yah mas

    • Enche June 13, 2012, 10:56 am

      @gufee yang 550D

  • Handhika June 12, 2012, 2:11 am

    mau tanya nih gan.
    saya pemula dan ingin membeli DSLR budget sekitaran 2-4jt.
    buat pemula DSLR tipe apa ya? Canon dan Nikon.
    Mohon pencerahan gan . . ^^
    blas di email aj gan^^

  • aplian June 5, 2012, 12:43 am

    kalo secondan kira kira cannon atau nikon berapaan tuh ?

  • andik May 28, 2012, 7:31 am

    saya pemula, ada saran untuk beli canon d550, ada juga saran Sony a550,a290. gimana ? mau saran yg obyektif πŸ™‚

    • Enche May 29, 2012, 1:30 pm

      @andik Saran saya adalah Canon 550D, fitur-fiturnya cukup lengkap. Antar mukanya bagus (tombol2, dan menu) dibandingkan Sony A550 atau A290. Namun jika yang dipentingkan adalah kecepatan, Sony A550 lebih baik. Perlu diperhatikan juga jika memilih sebuah kamera, berarti membeli sebuah sistem. Sistem Canon lebih lengkap lensa-lensannya dan relatif lebih murah dibandingkan Sony. Saran saya adalah cobalah kedua kamera sebelum membeli.

  • ucuph May 27, 2012, 6:46 am

    Om mw nnya ne, bgusan mna canon 1100d ato 60d

    • Enche May 31, 2012, 9:06 am

      @ucuph Canon 60D

  • agung May 20, 2012, 12:29 am

    om kalo handycam sama kamera dslr mening mana ya, buat mengabadikan jalan2 doang?

    • Enche May 20, 2012, 11:17 am

      @agung satu untuk video, satu foto beda dong?

  • shizu May 17, 2012, 5:57 am

    Mau tanya, untuk kelas bawah menengah nikon D90 sekarang masih bagus ga ya?

    • Enche May 21, 2012, 6:28 am

      @shizu masih πŸ™‚

  • Enche May 16, 2012, 12:10 pm

    Iya sudah cukup bagus πŸ™‚

  • rayy May 16, 2012, 12:07 pm

    oh gtu ya, tp kyknya beli LUMIX G aja deh, harganya ngepas sm budget, lol…
    mumpuni kan mas utk newbie yg mau belajar fotografi??

  • Enche May 16, 2012, 12:02 pm

    Mungkin maksudnya Nikon D5100 ya? saya pilih Nikon D5100 karena kualitas foto yang dihasilkan lebih baik

  • rayy May 16, 2012, 12:01 pm

    klo dibanding sama 550D atau N5100, pilih mana mas ??

  • rayy May 16, 2012, 11:44 am

    panasonic ga dibahas nih om..?, lg ada promo utk panasonic lumix G3W kepingin beli tp mau nanya dulu kira2 bagus ga ya, soalnya kata temen itu bkn jenis dslr tapi micro four thirds,,apalagi itu om?? mohon pencerahannya, trmksh

    • Enche May 16, 2012, 11:50 am

      @rayy Lumayan bagus kameranya. Kecil dan cukup gesit. Micro four thirds itu kamera yang ukurannya lebih kecil dari DSLR tapi bisa ganti-ganti lensa dan memakai jendela bidik elektronik.

  • carvel May 14, 2012, 11:23 am

    om enche gw mau tanya sistem kamera untuk pemula yang mau beli kamera pakai yang mana dslr/dslt atau mirrorless? Thanks

    • Enche May 16, 2012, 11:47 am

      Tergantung ukuran, kalau memang mau yang kecil mirrorless, kalau mau yang lengkap lensa-lensanya dan kinerjanya tinggi DSLR. SLT kalau sering rekam video subjek yang bergerak.

  • bagus May 14, 2012, 4:11 am

    mau nanya nich bagusan canon 60D atau nikon d5100 ?

    • Enche May 16, 2012, 11:47 am

      @bagus Canon 60D

  • adit May 13, 2012, 10:13 pm

    gw hobi traveling,,untuk pemula lebih baik pakai dslr atau dslt atau mirrorless w/electronic viewfinder untuk hunting?
    Mohon pencerahannya thanks..

  • Santo May 12, 2012, 1:07 am

    Om mU Tanya neh, newbie ingin memulai belajar disarankan beli Canon EOS 550D atau Nikon D3100 ya?

    • Enche May 13, 2012, 9:02 pm

      @Santo dua-duanya baik untuk pemula, saran saya Canon 550D

  • anggi May 9, 2012, 9:10 am

    mau nanya, saya rencananya mau beli kamera, saya masih pemula. kalau buat pemula lebih baik pake SLR atau DSLR? terus kamera yang recommended buat pemula apa aja? makasih πŸ˜€

    • Enche May 10, 2012, 11:22 am

      @anggi SLR dan DSLR itu sama saja. Bedanya kalau ada D = digital. Sedangkan SLR itu biasanya sebutan untuk kamera SLR film

  • ari April 29, 2012, 10:49 am

    bos kalau menurutnya nikon d3100 sama canon 550d bagusan mn?
    terus masalah fitur bagaimana? Sa denger2 katanya kamera DSLR ada batas pemakeannya??

    • Enche April 29, 2012, 11:36 am

      Menurut saya unggul Canon 550D. Gak ada batas pemakaiannya, tapi seperti barang2 elektronik, suatu saat tentu bisa rusak.

  • Jenn April 27, 2012, 12:03 pm

    Mau nanya, mending canon 600d atau nikon d5100 ? thanks πŸ™‚

    • Enche April 29, 2012, 11:44 am

      @Jenn Bagus Nikon D5100 dibanding Canon 600D

  • Jenn April 27, 2012, 12:02 pm

    Mau nanya dong , mending canon 600D atau nikon d5100 ? thankyou πŸ™‚

  • sakinah April 24, 2012, 8:13 am

    wah baca tulisan diatas jadi pengin nyobain semua tu kamera hasil gambarnya kayak gimana…

  • arief April 24, 2012, 5:41 am

    mz …
    kalo nikon d5000 sama NIKON D3100,d40,d60 bagusan mana ??

    makasih …

    • Enche April 29, 2012, 11:53 am

      Bagusan Nikon D3100 πŸ™‚

  • Alvin April 19, 2012, 9:11 am

    bang mending pilih kamera Nikon D5100 apa Canon 600D ?
    tolong pencerahannya

  • Eca April 18, 2012, 11:54 pm

    Mas canon 600D atau 60D yg bagus ?

  • Eca April 18, 2012, 11:40 pm

    Mas enche menurut mas 600D atau 550D yg paling bagus ?

  • Irwan Celluler April 16, 2012, 8:36 pm

    Kemaren baru beli Nikon Coolpix L26, yang baru meluncur february tahun ini, yah lumayan lah buat njepret moment, hehehe dilengkapi 16 mp, dan hasil jepretanya kira kira bersize 6,7 mb, mantaff gan…

  • Wahyudi April 16, 2012, 7:55 pm

    Hoby saya traveling, setelah browsing web, saya rencana mau membeli nikon d7000 kit. Apakah itu cukup mudah digunakan atau ada saran lain ga? mengingat saya belum pernah menggunakan dslr. FYI saya sudah membeli buku Kamera dslr itu mudah, tapi malah bingung dengan pilihan lensa yang mesti dibeli juga. mohon pencerahannya. thanx

    • Enche April 16, 2012, 9:29 pm

      @Wahyudi, Nikon D7000 adalah kamera yang cukup baik untuk segala suasana. Jangan terlalu bingung dulu soal lensa. Pakai saja yang sudah dibundel dengan D7000 terlebih dahulu.

  • chozin April 2, 2012, 5:15 pm

    canon d 90 kit bagus ngga?? harganya kira kira berapaan tuh??

    • Enche April 3, 2012, 9:52 pm

      @chozin maksudnya nikon d90?

  • tommy April 1, 2012, 11:00 am

    klo canon 600d gmn om ? kira2 harganya brapa ? cocok gak bagi pemula ?

    • Enche April 2, 2012, 5:09 am

      @tommy cocok Tom, harganya 6.3 juta body only, kalau dengan lensa 18-135mm jadi 9 juta, dengan lensa 18-55mm kira-kira 7.3 juta

  • win March 20, 2012, 11:22 pm

    ok. thanks buanget infonya. gue pilih canon 550d

  • anwar March 12, 2012, 2:48 am

    om mau nanya nih, rencana mau beli kamera DSLR ,liat2 d toko online ada yang jual canon 550D body tu maksudnya gimana? tidak termasuk lensa ato gmn? mohon pencerahan. makasih om.

    • Enche March 12, 2012, 10:03 pm

      @anwar iya cuma badan kamera saja, lensanya harus beli lagi.

  • youhana March 11, 2012, 6:45 am

    bang klo saya rencana mw beli kamera..budget 4jt
    kira2 yg bgs apa ya buat pemula… thx

    • Enche March 12, 2012, 10:24 pm

      @youhana anggarannya agak minim untuk kamera DSLR, bagaimana kalau kamera saku canggih aja. Atau kamera DSLR bekas.

  • hans March 9, 2012, 5:53 am

    saya pingin belajar fotografi.. ada referensi beli camera SLR apa ya gan? rencananya mau beli canon 550D.. ada referensi lain? mungkin harga lebih mahal sedikit tapi kualitas lebih bagus dan bisa awet lebih lama.. canon vs nikon mana yg lebih bagus n awet? makasih gan

    • Enche March 9, 2012, 11:05 am

      @hans kamera DSLR biasanya bisa bertahan cukup lama yaitu rata-rata 6-7 tahunan. Diatas Canon 550D ada Canon 60D atau Nikon D7000. Saya punya kedua merek kamera, dua2nya saya rasa cukup tahan lama kalau tidak dipakai secara sembarangan (misalnya dipakai saat hujan deras atau dijatuhkan ke permukaan yang keras hehee).

  • rhyno March 8, 2012, 5:35 pm

    Pilih Nikon or Canon,,
    msh bingung ma fitur2nya, sma2 ad klbhn n kkrungn nya,,
    mohon dblz y,,,,,,

  • eca March 8, 2012, 7:33 am

    cybershot mas . gambarnya banyak garis garis waktu itu udah 3x tempat belinya trus dibawak ke jakarta eh pas pulang pulang tetep gak bener padahal udah dibenerin kata pusak mungkin waktu packing kena goncangan jadi rusak lagi dech . tempat saya bilang dia gak bisa benerin tuh camera kecuali dibawak kejakrta dan harus packing . sama aja boong dong ? kalau ujung ujung nya rusak =( . menurut mas tempat buat benerin camera saya dimana ya ? trus kalo budget maks 3 jt tipe apa canon atau nikon yg baru ya mas ? jgn yg second πŸ˜€ . saya mau beli camera segera hehe

  • Onya March 7, 2012, 1:24 pm

    brsyukur ada pencerahan stelah baca comment2nya,
    Ksimpulannya brarti klo aq sbgai pemula, lbih baik pake Canon 550D,
    Tp mau tanya ne bang, klo canon 550D dg canon 500D bagusan mana bang? Please advice..

    • Enche March 7, 2012, 1:27 pm

      Bagusan 550D Onya, karena sensor fotonya udah lain. Kualitas foto lebih bagus.

  • Enche March 7, 2012, 12:44 pm

    Sony model apa ca?

  • Eca March 7, 2012, 8:08 am

    Jangan yg bekas dong mas . Yg baru dong tipe apa yah kamernya ? Bagus . Murah baru πŸ˜€
    Canon dan nikon ?
    Masalahnya saya pake sony rusak gk bisa dibenerin dikota saya harus kjkrta sementara kalo dipacking tambah Rusak ?

  • Enche March 6, 2012, 7:25 am

    untuk budget segitu, mungkin kamera saku canggih atau kamera dslr tapi yang bekas ya. Kalau yang kamera saku Canon S95 atau Nikon P300,

  • eca March 6, 2012, 7:15 am

    dijawab dong mas

  • Eca March 5, 2012, 8:03 pm

    Iya camera mas . Budget maks 3 jt kalo nikon atau canon tipe apa ya yg bagus ? Hehe

  • Eca March 5, 2012, 7:41 pm

    Iy tipe apa yg bagus dgn budget segitu hahaha
    Kalo canon tipe apa ? Kalo nikon tipe apa ?
    Oh ya saya liat diatas gak bahas camera samsung emang kenapa ? Gak ada keunggulannya ya ?

  • Eca March 5, 2012, 9:08 am

    Kalo budget maks 3 jt
    Tipe canon atau nikon yg mana yg bgs ?
    Thanks before

    • Enche March 5, 2012, 9:15 am

      @eca kamera?

Leave a Comment