≡ Menu

Liputan menjelang soft launching Jakarta International Stadium (JIS) Desember 2021

Di bulan Desember 2021 ini, akan ada sebuah event penting di Jakarta yaitu sebuah kegiatan soft launching Jakarta International Stadium (JIS) yang saat ini progres pembangunan fisiknya sudah mencapai 86%. Kali ini kami berkesempatan untuk masuk kedalam stadion ini, untuk melihat langsung keadaan dan persiapan yang sudah dilakukan jelang acara nanti. Adapun rencana untuk bisa selesai keseluruhan, sekaligus akan dibuka secara resmi dalam bentuk grand opening itu dijadwalkan di bulan Maret 2022 mendatang.

Konsep gambar JIS dari IG @jakintstadium

Secara umum bangunan berskala masif yang terletak di Tanjung Priuk Jakarta Utara ini dirancang sebagai pusat olahraga milik DKI, yang sekaligus menjadi kandang klub bola Persija. Didesain mampu menampung 82 ribu penonton, JIS memang membuat banyak orang penasaran akan kemegahan strukturnya. Stadion setinggi 73 meter ini memang ditujukan sebagai pengganti lapangan Lebak Bulus yang terkena proyek MRT, dan lokasi saat ini awalnya dulu adalah taman BMW. Keunikan JIS salah satunya adalah desain atap yang bisa dibuka tutup, misalnya untuk melindungi dari panas atau hujan bila dipakai untuk kegiatan selain sepak bola (konser musik atau semacamnya).

Penanggung jawab proyek sedang mengawasi pekerjaan jelang soft launching nanti.
Kursi VIP yang empuk sebagian sudah terpasang dan masih dibungkus plastik.

Saat kami berkunjung ke sana, kondisi crane utama di empat titik stadion sudah dilepas semua, membuat JIS tampak makin mendekati proses selesai dalam konstruksinya. Proses pemasangan fasad utama berupa panel dengan lubang-lubang udara juga sudah hampir selesai, demikian juga dengan konstruksi atapnya yang terus dikerjakan. Memang sampai soft launching nanti, sistem atap buka tutup belum akan bisa diwujudkan, tapi setidaknya atap utama yang permanen mestinya bisa diutamakan dulu. Bangku penonton sudah mulai dipasang khususnya di tribun barat dan timur, dan lapangan rumput sudah terlihat rapi meski belum tampak ada gawangnya. Rumput disini berjensi hybrid yang artinya campuran antara rumput hidup dan rumput sintetis yang memenuhi standar internasional.

Dari sisi barat, kami menyaksikan pemasangan panel terakhir yang membuat fasad sisi barat ini tampak tertutup dengan lengkap.
Sisi Timur laut masih terus dikerjakan pemasangan panel fasad luar. Foto diambil dari lapangan latih JIS yang sudah siap dipakai, dengan lampu penerangan yang memenuhi standar dan kualitas rumput hybrid yang sama dengan yang di dalam.

Hal menarik lain yang direncanakan untuk dibangun di stadion ini adalah akan adanya Sky View deck, sebuah platform di bagian atap yang bisa dipakai untuk menikmati pemandangan pantai Ancol dari ketinggian. Adapun di luar bangunan utama, terdapat dua lapangan latih yang saat kami cek tampaknya sudah siap untuk digunakan. Rencana akan diundang klub yunior dari Barcelona dan Madrid untuk memeriahkan soft launching JIS tanggal 11 Desember 2021. Tidak sabar tentunya untuk menunggu acara ini dan semoga pekerjaan fisik JIS bisa berjalan lancar hingga tuntas di Maret 2022 nanti.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment