≡ Menu

Leica M11 – Kamera rangefinder ikonik terbaru 2022

Leica M11 adalah penerus kamera rangefinder Leica yang ikonik. Leica mengumumkan kamera ini pada tanggal 13 Januari 2022, lima tahun setelah Leica M10, kamera yang digantikannya. Dengan perbedaan lima tahun, tentunya cukup banyak perbedaan dibandingkan generasi sebelumnya meskipun secara desain terlihat serupa.

Seperti pendahulunya, M11 mengunakan image sensor full frame tapi kini dengan sensor baru 60MP dan processor baru bernama Maestro generasi ke-3. Kamera ini tetap memiliki jendela bidik rangefinder yang berada di bagian kiri atas. M11 tetap mempertahankan desain minimalis ala Leica seperti kamera film dengan roda shutter speed di atas kamera dan tidak memiliki fitur untuk merekam video.

Beberapa perubahan signifikan Leica M11 dibandingkan dengan Leica M10 antara lain:

  • Resolusi sensor dari 24MP menjadi 60MP dengan teknologi BSI dan pixel binning
  • Tidak memiliki baseplate seperti kamera Leica M sebelumnya
  • Baterai baru dengan kapasitas 700 foto, sekitar 2.5x dibandingkan baterai M10
  • Memiliki elektronik shutter dengan shutter maksimum 1/16000 detik
  • Resolusi layar LCD ditingkatkan menjadi 2 juta titik, touchscreen, stabilized
  • USB-C port untuk charging
  • Tombol bantuan manual fokus dipindahkan dari depan ke bagian atas kamera dekat shutter
  • Long Exposure Noise Reduction bisa dimatikan

Fotografer dapat memilih ukuran file RAW/DNG dalam beberapa pilihan, diantaranya 60.3MP, 36.5MP, 18.4MP. Buffer ditingkatkan menjadi 3GB, tapi karena ukuran file yang sangat besar, hanya dapat menampung 10 foto dengan foto kontinyu secepat 4.5 foto per detik di resolusi terbesarnya.

Uniknya, fotografer dapat memilih ukuran RAW yang lebih kecil, dan saat memilih 36MP, kualitas foto meningkat dan buffer dapat menerima sekitar dua kali lebih banyak foto sebelum melambat. Untuk pilihan resolusi terkecilnya yaitu 18MP, noise sangat minim dan buffer tidak terbatas, cocok untuk fotojurnalis yang biasanya memotret di berbagai kondisi cahaya yang sulit dan sering memtoret berturut-turut untuk mendapatkan momen.

Bagian bawah M11 kini berubah total dengan tiadanya baseplate yang merupakan ciri khas kamera film dan digital rangefinder Leica sampai M10. Baterai M11 BP-SLC7 adalah baterai dengan desain baru yang memiliki tutup yang terintegrasi. Baterai ini berkapasitas jauh lebih besar daripada kamera Leica M10 yaitu 700 foto menurut CIPA Standard dan 1700 mengunakan gaya Leica (mengunakan jendela bidik rangefinder).

Tersedia dua jenis pilihan warna yaitu hitam dengan material alumunium dan perak dengan material kuningan (brass). Kamera yang berwarna hitam lebih ringan yaitu 530g dibandingkan dengan yang perak 640g karena perbedaan material tersebut. Sebagian besar fotografer Leica menyukai bahan kuningan karena saat catnya mengelupas secara alami akibat pemakaian, warna kuningan yang seperti emas akan mengemuka. Tapi fotografer yang menyukai kamera yang ringan kemungkinan akan menyukai material alumunium yang kuat tapi ringan.

Fitur kamera yang tidak asing di dunia kamera tapi baru pertama kali di Leica M11 yaitu electronic shutter, yang mendukung shutter maksimum sampai dengan 1/16000 detik, sehingga saat memotret dengan bukaan yang sangat besar seperti f/0.95 di kondisi terang tidak terkendala dengan over exposure atau perlu menggunakan filter ND lagi.

Untuk pertama kalinya Leica M memiliki USB-C Port untuk koneksi ke ponsel atau charging

Aksesoris Leica M11

Bersamaan dengan Leica M11, aksesoris baru pelengkap juga diumumkan. Yang pertama adalah grip/pegangan, yang kini hadir dengan dasar type Arca Swiss, dengan demikian, fotografer dapat mengaitkan kamera dengan kepala tripod berjenis Arca Swiss dengan mudah tanpa harus memasang plate tambahan.

Visoflex II, jendela bidik elektronik opsional juga diluncurkan dengan resolusi yang lebih tinggi. Saat artikel ini ditulis, Visoflex ini hanya compatible dengan M11, untuk kamera M10 dan varian lainnya harus menunggu firmware update. Seperti yang generasi pertama, Visoflex II bisa ditekuk ke atas untuk memudahkan memotret dengan sudut rendah (low angle).

Leica M11 merupakan evolusi dari Leica M sebelumnya. M11 adalah hasil dari saran kritik pengguna Leica M dan Leica berhasil memperbaiki berbagai hal yang dikeluhkan dengan mengganti kapasitas baterai yang lebih besar, jendela bidik baru yang lebih detail, akses baterai dan memory card yang lebih cepat dan tombol dan menu yang praktis dengan mempertahankan ukuran dan desain essential minimalist.


Bagi yang ingin belajar fotografi, videografi dan mengoptimalkan kamera Leica atau yang lain, kami dapat membantu, silahkan hubungi kami di WA 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com

Artikel terkait: Pemikiran terhadap kualitas foto Leica M11 dan SL3

Review Leica M11
Pembahasan lengkap tentang Leica M11 dapat disaksikan di YouTube infofotografi

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment