≡ Menu

Kamera, lensa dan aksesoris yang digunakan Infofotografi untuk foto & video 2020

Kami sering ditanyai tentang rekomendasi kamera dan lensa, dan tentunya kami berusaha memberikan rekomendasi terbaik tergantung budget dan kebutuhan. Tapi ada juga yang ingin mengetahui apa yang kami pakai saat ini. Tentunya peralatan yang kami gunakan saat ini bukan yang terbaru atau terbaik, tapi cukup untuk kebutuhan kami saat ini.

Untuk fotografi, Enche Tjin biasanya mengunakan banyak kamera, tergantung yang pinjaman dan kamera / lensa yang sedang di review. Tapi saat senggang, biasanya Enche mengunakan Leica SL dan beberapa lensanya antara lain SL 24-90mm f/2.8-4 OIS, SL 50mm f/1.4 dan 16-35mm f/3.5-4.5, 7Artisans 75mm f/1.25, Sedangkan kalau sedang cari yang compact/ringan, Enche mengunakan Leica Q dan Leica D-Lux7 untuk travel/street photography.

Sedangkan Iesan Liang biasanya mengunakan Panasonic Lumix G85 dan lensa Lumix 12-35mm f/2.8 untuk serbaguna, Leica 15mm f/1.7 dan Leica 25mm f/1.4 untuk kondisi gelap. Untuk foto dan terutama untuk merekam video Youtube, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Alasan Iesan mengunakan Lumix G85 karena sistemnya ringan dan compact sehingga tidak melelahkan saat merekam video (handheld) dan juga sudah ada stabilizer di body yang sangat stabil.

Erwin Mulyadi biasanya mengunakan banyak kamera juga, karena aktif mereview dan mengajar di Infofotografi, beberapa kamera yang sering digunakannya antara lain Panasonic Lumix GX9 dengan 12-32mm, 15mm f/1.7 untuk street dan travel, Sony A7 III dengan berbagai lensa Tamron dan Kamera DSLR Canon 70D dengan berbagai lensa.

Mudah-mudahan informasi ini bisa membantu teman-teman yang penasaran apa gear pilihan kita saat ini. Tentunya seiring waktu berjalan, maka pilihan kami akan berubah karena kebutuhan berubah ataupun teknologi meningkat.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 8 comments… add one }
  • sodaajelly March 16, 2020, 9:52 am

    Om, kamera dslr saya canon 600D belinya udah sekitar tujuh tahun lalu dan masih pake kamera bawaan, sekarang pingin ganti lensa fix cocok nggak? Harga buat lensa fix yang tidak terlalu mahal buat pelajar dan hobi fotografi sama jenis lensa fix yang apa. Makasih.

  • Ginanjar March 9, 2020, 9:10 am

    Hallo om.. maaf mau tanya, saya pemula yang baru mau membeli kamera, karena saya menyukai foto foto makro seperti foto serangga yang terlihat sangat detail..dan itu menarik buat saya… Mohon rekomendasi nya sy harus beli kamera apa ya, dan lensa apa? Terima kasih sebelumnya..

    • Enche Tjin March 22, 2020, 4:22 pm

      untuk kameranya sebenarnya bebas, tapi kalau lensanya yang bagus lensa makro.

  • alvin March 7, 2020, 11:41 am

    sudah saatnya cik Iesan upgrade ke G9 biar tambah semangat huntingnya wkwkwk

    • Andriyanto March 9, 2020, 5:33 pm

      Siang koh.mau tanya lebih baik beli flash second canon 580ex!! Atau beli baru godox v860 !!…terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

  • Komar March 5, 2020, 6:07 am

    Mayoritas kombinasi m43 dan FF. Hampir tdk ada APSC.

Leave a Comment