≡ Menu

Tamron 11-20mm f/2.8 RXD untuk Kamera Fujifilm X

Dua tahun lalu, Tamron merilis 11-20mm f/2.8 RXD untuk kamera Sony E-mount, dan saat itu banyak pengguna sistem kamera lainnya yang ngiri. Tapi belakangan ini, Tamron sepertinya mulai membuat lensa-lensa untuk sistem kamera lainnya, seperti Fujifilm X.

Di awal tahun 2023 ini, Tamron akhirnya merilis lensa 11-20mm f/2.8 untuk Fujifilm X. Lensa ini khusus dirancang untuk APS-C, jadi wajar kalau Tamron merilis lensa ini buat sistem Fujifilm X.

Lensa ini punya beberapa keuntungan, pertama ukurannya dan beratnya relatif ringkas dan ringan, hanya 8 cm dan beratnya 300gram saja. Untuk lensa ultra lebar yang bisa zoom dan bukaannya konstan di f/2.8 menurut saya sangat baik, tidak memberatkan.

Lensa ini buat outdoor juga oke karena sudah ada dust & moisture resistant, jadi keciprat air sesekali juga masih gak masalah, asal kameranya juga weathersealed. Elemen luar lensa juga sudah dilapisi fluorine coating jadi mudah membersihkan dari air dan kotoran yang menempel. Filter yang digunakan lensa ini mirip dengan lensa Tamron lainnya, yang 67mm jadi yang sudah punya lensa Tamron lain tidak perlu beli filter atau adapter baru lagi.

Di bodi lensa, ada manual focus ring dan zoom lensa, dari 11 sampai 20mm, ekuivalen dengan sekitar 16-30mm di kamera full frame. Uniknya, saat kita zoom, lensa ini memendek. Desain bodi cukup minimalis tanpa ada tuas apapun dan bahannya sebagian besar terbuat dari plastik berkualitas.

Autofokusnya mengunakan teknologi RXD, compatible penuh dengan kamera Fujifilm, gerakan motor fokusnya lembut dan suaranya relatif kecil. Deteksi wajah dan mata Fujifilm bekerja dengan baik dengan lensa ini.

Sebagai informasi, RXD cukup mulus untuk subjek yang bergerak tidak terlalu cepat dan video, untuk yang sangat cepat, Tamron punya lensa-lensa dengan linear motor/VXD yang lebih cepat lagi.

Jenis fotografi yang pas buat lensa ini biasanya adalah untuk foto pemandangan dan arsitektur termasuk interior. Karena saat ini tren content creation makin kuat, lensa ini cukup lebar buat foto dan video vertikal satu badan bersama pemandangan dibelakangnya.

Yang paling penting mungkin ada kualitas gambar yang dihasilkan. Saat saya padukan dengan kamera Fujifilm X-S20 kualitas gambarnya bagus, dan saya tidak menemukan kelemahan yang berarti. Saat menggunakan bukaan kecil seperti f/11-f/16 kita bisa melihat ada sun-star yang bagus dari lensa ini. Tidak terlihat Chromatic abberation dan flare yang mengganggu. saat memotret pemandangan kota yang dipenuhi lampu kota.

Salah satu yang unik dari lensa ini adalah bisa fokus dekat terutama di jarak fokal 11mm, yang mana jarak fokus minimumnya hanya 15cm. Tapi secara praktiknya sulit karena posisi lensa hanya berada kurang lebih 3 cm dari subjek foto. Di 20mm, fokus minimumnya berubah jadi 24cm, perbesaran subjeknya jadi agak biasa tapi relatif lumayan jika dibandingkan dengan lensa ultra lebar pada umumnya.

Karena bisa fokus relatif dekat, lensa ini juga cocok buat foto makanan, mainan, tanaman, atau objek-objek lain menarik saat jalan-jalan. Karena lensa ini ultrawide, latar belakangnya lebih luas sehingga foto lebih bercerita tentang dimana lokasi subjek berada.

Sebagai lensa APS-C, jujur harga lensa ini tidak bisa dibilang murah yaitu Rp12 jutaan, tapi alternatif dari lensa zoom ultrawide untuk sistem Fujifilm X tidak banyak, dari Fujifilm ada 8-16mm f/2.8, lensa yang lebih lebar dan secara kualitas optik sangat bagus, tapi harganya relatif lebih tinggi sekitar 25 juta, dan beratnya mencapai 800gram. Alternatif lainnya Fujifilm 10-24mm f/4 OIS, beratnya kurang lebih sama dengan Tamron, sekitar 300-an gram, punya stabilizer tapi bukaannya lebih kecil di f/4.

Lensa dari Tamron ini menawarkan banyak kelebihan seperti kualitas gambar yang bagus dan tajam tanpa masalah optik yang berarti.

Bukaannya juga relatif besar dan konstan sehingga memudahkan kita untuk memotret/merekam video di kondisi gelap dan membuat bagian yang tidak fokus blur, terpisah dari subjeknya. Ukurannya juga cukup ringkas dan tidak memberatkan.

Sesuai judul, kualitas lensa ini di luar ekspektasi saya, jujur, sulit bagi saya untuk mencari kelemahan lensa ini. Oleh sebab itu, sulit juga bagi saya untuk tidak merekomendasikan lensa ini untuk teman-teman pengguna Fujifilm X, terutama yang membutuhkan lensa lebar berbukaan besar.

Saksikan review Tamron 11-20mm f/2.8 ini di YouTube Channel infofotografi

Spesifikasi Canon EOS R100

  • APS-C | f/2.8 to f/16
  • 16.5-30mm (35mm Equivalent)
  • Fast Ultra-Wide Angle Zoom
  • Rapid eXtra Silent Stepping Drive Motor
  • 1x XLD, 2x GM Asph., and 2x LD Elements
  • BBAR-G2 Lens Coating
  • Weather-Sealed Construction
  • Rounded 7-Blade Diaphragm

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • Akhmad August 28, 2023, 12:03 pm

    Om tanya saya mau beli XT100 BO + lensa fix buat street misal 27mm / 35 mm apa sudah cukup? Prefer buat street, landscape, traveling sih.

Leave a Comment