≡ Menu

Bagaimana mendapatkan kritik yang membangun

Kritik ada dua macam, ada yang membangun, ada juga yang menghancurkan. Waktu kita baru belajar foto, kritik penting, sehingga kita bisa belajar dan maju. Tapi kritik juga bisa menghancurkan.  Seringkali pemberi kritik juga bingung, apa yang harus diberikan.

Maka dari itu kita perlu  melakuan beberapa pekerjaan rumah:

  • Kita perlu tau apa yang kita ingin capai
  • Kita perlu tau latar belakang pemberi kritik (kritikus), keahlian, aliran yang dianut dsb.
  • Kita perlu mempersiapkan foto-foto yang ingin di kritik
  • Kita perlu mendengarkan kritik dengan pikiran yang terbuka
  • Kita perlu belajar dari kritik tersebut dan memperbaiki kesalahan kita

Bila kita suka foto potret fashion, maka meminta pendapat dari wartawan foto (fotojurnalis) tentunya kurang tepat. Fotografer fashion mementingkan keindahan, sedangkan fotojurnalis mementingkan otentisitas.

Bila Anda hobi foto fashion tapi meminta kritik dari seorang fotojurnalis, foto Anda akan disebut tidak alami dan dibuat-buat. Sebaliknya bila Anda suka fotojurnalisme, fashion fotografer akan mengatakan foto Anda seperti foto asal jepret.

Posting foto kita di flickr, facebook, dengan tujuan untuk mendapatkan kritik juga kurang tepat karena khalayak umum tidak tau menahu tentang jenis foto atau teknik yang Anda geluti. Seringkali saya malah geli melihat sesama kritikus malah berdebat kusir. Maka dari itu, manfaatkan situs jejaring sosial untuk mendapatkan teman, tapi bukan untuk mendapatkan kritik. Untuk mendapatkan kritik yang membangun, kita perlu persiapkan diri dan mencari kritikus yang sesuai.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 6 comments… add one }
  • kojack December 21, 2010, 7:59 pm

    sekedar ngasih pendapat sebagai seorang newbie
    sebagai orang yang belajar fotografi sebagai hobi, saya kurang suka dengan kritik. Saya foto sesuatu yang menarik buat saya dan saya nikmati sendiri untuk kepuasan diri sendiri juga. 🙂

  • Enche October 31, 2010, 11:25 pm

    Tergantung bagaimana definisi kritik itu sendiri. Sebenarnya kritik itu artinya: “kecaman atau tanggapan, kadang-kadang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk thd suatu hasil karya, pendapat, dsb”

    Jadi berdasarkan definisi diatas, gak semua kritik merusak. Misalnya kritikus film juga membahas tentang kelebihan dan kekurangan sebuah film, tidak hanya yang tidak baik saja.

  • Nana October 29, 2010, 11:54 pm

    menurut saya semua kritik itu destruktif, termasuk apa yang disebut sebagai kritik membangun.
    kritik membangun itu sendiri tidak logis secara kebahasaan dan tidak layak digunakan, silahkan baca:
    http://forget-hiro.blogspot.com/2010/09/saya-tak-suka-kritik-membangun.html

  • Wino October 5, 2010, 2:05 am

    Soal kritik itu adalah hal biasa dalam berkarya di bidang apapun. Kita sebagai pihak creator, berhak mengetahui & memahami kritikan, krn dr situlah kita tahu kekurangan, kesalahan, bahkan sisi kelebihan yg kita punya di balik itu. Namun kita berhak meminta masukan dari para kritikus, baik seorang pengamat seni, client, maupun masyarakat umum. Karena tidak sedikit orang/pihak tertentu mengkritik karena adanya rasa persaingan, sehingga kritik yang dilontarkan tidak lebih hanya bertujuan menjatuhkan. Namun kita tidak perlu takut, apabila kritikan tersebut hanya karena perbedaan selera pribadi, maka penilaian karya foto bagus atau jelek itu menjadi relatif. Kritik juga berguna bagi pihak fotografer, karena dari situ kita bisa memahami pemikiran oarng tentang fotografi, sehingga dari situ pula kita bisa tau dari sudut pandang marketing, ke segmen pasar mana kalo kita ingin menjual karya foto kita. Teruslah berkarya !!!

  • rukiapicka July 5, 2010, 2:53 am

    saya biasannya cari kritikus di facebook dan jej. sosial lainnya. tinggal mencari grup atau orang senior yang hobi fotografer atau fotografer malah, nanti tinggal kita tag atau masukkan ke grup

  • gunawan May 27, 2010, 12:15 am

    Jadi kemanakah seharusnya saya kirim foto2….untuk mendapatkan kritik dan opini yg membnagun?? Saya memang pemula, tapi saya cukup serius untuk mendalami seni dalam fotografi….sampai anytime-anywhere saya slalu pergi membawa camera. Thanks.

Leave a Comment