≡ Menu

Cara live stream ke Youtube langsung dari Canon M50 II

Canon EOS M50 Mark II sudah dirilis di Indonesia bulan lalu, dan salah satu fitur yang ditawarkan adalah kemampuan langsung live stream secara wireless melalui WiFi ke Youtube. Namun pada situs resminya, penjelasan yang ada kurang detail dan hanya tertulis :

With a stable Wi-Fi connection, you can engage your audience in real time conveniently by live streaming directly* from the EOS M50 Mark II to your YouTube channel. 

https://id.canon/en/consumer/eos-m50-mark-ii-body/product

kode bintang pada kata directly diatas maksudnya ada catatan kalau diperlukan minimal 1000 subscriber pada channel Youtube dan hanya mendukung live stream terjadwal.

Saya ingin bedakan dulu bahwa yang dimaksud disini bukanlah menghubungkan kamera Canon ke laptop melalui kabel USB (mejadi webcam dengan software EOS Webcam Utility), karena untuk itu pada dasarnya banyak kamera Canon masa kini bisa melakukannya (tidak hanya EOS M50 II). Jadi disini yang dimaksud adalah Canon EOS M50 Mark II betul-betul bisa mengakses server Youtube via laptop/ponsel secara wireless, melalui layanan Cloud Canon server image.canon.

Sebagai langkah awal pengguna EOS M50 II mesti mendaftarkan kameranya dan membuat akun Canon ID ke alamat image.canon dan melakukan beberapa langkah untuk memunculkan simbol Web service di kameranya. Langkah yang dimaksud termasuk membuat kode 4 digit untuk verifikasi. Nantinya dari kamera M50 II kita bisa mengakses server Canon baik untuk upload foto, download dan juga live streaming.

Sayangnya meski saya sudah coba googling bagaimana teknis detailnya untuk bisa live ke Youtube dengan Canon M50 II namun belum ketemu satu website yang memberi penjelasan lebih detail, hingga kemudian saya dapat ide untuk mengunduh manual PDF Canon M50 II dan akhirnya disana saya temukan caranya langkah demi langkah yang ternyata caranya cukup simpel namun perlu mengikuti secara urut step-by-step nya.

Disini saya sudah screenshot langkah yang ada di manual tsb untuk catatan yang bisa kita baca sama-sama :

Pada dasarnya persiapan yang diperlukan adalah pastikan sudah registrasi akun Canon, mengatur setting live stream di channel Youtube dan kita perlu hubungkan kamera secara wireless ke PC atau smartphone melalui menu Update Web service.
Setelah memilih simbol awan (cloud) maka akan muncul ikon baru di kamera yaitu Live Streaming.
Sebelum mulai, ada beberapa disclaimer dan catatan yang penting misal kewajiban registrasi akun Canon, harus ada kartu memori terpasang, video akan ditayangkan secara horizontal dengan bitrate 6 Mbps dsb.
Live di Youtube perlu membuat jadwal dulu, baik itu jamnya maupun nama acaranya. Lalu putar roda dial kamera ke mode Movie dan bisa pilih Auto atau Manual eksposur.
Tekan tombol Wireless di sisi kanan kamera, lalu pilih LIVE Streaming.
Setelah tekan I Agree, ada pilihan Event (jadwal) sampai 20 event ke depan.
Setelah memilih satu Event, ada detail Judul dan Jadwal live lalu bila benar tekan OK. Untuk keluar dari Live stream tekan MENU. Bila ingin latihan/test audio video bisa tekan PRVW (Preview) dan bila sudah siap tekan LIVE.
Untuk memulai Live stream tekan tombol movie shooting (bulatan merah) dan nanti akan muncul counter durasi (berapa menit/jam) dan berapa jumlah viewer (penonton).
Untuk mengakhiri Live, tekan tombol merah sekali lagi. Bila tadi adalah latihan (memilih tombol PRVW) maka untuk mulai Live yang sebenarnya, ulangi dari langkah nomor 8 (kali ini tekan yang tombol LIVE bukan PRVW).

About the author: Erwin Mulyadi, penulis dan pengajar yang hobi fotografi, videografi dan travelling. Sempat berkarir cukup lama sebagai Broadcast Network TV engineer, kini Erwin bergabung menjadi instruktur tetap untuk kursus dan tour yang dikelola oleh infofotografi. Temui dan ikuti Erwin di LinkedIn dan instagram.

{ 1 comment… add one }

Leave a Comment