≡ Menu

Wawancara dengan majalah Kereta Api

Beberapa bulan yang lalu saya merasa terhormat saat diwawancara oleh reporter majalah kereta api, M. Yanuarika. Saya diwawancara di acara hunting foto bareng alumni kursus kilat di Museum Transportasi TMII. Dan beberapa hari yang lalu, saya sangat senang menerima kopi majalah tersebut.

interview-majalah-ka

Isi artikel kurang lebih adalah tentang kisah sepak terjang saya di dunia fotografi. Saya juga memberikan beberapa tips untuk foto kereta api, yang saya pikir bagus juga dishare disini:

Tips memotret Kereta Api ala Enche
Tips #1 Pertama-tama terang gelap / eksposurnya harus sesuai dengan suasana atau subjek yang difoto. Misalnya bila kita foto kereta api yang berwarna gelap, sering kali foto yang dihasilkan terlalu terang. Karena itu kita perlu menyesuaikannya dengan mengatur fungsi kompensasi eksposur atau mengatur pencahayaan secara manual untuk mendapatkan hasil foto yang pas terang gelapnya.

Tips #2 Selain foto kereta api, ada baiknya juga mengambil pemandangan disekitar kereta api sehingga kita bisa menangkap suasana sekitarnya.

Tips #3 Gunakan mode auto fokus yang tepat. Saat kereta api berjalan, sebaiknya mengunakan auto fokus continuous (AF-C/Ai servo) untuk mengikuti jalannya kereta api. Dengan demikian, kereta api yang kita tetap tajam. Jangan lupa juga mengunakan shutter speed yang agak cepat seperti 1/200 detik atau lebih supaya foto tidak blur.

Tips #4 Jangan lupa mengekplorasi detail dari kereta api, misalnya bagian interiornya, bagian roda, rel dan lain-lain. Ambil dari sudut yang beragam seperti dari bawah dan gunakan lensa yang beragam, terutama lensa lebar untuk membuat foto yang berdimensi.

Tips #5 Setelah pengambilan foto, kita juga bisa mengedit foto sesuai dengan suasana dan imajinasi kita. Misalnya jika yang kita foto adalah kereta api antik dan sudah berusia tua, ada baiknya kita mengubah warna foto menjadi hitam putih atau sepia. Dengan perubahan ini, foto kereta api kita terlihat lebih klasik dan sesuai.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 1 comment… add one }
  • jimmy November 9, 2011, 11:29 pm

    wahhhh….. bagi bagi ilmu terus om enche…. makasih mas ilmunya… tetap sukses…

Leave a Comment