≡ Menu

Voigtlander 35mm f/1.2 Nokton untuk Fujifilm X

Selain membuat lensa untuk mount Leica M, Nikon F dan Sony E-mount, Voigtlander ternyata juga sudah mulai membuat lensa-lensa untuk Fujifilm X. Salah satu lensanya adalah Voigtlander 35mm f/1.2 untuk Fujifilm X. Lensa ini tidak biasa karena memiliki elektronik kontak sehingga lensa dan kamera bisa berkomunikasi dengan baik. Akibatnya adalah kamera dapat mengetahui berapa setting bukaan lensa dan menyematkan informasi tersebut ke metadata file foto (EXIF Data).

Desain lensa

Seperti lensa Voigtlander pada umumnya, lensa ini terbuat dari logam dengan konstruksi yang presisi. Panjangnya kurang lebih 4 cm dan beratnya hanya 199gram. Diameter filternya 46mm. Saat manual fokus panjangnya sedikit memanjang.

Lens hood yang kecil tersedia dalam paket pembelian. Saat dipasang, terlihat padu karena bahannya juga dari logam. Saat dipasang, kita bisa menutup lensa dengan lens cap, tapi sedikit agak longgar jadi kadang bisa copot/lepas dari lensa.

Seperti layaknya lensa manual fokus, lensa ini punya pilihan bukaan dari f/1.2 sampai f/16 dalam transisi 1/3 stop. Manual fokus ring menandakan lensa ini bisa fokus cukup dekat yaitu 30cm.

Kualitas foto

Lensa ini termasuk lensa yang “berkarakter” dalam arti hasil foto di bukaan f/1.2 tergolong lembut dan tidak tajam. Lensa ini mengingatkan saya dengan Voigtlander 50mm Heliar Classic yang pernah saya review meskipun karakter bokeh lensa ini lebih halus. Yang ingin hasil yang tajam maksimal, bukaan yang ideal untuk digunakan adalah f/2.8-5.6.

Di bukaan f/1.2-f/1.4 lensa ini menghasilkan chromatic aberration (CA) yang cukup tinggi di kondisi kontras. Baru di f/2.8 ke atas chromatic abberation lenyap.

Saat diarahkan ke sumber cahaya yang kuat, lensa ini menghasilkan flare yang cukup jelas, memberikan kesan seperti menggunakan lensa film zaman dulu.

Kesimpulan

Lensa ini menurut saya cocok buat foto portrait dan wedding, terutama yang menyukai “rendering” lensa-lensa klasik seperti zaman dulu. Ukurannya yang compact dan bukaannya yang besar membuat lensa ini cocok juga untuk dibawa jalan-jalan dan dapat digunakan di berbagai kondisi cahaya.

Saksikan review Voigtlander dan contoh-contoh foto yang dihasilkan di YouTube Infofotografi:

Bagi yang ingin membeli lensa ini atau lensa Voigtlander yang lain, kami dapat membantu, kontak WA 0858 1318 3069

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment