≡ Menu

Peralatan untuk fotografi pemandangan bagian 2

Artikel ini adalah sambungan dari peralatan untuk fotografi pemandangan bagian 1

TRIPOD

Tripod untuk fotografi pemandangan adalah wajib. Tripod adalah tempat dudukan kamera yang memastikan kualitas foto tajam saat memakai shutter speed yang lambat.

Tripod adalah investasi yang sangat baik untuk fotografi. Hampir tidak ada fotografer serius yang tidak memiliki tripod. Karena perkembangan teknologi tripod yang lambat, banyak fotografer bisa mengunakan tripod yang sama selama puluhan tahun.

Untuk keperluan fotografi pemandangan, idealnya tripod yang ringan tapi kokoh. Jika dana tersedia, cari tripod yang terbuat dari carbon fiber. Jangan terpancing untuk membeli tripod yang harganya murah (sekitar 50-500 ribu), ringan tapi terbuat dari plastik. Karena selain kurang kokoh, biasanya kapasitasnya rendah sehingga gampang goyang karena angin atau air dan gampang rusak saat kita memakai kamera DSLR.

Lalu cari tripod yang bisa dipisahkan dengan kepalanya, sehingga kita bisa mengubah kepala tripod sesuai dengan kebutuhan kita. Misalnya tripod dengan kepala berbentuk bola (ballhead) cocok untuk foto subjek yang bergerak dengan cepat. Sedangkan kepala yang berbentuk pan&tilt, lebih cocok untuk membuat foto pemandangan, dan kepala “fluid head” cocok untuk merekam video.

AKSESORIS

  • Cable release adalah alat yang dipasang di tombol jepret supaya kita bisa menjepret (membuat foto) tanpa harus menekan tombol langsung. Cable release penting bagi yang sering foto dengan shutter speed lambat supaya kamera tidak goyang karena tangan kita sehingga hasil foto lebih tajam.
  • Hoodloupe adalah aksesoris yang kita pakai supaya kita bisa melihat layar LCD kamera lebih jelas, terutama di kondisi cahaya yang terlalu terang.
  • Lens hood atau topi lensa berfungsi untuk mengurangi flare dan membuat foto lebih kontras. Topi lensa biasanya sudah termasuk bila kita membeli lensa yang berkualitas tinggi. Topi lensa bisa dibeli terpisah untuk lensa yang kualitasnya standar.
  • Blower pembersih berguna untuk membersihkan alat fotografi kita dari debu, terutama bagian depan lensa dan di dalam kamera. Aksesoris ini wajib dibawa kemana-mana terutama di kondisi lingkungan yang berdebu.
  • Micro fiber cloth juga berguna untuk membersihkan alat fotografi, terutama bagian depan lensa seperti jejak jari/fingerprint dan kotoran lain yang menempel.
  • Flash/Lampu kilat eksternal kadang-kadang juga dibutuhkan untuk foto pemandangan, terutama untuk menerangi bagian depan dari pemandangan.
  • Baterai ekstra penting sekali untuk dibawa karena satu baterai hanya bisa membuat foto sekitar 200 sampai 500 saja, sehingga seringkali tidak cukup dipakai untuk foto secara intensif selama satu hari. Maka dari itu, minimal kita memiliki dua baterai.
  • Sama seperti baterai, kartu memori juga sangat penting untuk dimiliki. Tergantung kamera yang dipakai, saya menyarankan untuk membawa beberapa kartu dengan total kapasitas sekitar 20 GB untuk perjalanan selama seminggu. Jika Anda ingin merekam video juga, saya sarankan untuk membawa kartu dengan kapasitas lebih besar lagi.

FILTER

Filter di era digital sudah berkurang fungsinya karena olah digital sudah maju dan relatif mudah digunakan. Tapi ada beberapa filter yang masih belum bisa digantikan dengan olah digital. Filter adalah elemen lensa yang dipasang di depan lensa. Guna filter bermacam-macam tergantung jenisnya. Filter yang berkualitas rendah akan mengurangi kualitas foto.

  • Circular Polarizer filter, berfungsi untuk membuat warna seperti biru langit menjadi lebih biru dan menghilangkan cahaya pantulan di permukaan subjek foto terutama air atau kaca. Filter ini akan akan menyerap kira-kira 2 stop cahaya sehingga lebih bagus digunakan di outdoor, dimana kita bisa menggunakannya untuk memblok cahaya yang berlebihan.
  • Neutral Density filter, suntuk menyerap cahaya dari 2 stop sampai 10 stop cahaya. Gunanya adalah untuk membatasi cahaya yang masuk sehingga kita bisa mengunakan shutter speed yang sangat lambat (lebih dari 1 detik) dan bisa mengunakan ISO rendah serta bukaan besar di kondisi cahaya yang terang.

PERALATAN LAINNYA

Selain kamera, lensa dan peralatan yang berkaitan dengan fotografi, kita juga membutuhkan hal-hal lain yang membuat pengalaman fotografi kita lebih nyaman.

  • Sepatu kets untuk jalan/walking shoes penting bagi fotografer pemandangan karena sebagian besar waktu akan dihabiskan untuk berjalan kaki, mencari lokasi terbaik untuk membuat foto. Sepatu kets berjenis walking, yang ringan dan nyaman ideal untuk dipakai.
  • Kaos lengan panjang berguna untuk foto di daerah tropis seperti di Indonesia, Asia tenggara, Afrika atau Amerika tengah dan selatan. Gunanya untuk melindungi kulit kita dari sengatan sinar matahari.
  • Topi juga sangat penting untuk melindungi kita dari sengatan sinar matahari. Pilih topi yang menutupi kepala kita dari segala arah, bukan hanya dari depan.
  • Jaket berguna jika kita foto di tempat yang dingin.
  • Raincover, cuaca buruk seperti hujan bisa terjadi kapan saja, sehingga raincover perlu kita siapkan untuk kamera dan tas kita.
  • Penting bagi kita untuk membawa air minum supaya kita tetap segar terutama di cuaca panas. Membawa air minum dalam botol air merupakan suatu keputusan yang bijak.
  • Menggunakan jenis tas kamera yang pas juga penting supaya tidak capai dalam perjalanan. Menurut pengalaman saya, tas ransel lebih pas untuk fotografi pemandangan karena terasa lebih nyaman dan ringan daripada tas selempang.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+ dan Instagram: enchetjin

{ 18 comments… add one }
  • Farid M Fauzi August 13, 2016, 4:03 pm

    saran, kalo bisa keterangan di sertakan dengan gambar nya koh, biar lebih detail. btw terimakasih ilmunya

  • adi June 25, 2016, 6:59 pm

    koh enche minta rekomendasi merk lensa hood yang berkualitas utk lensa sony
    terimakasih

  • akira June 25, 2014, 11:23 am

    Bedanya apa yah mas kepala tripod yang pan-tilt dengan fluihead?
    Bukannya sama aja dua duanya angguk-geleng?

    • Enche Tjin June 25, 2014, 3:14 pm

      Yang fluid itu gerakannya bebas, mau muter, olang-oleng bisa dengan mudah, biasanya untuk rekam video. Kalau pan-tilt dibatasi dua axis, satu yang angguk-angguk, satu lagi yang kiri-kanan (pan). Cocoknya untuk yang butuh kontrol presisi yang sangat tepat, misalnya foto arsitektur (gedung, interior) produk dll.

      • akira July 1, 2014, 3:20 pm

        ohh, berarti fluidhead mirip ballhead yah bisa segala arah?

  • ocha hell yeah September 23, 2013, 11:21 pm

    Om..dalam kondisia apa untuk membedakan filter itu bagus ato tidak ?

    • Enche Tjin September 24, 2013, 8:46 pm

      @ocha pertanyaan bagus, mungkin akan saya tulis jadi artikel baru

  • Leon August 20, 2012, 10:16 am

    om….saya di bilangin penjual, kalo membersihkan lensa dengan Micro fiber cloth itu bisa ngerusak lapisan tipis yg ada di permukaan lensa…. apa itu benar om??
    saya tidak mengerti lapisan seperti apa yg dimaksud….

    • Enche August 20, 2012, 2:05 pm

      @Leon Namanya coating. Asal gak di gosok kuat2 lensa-lensa jaman sekarang gak masalah.

  • didit budyantara April 30, 2012, 8:49 pm

    om saya sudah beli buku lighting itu mudah-nya….sangat keren dan membantu.
    cuma ini mau nanya soal filter saja.
    saya pake tokina 11-16 dan sukanya LS, sudah ada ND8 dan sekarang mau beli GNDnya.
    menurut om untuk LS bagusan pake GND filter biasa atau GND sistem yang pake holder dll itu…..
    maaf kalo istilahnya salah…btw thks

    • Enche May 2, 2012, 8:24 pm

      @didit bagusan yang ada holdernya karena kita bisa atur posisi yang gelap dengan lebih akurat.

  • sentis September 17, 2011, 11:29 am

    Sorry mas jefrry apakah kartu memory segitu besar apakah ga riskan ya? begitu memory card rusak bisa hilang semua data, apakah ga lebih baik kecil tapi ada beberapa… sekedar pemikiran aja sih…. 🙂

  • Jeffri September 11, 2011, 10:43 pm

    Mas Enche, selain yang 20G sekarang sudah tersedia Extreme Pro 128G (90MB/s) yang memudahkan rekan rekan penghobi fotografi .

    Terutama bagi mereka yang suka mengambil dalam bentuk RAW ketika harus menempuh perjalanan jauh untuk waktu yang cukup lama.

    Untuk Tripod, selain Head dan bahan yang digunakan (carbon), mungkin titik tertinggi dan terendah (frog style) yang bisa dicapai suatu Tripod patut juga dijadikan referensi ketika akan membeli.

    salam kenal…^^

    • Enche September 11, 2011, 11:55 pm

      @Jefri: thanks buat infonya 🙂
      @Hariyanto: bisa di stack, tapi bisa mengurangi kualitas gambar

  • Hariyanto September 11, 2011, 9:49 pm

    Terimakasih…atas infonya…
    Om.. apakah filter CPL dan ND bisa digabung? apa akan membuat efek hasil yang berbeda dibanding menggunakan filter 1?
    Terima kasih….
    Salam

  • sentis September 11, 2011, 11:57 am

    Mas enche untuk filter ND bedanya apa yg ND 4 & ND 8? Thanx sebelumnya…

    • Enche September 11, 2011, 12:15 pm

      ND4 itu mengurangi cahaya hingga 2 stop, sedangkan ND8 lebih gelap lagi, hingga 3 stop.

Leave a Comment