≡ Menu

Canon Indonesia rilis EOS R5 C dan lensa RF 5.2mm f/2.8L Dual Fisheye di Indonesia

Hari ini, Kamis 12 Mei 2022 bertempat di gedung Tribrata Jakarta, PT Datascrip selaku distributor Canon Indonesia dengan resmi merilis kamera sinema EOS R5 C yang secara global sudah diumumkan awal 2022, dan sebuah lensa Dual Fisheye RF 5.2mm f/2.8L (yang secara global sudah diumumkan di Oktober tahun lalu). Dihadapan awak media, director of Canon Business Unit PT Datascrip ibu Monica Aryasetiawan menjelaskan bahwa EOS R5 C merupakan kamera hybrid paket lengkap untuk kebutuhan foto dan video dengan kualitas 8K dan memakai mount RF masa depan.

Peluncuran EOS R5 C (kiri ke kanan : Bp. Syailendra, ibu Monica, Bp. Iqbal)

Canon EOS R5 C menjadi kamera dengan fitur fotografi setara dengan EOS R5 yaitu sensor 45 MP full frame, Dual Pixel AF II yang bisa mendeteksi kepala, wajah, mata dan binatang, hingga keadaan gelap -6 EV dan saat aperture lensa sekecil f/22 sekalipun. EOS R5 C dalam urusan video mampu memberi berbagai pilihan format video seperti Cinema RAW Light 12 bit, proxy recording dan adanya pendingin kipas membuatnya bisa merekam video tanpa kuatir overheat.

Kamera hybrid EOS R5 C dengan sirip ventilasi untuk fan pendingin di sisi sampingnya

Dengan dua slot penyimpanan yaitu CFExpress (type B) dan SD card UHS II, didapat beragam variasi skenario sesuai kebutuhan profesional, misal :

  • slot 1 rekam 8K, slot 2 rekam 4K
  • slot 1 rekam Cinema RAW (light), slot 2 rekam proxy MP4
  • slot 1 rekam All-I, slot 2 rekam IPB (untuk arsip)
  • slot 1 rekam video, slot 2 rekam suara saja (audio)
  • dsb

Hal menarik lain, untuk setiap setting Gamma yang dipilih, terdapat dua macam Base ISO yang berbeda, misal :

  • Canon Log 3 : ISO 800 dan ISO 3200
  • BT709 Wide atau HLG : ISO 400 dan ISO 1600
  • BT709 Standard : ISO 160 dan ISO 640

Canon EOS R5 C dijual perdana di Indonesia dengan harga perkenalan Rp. 81.999.000,- dengan bonus kartu CF Express 512 GB plus readernya, 2 buah baterai LP-E6NH dan adapter EF ke RF (total nilai bonus ini adalah 16 juta rupiah). Selain merilis EOS R5 C, PT Datascrip juga mengenalkan lensa baru untuk kebutuhan 3D VR RF 5.2mm f/2.8L seharga Rp. 39.499.000,- yang akan disukai pembuat konten video Virtual Reality, karena kemudahan dalam membuat konten hingga melakukan editing videonya (dibanding tanpa memakai lensa Dual Fisheye ini). Syailendra Kamdani, Head of Marketing Division Canon Business Unit PT Datascrip menyatakan kalau lensa ini dipadukan dengan EOS R5 atau EOS R5 C akan memberikan kemampuan perekaman 8K dengan efek parallax yang bisa dipakai untuk membuat gambar VR 180 derajat tiga dimensi.

Pre-order sampai 31 Mei, dengan bonus senilai 16 juta dan diskon harga kamera dari harga normal Rp. 83.999.000,-

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment