≡ Menu

Zhiyun Crane M2 S – Gimbal ringkas untuk ponsel & kamera mirrorless compact

Tanggal 31 Maret 2022 yang lalu, PT Aneka Warna Solusi Media, distributor Zhiyun di Indonesia, meluncurkan stabilizer gimbal Crane M2S yang ditujukan untuk kamera mirrorless, smartphone dan action camera Sebagai penerus M2 yang sangat populer, Crane M2 S mempertahankan ukuran dan beratnya yang hanya naik sedikit dari 490g ke 549g.

Crane M2 S

Jika dibandingkan dengan M2, M2S memiliki banyak peningkatan, misalnya kapasitas yang lebih besar (1kg vs 0.7kg), sehingga mampu menahan dan menstabilkan kamera mirrorless full frame compact (seperti Sony A7III, A7C, Canon EOS R), punya lampu LED tambahan berkekuatan 1000 lumens yang berguna untuk syuting di kondisi gelap atau backlight. Crane M2S juga dilengkapi dengan quick release 4.0 dengan dua safety lock yang aman dan nyaman. Pengisian baterai dan daya tahan baterai M2S juga ditingkatkan kecepatannya dan kini sudah menggunakan USB-C.

Dibandingkan dengan Crane M3 yang beratnya 700g, M2S 250g lebih ringan tapi memiliki banyak fitur yang sama. Harga M2S juga lebih terjangkau yaitu Rp 4.485.000 untuk paket standar, dan Rp 5.820.000 untuk paket combo (dengan tas dan phone clamp).

Perbedaan lainnya yaitu lampu LED M2S cukup cerah dengan 1000 lumens dan bisa diatur dalam 5 tingkat kecerahan dan punya berbagai filter untuk mengganti warna, sedangkan yang M3 memiliki LED dengan kekuatan yang lebih rendah, yaitu 800 lumens tapi bisa memilih dua warna (bi color).

Baterai M2S runtimenya juga lebih tahan lama, yaitu 10 jam 35 menit dibandingkan dengan M3 yang 8 jam dan M2 yang hanya 7 jam saja. Fitur yang ada di M3 tapi tidak ada di M2S yaitu bluetooth control.

Rekomendasi

Melihat banyak peningkatan dari M2, menurut saya, Crane M2 S sangat worthy dari segi harga dan ukuran. Namun, videografer juga harus mempertimbangkan Crane M3 jika menggunakan lensa yang lebih panjang dan besar, karena kapasitasnya lebih tinggi sehingga stabilizernya bisa lebih optimal.

Pre-order berlangsung pada 24 Maret-3 April 2022 dan akan diperpanjang sekali sampai 10 April 2022. Pembeli akan mendapatkan Rp300.000 extra discount saat membeli di masa ini di Blibli dengan voucher CRANEM2S.

Launching Zhiyun Crane M2S di Jakarta

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment