≡ Menu

BCN Ranking mengumumkan kamera terlaris 2023

Setiap tahunnya, BCN mengumpulkan 40% dari total penjualan di toko-toko retail di Jepang dan mengumumkan kamera mirrorless terlaris di Jepang.

  1. Sony ZV-E10
  2. Sony α6400
  3. Canon EOS R50
  4. Canon EOS R10
  5. Canon EOS M50 II
  6. Olympus PEN E-P7
  7. Nikon Z fc
  8. Olympus PEN E-PL10
  9. Olympus OM-D E-M10 Mark IV
  10. Sony α7IV
Sony ZV-E10 memuncaki daftar kamera mirorless terlaris di Jepang versi BCN Ranking

Analisa infofotografi

Daftar ini hanya menggambarkan sebagian pasar di Jepang dan tidak menggambarkan keseluruhan pasar. Biasanya, selera orang Jepang adalah kamera yang berukuran compact, oleh sebab itu sebagian besar kamera yang terjual merupakan kamera mirrorless micro four thirds (Olympus) dan APS-C.

Harga kamera yang lebih terjangkau juga membantu penjualan. Secara tradisional Olympus/OM System biasanya mendominasi pasar Jepang, namun tahun ini sepertinya dominasi mulai tergerus oleh kamera mirrorless dari Sony dan Canon, yang beberapa tahun terakhir aktif merilis kamera baru dengan harga yang ekonomis.

Sebelumnya, toko kamera MAP Camera yang bertempat ke kawasan Shinjuku, Tokyo, merilis kamera dan lensa terlaris tahun 2024. Berbeda dengan hasil BCN, MAP Camera memiliki pelanggan yang lebih profesional.

Dapatkan E-book panduan kamera dan fotografi di karyakarsa infofotografi.

Bagi yang ingin belajar fotografi, editing, videografi, silahkan hubungi 0858 1318 3069 atau infofotografi@gmail.com

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 0 comments… add one }

Leave a Comment