≡ Menu

Supaya foto tidak blur

Biasanya, kesalahan fotografer pemula adalah salah memperhitungkan shutter speed (kecepatan rana) sehingga foto menjadi blur.

Ada dua faktor utama yang membuat foto menjadi blur

blur-foto-gambarPertama adalah setting kecepatan rana Anda terlalu lambat dibandingkan dengan jarak fokus (focal length) lensa Anda. Pada umumnya, supaya foto Anda tidak blur akibat getaran tangan kita, rumusnya adalah 1 / jarak fokus lensa. Contoh, bila Anda mengambil foto dalam jarak fokus 100mm, maka Anda memerlukan kecepatan rana 1/100.

Rumus ini berlaku bila Anda mengunakan kamera full frame sensor. Untuk kamera Digital SLR yang ada dipasar, sebagian besar mengunakan sensor yang lebih kecil. Sensor ini bervariasi antara kamera yang satu dengan yang lain. Tetapi pada umumnya Canon mengunakan 1.6X, Nikon, Sony, Pentax mengunakan 1.5X dan Olympus mengunakan 2X. Dengan adanya variasi tersebut, maka perhitungannya menjadi sedikit lebih rumit.

Kembali ke contoh awal dimana Anda memutuskan mengunakan jarak fokus 100mm di kamera Canon Rebel yang mengunakan 1.6X jadinya minimal Anda harus mengunakan 1/160 untuk mencegah blur. (Didapatkan dari 100mm X 1.6).

Mengapa semakin besar rentang fokalnya, Anda harus mengunakan kecepatan rana yang lebih cepat? hal ini dikarenakan semakin besar rentang fokal, maka semakin sensitif sensor dalam menangkap getaran.

Faktor kedua adalah benda yang Anda foto bergerak cepat, sehingga kecepatan rana pun harus mengikuti cepatnya gerak subjek foto tersebut. Contohnya, untuk membekukan gerakan pemain basket orang orang berlari, minimal Anda memerlukan 1/500. Untuk penari dan penyanyi, biasanya 1/200 cukup, dan untuk foto manusia yang tidak bergerak 1/60 biasanya cukup baik.

Joe Decker dari blog foto Photocrati mengenalkan faktor baru yaitu ukuran piksel sensor mempengaruhi blur. Katanya, kamera yang berukuran sensor sama, tapi resolusi gambar tinggi, memerlukan kecepatan rana yang lebih cepat karena ukuran piksel yang kecil lebih sensitif dalam mendeteksi getaran. Kalau teori ini benar, maka kamera yang berukuran 15 megapiksel akan lebih rawan blur daripada kamera yang berukuran 6 megapiksel.

Cara mencegah

Ada juga teknologi dalam kamera maupun lensa yang ditujukan untuk mencegah blur. Jenis teknologi ini terbagi atas dua kategori. Yang pertama dibuat dalam kamera, satunya lagi didalam lensa. Namanya pun bervariasi. Antara lain yaitu Image Stabilization (IS) atau Vibration Reduction (VR), Steady Shot (SS), Shake Reduction (SR) Mega OIS, Optical Stabilization (OS) and Vibration Compensation (VC). Semuanya berfungsi sama hanya istilahnya berbeda. Teknologi ini bisa membantu Anda tapi tidak bisa membantu secara total. Misalnya yang tadinya Anda harus mengunakan 1/200, tapi dengan bantuan teknologi ini, Anda bisa mengunakan 1/100 atau 1/60. Teknologi ini juga tidak bisa mencegah blur saat And amengambil foto orang atau benda yang bergerak cepat.

Hal lain yang bisa digunakan untuk mencegah blur antara lain yaitu teknik memegang kamera atau teknik pernafasan. Dengan menahan nafas saat mengambil gambar, dan memposisikan tubuh dengan rapat atau menyender di dinding, bisa membantu mengurangi getaran yang menghasilkan blur.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 143 comments… add one }
  • Tiara Dwi Febria October 20, 2016, 8:11 pm

    Saya pengguna nikon D3200 pemula, kenapa hasil fotonya slalu ngblur, bukan seperti bayangan tpi memang ngeblur tanpa ada fokus diobjek padahal pengaturan nya sudah benar semua

  • Nur handayani June 26, 2016, 11:30 am

    Koh , saya Kan Pemake Canon eos 11000D Klo foto selalu hasilnya ngeblur, padahal setinggannya bener semua ? Itu kenapa ya koh?

  • Enche Tjin April 12, 2016, 8:00 pm

    Mungkin bukaannya kurang kecil. Amannya pakai bukaan kecil seperti f/16. Usahakan jarak lensa ke subjek jangan terlalu dekat.

  • stan siwu January 8, 2016, 11:22 am

    Ko, saya ada masalah dengan kamera D3200. beberapa waktu lalu saya sempat bawa naik gunung dengan suhu mencapai -1 derajat. saya ambil foto diatas gunung tidak masalah tetapi setelahnya. setiap saya ambil foto blur semua. sekalipun saya pakai auto. pertanyaan saya:
    apakah suhu juga berpengaruh pada kamera kita?
    apakah lensa kamera menjadi lembab dan bagaimana mengatasinya? terima kasih

    • Enche Tjin January 8, 2016, 11:36 am

      Mungkin kondensasi Coba perhatikan lensanya ?

    • Tiara Dwi Febria October 20, 2016, 8:06 pm

      Ya, sama seperti saya setelah saya bawa naik gunung beberapa kali hasilnya stlah itu jadi ngblur trus

  • Yulian December 11, 2015, 10:43 am

    Saya ingin tanya camera Canon EOS 6D apakah tidak memiliki lampu flash/lampu blitz internal? jadi bagaimana kalau memotret pada malam hari tanpa lampu flash? atau memoto pada ruangan yg cahayanga kurang? mohon penjelasannya.. terima kasih.

    • Enche Tjin December 11, 2015, 11:11 am

      Iya, 6D tidak memiliki built-in flash jadi harus pasang flash external.

    • octopus July 23, 2016, 11:20 pm

      pakai low speed dan tripod

  • lina September 22, 2015, 4:52 pm

    Om,saya pemula pengguna Nikon D3200.saya sudah settg smua k Auto tp hasilnya ttep blur.gimana caranya supaya tdk ngeblur lgi om..makasih sebelumnya om..

  • edi April 20, 2015, 9:13 am

    gan saya mau tanya kamera nikon d60 dengan lensa bawaan apakah bisa menghasilkan foto yang bagus karena hasil foto saya standar juga kalau foto selain close up kalau di zoom tidak fokus/blur kenapa yach

  • anisa diyanti s April 17, 2015, 5:52 pm

    Ko,saya pake camera nikon D3200 klo foto kok slalu nge blur ya?klo dizoom makin ng blur,kenapa?apa karna lensa?

    • Enche Tjin April 17, 2015, 8:28 pm

      Ngeblurnya kayak bayang2 gitu atau bagaimana? Kalau bayang2 mungkin shutter speednya terlalu lambat, jadi getaran tangan memblurkan foto. Ini biasanya terjadi kalau foto di tempat yang agak gelap misalnya dalam ruangan. Solusinya naikkan ISO dan besarkan bukaan (angka Fnya dikecilin).
      Kalau ngeblurnya gak jelas, bisa jadi fotonya gak fokus solusinya ada di setting autofokus di lensa dan di kameranya.

  • Ari April 7, 2015, 4:28 pm

    Koh, sy mau tanya, knp beberapa hasil foto wedding sy sering blur/misfocus saat di zoom hingga 100% atau lebih di PC? Padahal sy menggunakan bukaan yg kecil f/8 dengan shutter 1/100 kadang lebih, sy juga menggunakan alat bantu lighting dan tripod dalam pengambilannya.

    apakah itu hal yg wajar utk kualitas zoom hingga 100% bahkan lebih atau mmg ada kesalahan setting pada kamera sy?
    Terima kasih sebelumnya..

    • Enche Tjin April 7, 2015, 5:44 pm

      Sepertinya tidak wajar kalau tidak fokus. Mungkin masalahnya ada di lensa. Apakah lensa lain juga sama seperti itu? Coba juga dengan manual fokus dengan live view, apakah juga tidak tajam?

      • Ari April 8, 2015, 10:28 am

        Saya sudah coba di 2 lensa, EF 16-35mm f/2.8L dan EF 24-105mm f/4L IS tp hasilnya tetap sama. Tapi saya blm coba saran dengan manual fokus dengan live view.
        Saya heran saja koh knp hasilnya bs spt itu, mohon masukannya ya..

        Terima kasih utk sarannya akan sy coba..

Leave a Comment