≡ Menu

Ada apa dengan Samsung NX?

Di dunia fotografi, Samsung mungkin tidak sepopuler merk lain yang sudah mapan. Tapi Samsung punya pengalaman dan kekuatan di elektronik, chip dan layar LCD/OLED, selain tentunya sebagai market leader di industri ponsel juga. Ketika Samsung memutuskan untuk bergabung di industri kamera digital, momentumnya juga tepat karena selain fotografi sedang booming, dia juga bisa mengamati plus minus dari kompetitor yang ada. Sempat memulai dari kamera saku hingga prosumer, Samsung akhirnya juga bergabung di kancah mirrorless dengan nama Samsung NX dengan sensor APS-C (walau akhirnya juga hadir kamera dengan sensor 1 inci bernama NX mini).

Booth Samsung NX di Focus Expo JCC

Booth Samsung NX di Focus Expo JCC

Saat ini kamera unggulan Samsung yaitu NX1 malah bisa dibilang adalah mirrorless APS-C paling sarat fitur, bahkan Enche sempat menahbiskan kamera ini sebagai kamera tercanggih tahun 2014. Dengan sensor BSI 28 MP, Samsung memecahkan rekor piksel terbanyak dalam sekeping chip APS-C. Kamera lain yaitu NX500 punya chip sensor yang sama tapi dalam kemasan lebih ekonomis juga sama-sama mencuri perhatian banyak pihak termasuk saya. Bahkan kamera generasi 1-2 tahun ke belakang juga tidak kalah menarik, seperti NX30, NX300 dan NX3000, masing-masing punya penggolongan / segmentasi yang jelas dan efektif.

Samsung NX1 promotional booth

Samsung NX1 promotional booth

Tapi belakangan ini banyak berita kurang sedap berhembus tentang divisi kamera Samsung, mulai dari NX1 yang diskontinu di berbagai negara, sampai rumor kalau Samsung akan menutup bisnis kameranya. Dikutip dari berbagai sumber, diantaranya di Jerman, Belanda dan terakhir Inggris, Samsung bahkan mengakui mereka bertahap akan menghentikan penjualan.

In Germany, we have been observing for some time a gradual decline in demand for digital cameras, camcorders and related accessories. We have to adapt to the demands of the market and have therefore decided to phase out sales and marketing of these products gradually. This is a decision that affects only the German market.

Belum jelas apakah ini artinya kiprah Samsung NX akan total diakhiri di seluruh dunia, atau hanya di Eropa saja. Tentunya saya berharap hal itu tidak terjadi, saya suka adanya Samsung NX yang menjadi alternatif menarik dari pemain lama yang lebih dulu ada. Masalah dari Samsung mungkin karena belum punya banyak pilihan lensa, atau karena soal branding/marketing semata.

Samsung NX3000 in action

Samsung NX3000 in action

Saya pribadi saat memakai Samsung NX menyukai fitur dan hasil fotonya. Terobosan berbeda juga kerap ditunjukkan Samsung saat mendesain kameranya, seperti layar OLED di beberapa kameranya, tombol i-Fn di lensa dan scene mode yang lengkap (bahkan ada mode waterfall yang bisa memotret slow speed 5 detik tanpa filter ND, saya tidak nemu di kamera lain). Lensa yang pernah saya pakai (16-50mm PZ, 50-200mm, 45mm, 12-24mm) juga terbilang memuaskan dari segi kinerja dan harga masih relatif terjangkau.

Foto dengan Samsung NX3000

Foto diambil dengan Samsung NX3000

Bila pun rumor ini benar, saya berharap ada pihak lain yang membeli divisi kamera Samsung sehingga sistem NX ini tetap eksis dan berkembang. Tapi saya berharap rumor ini tidak benar, dan Samsung akan membuat lagi kamera seperti misalnya NX2 dan lainnya.

Lantas bagaimana bila anda sudah punya sistem Samsung NX? Nikmati saja kameranya, teruslah memotret karena tidak ada gunanya merisaukan hal-hal yang seperti ini. Keep calm and take picture.. Bagi yang baru berencana beli sistem Samsung NX, bila tujuannya untuk jangka pendek (2-4 tahun), saya pikir juga tidak ada masalah untuk membelinya. Tapi bila untuk tujuan membangun sistem jangka panjang, akan lebih baik menunggu ketegasan dari Samsung dulu soal kelangsungan sistemnya. Karena untuk jangka panjang kita mungkin akan perlu beli lensa-lensa NX selain yang sudah ada saat ini (saat ini lensa NX yang profesional baru ada 2 macam), dan suatu ketika akan ganti bodi juga kan?

Bonus : video diskusi saya dengan Enche Tjin soal Samsung NX3000 di youtube.

Disclaimer: Tulisan ini merupakan opini pribadi semata dan saya tidak terafiliasi dengan merk Samsung atau produsen kamera lainnya.

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 14 comments… add one }
  • Ilham October 30, 2018, 6:54 am

    Koh menurut kokoh lebih baik mana antara nx300 dengan nx3000 ?

    • Enche Tjin October 30, 2018, 9:45 am

      Bagus NX300, tapi ini kamera sudah discontinue loh.

  • Doni adi prawiryodirjo January 10, 2016, 1:06 pm

    Koh.. bisa bantu cari samsung nx 300M (brown)..
    Kok susah ya?

    • Enche Tjin January 10, 2016, 9:58 pm

      Samsung kemungkinan sudah menghentikan produksi kameranya jadi memang agak sulit mencari kameranya, apalagi yg warna khusus.

    • edi sutrisno October 1, 2019, 11:48 am

      ready bos samsung nx300

  • Irdraby December 31, 2015, 7:13 pm

    Ko Enche mau tanya samsung NX 3000 vs fuji X-A2 bagus mana yaa ?
    perbedaanya signifikan apa enggak,,,terima kasih…

    • Enche Tjin January 1, 2016, 1:37 am

      Mirip-mirip

      • irdraby January 1, 2016, 1:52 pm

        klau ko enche sendiri milih yg mana ?
        terima kasih..

  • atten December 30, 2015, 1:19 am

    Ko Enche klo untuk daily sama street fotografi
    antara olympus epl-6, panasonic gf7 dan samsung nx 300M, masing-masing dengan lensa kit tanpa mikir lensa tambahan, yg value for money pilihannya apa ya ko..?

    • Enche Tjin December 30, 2015, 9:18 am

      Enak dan lebih berkualitas yang Samsung NX300M terutama kalau kitnya 16-50mm yang bisa power zoom.

  • Atri December 28, 2015, 9:39 pm

    Ko Enche mau tanya saat ini sy pakai samsung NX 300 dgn lensa bawaan standart kit.klo sy mau pakai tambahan fix lens yg bisa dibawa traveling agar dpt mendokumentasikan ke indahan alam berikut objek manusia nya sarannya yg pakai yg mana ? Thx u

    • Enche Tjin December 28, 2015, 10:29 pm

      Banyak lensa fix dari Samsung, tapi yang cukup menarik menurut saya 45mm f/1.8, dan macro 60mm f/2.8, kalau cuma mau pilih satu, menurut saya 60mm f/2.8 oke.

  • Angga December 2, 2015, 7:12 am

    Bang,
    Rekomendasi slain sony a5100
    Yg bsa 180 flip screen
    Bagus buat selfie, terang dan tajam gmbarnya apa yah?

    • Enche Tjin December 27, 2015, 11:30 am

      Canon EOS M3, Samsung NX500

Leave a Comment