≡ Menu

Street Photography

Bapak Street Photographer

Henri Cartier Bresson – Bapak Street Photographer

Street Photography atau fotografi jalanan adalah aliran fotografi yang menarik.  Sedikit berbeda dengan fotojurnalistik yang fokusnya mengabadikan momen puncak/klimaks . Street photography bertujuan untuk merekam kegiatan sehari-hari . Foto biasanya diambil dari jarak dekat dan fotografer berada disekitar objek daripada dari jarak jauh.

Fotografer harus dapat mengambil gambar dengan diam-diam tapi bukan sembunyi dan melakukannya dengan cepat dan lugas (unobstrusive). Yang penting kehadiran fotografer tidak serta merta mengganggu atau mengubah ekspresi/gaya subjek foto.

Peralatan fotografer juga harus menunjang. Kamera klasik yang sering digunakan adalah kamera film buatan Leica. Saat ini, kamera SLR digital pun sudah sering dipakai. Lensa yang dipakai biasanya lensa pendek atau wide angle. 28mm, 35mm and 50mm biasanya adalah favorit fotografer jenis ini.

Memilih kamera digital SLR untuk fotografi jalanan cukup menantang, pertama kita memerlukan kamera berukuran kecil, tapi enak digenggam dan cukup responsif dalam auto fokus maupun saat mengambil gambar. Kamera saku kurang ideal dalam fotografi jenis ini karena kamera ini memiliki jeda dalam pengambilan gambar/ shutter lag.  Kamera berukuran kecil penting karena kita tidak ingin orang-orang di jalan memperhatikan kamera kita.

Gaya street photografi dan fotojurnalisme sering dipadukan dalam meliput acara seperti pernikahan. Contoh legenda street photographer adalah Henri Cartier-Bresson.

Merekam momen kehidupan - Cartier Bresson

Merekam momen kehidupan – Cartier Bresson

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • sen January 21, 2016, 12:13 pm

    Berarti a6000 sangat cocok ya ko?

    • Enche Tjin January 22, 2016, 11:27 am

      cocoklah hehe

  • wayan June 22, 2010, 5:01 am

    wah ini sy tertarik sekali…spontan tp dg tema..lg nyari komunitasnya di jkt 🙂

  • fatta November 3, 2009, 7:14 pm

    mas, kalo objeknya bebas g ?
    misalnya pemandangan bebas ato gmn gitu ?

    • Enche November 7, 2009, 3:21 pm

      street photography biasanya objeknya kegiatan orang-orang di jalan

Leave a Comment