≡ Menu

Fujifilm XF 8mm f/3.5 WR – Review

Bersama dengan Fujifilm X-S20, Fujifilm mengumumkan lensa baru Fujifilm XF 8mm f/3.5 WR di X-Summit, Bangkok tanggal 24 Mei 2023. Lensa ini unik karena sudutnya yang sangat lebar. Biasanya lensa 8mm sudah termasuk fisheye, tapi lensa ini rectilinear, sehingga garis horizon atau vertikal tetap lurus.

Ukurannya relatif kecil dengan panjang yang hanya sekitar 5 cm, lensa ini bisa pasang filter berukuran 62mm. Biasanya lensa selebar ini bagian depannya cembung ke depan, jadi tidak bisa menggunakan filter konvensional.

Di bodi lensa terdapat ring manual fokus, tapi lensa ini lensa autofokus kok, dan ada aperture ring/bukaan lensa yang bisa kita pilih dari f/3.5-22 dengan pemberhentian setiap 1/3 stop. Seperti biasa, ada pilihan A, atau auto aperture.

Kualitas lensa ini bagus dan tajam berkat elemen aspherical dan konstruksi bodi sudah WR atau weather resistant. Fujifilm juga menyertakan lens hood yang pas dengan lensa 8mm yang kompak ini.

Untuk kualitas gambarnya sangat lebar dan tajam, cocok buat pemandangan dan arsitektur. Untuk lensa ultra lebar seperti ini, pastinya ada distorsi terutama di bagian tepi-tepi foto, jadi hati-hati kalau untuk foto orang karena wajahnya akan miring. Tapi untuk pemandangan seperti langit ya aman-aman saja.

Lalu lensa ini juga oke buat vlogging, karena kalau pakai lensa yang tidak terlalu lebar, sulit untuk memasukan lebih dua orang atau lebih ke dalam frame dan pemandangan di belakangnya juga ketutupan.

Beberapa fungsi video seperti electronic image stabilization, juga membutuhkan cropping sedikit banyak, jadi lensa ini sangat aman karena masih sangat lebar setelah cropping.

Lensa Fujifilm XF 8mm ini telah saya uji kemampuannya di Fujifilm X-Summit dan Fujikina 2023 di Bangkok. Untuk liputannya silahkan tonton videonya di YouTube infofofotografi.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment