≡ Menu

Sony NEX 7 vs Olympus OMD EM5

Beberapa hari yang lalu, ada yang menanyakan kamera mana yang lebih bagus, Sony NEX 7 atau Olympus OMD EM5. Pertanyaan ini membuat saya berpikir sejenak karena kedua kamera kualitasnya memang sudah sangat bagus. Saya rasa yang membeli salah satu kamera tidak akan kecewa dengan kualitasnya. Tapi karena pertanyaan tersebut harus dijawab, maka inilah jawaban lengkapnya :)

Diatas kertas, Sony NEX 7 unggul di beberapa faktor, antara lain punya sensor imaji yang lebih besar, resolusi foto juga lebih besar. Artinya untuk kualitas foto seperti ketajaman, detail, rentang dinamis dll, NEX 7 lebih berpotensi. Mengapa saya sebut “berpotensi?” karena kemampuan sesungguhnya baru bisa dimaksimalkan dengan lensa yang berkualitas tinggi. Lensa kit 18-55mm yang di paket dengan NEX 7 itu bukan pasangan yang ideal.

Kiri: Sony NEX 7, Kanan: Olympus OMD EM5

Di lain pihak, Olympus OMD EM5 memiliki sensor 16MP yang sudah lebih bagus daripada generasi 12MP di Olympus PEN EP3, atau kamera generasi sebelumnya. Kualitas foto di ISO 1600 yang tadinya kurang baik, kini sangat baik digunakan. Bahkan kalau terpaksa ISO 3200 masih oke buat cetak ukuran kecil.

Dalam urusan angka, NEX 7 juga unggul di resolusi layar LCD dan jendela bidik elektronik. NEX 7 punya layar elektronik dengan resolusi tinggi  dan jendela elektronik yang resolusinya masih memegang rekor terdetail saat ini yaitu 24 juta titik. Di urusan video juga Sony masih unggul, yaitu menawarkan video dengan 60p, artinya video akan lebih mulus daripada Olympus EM5 yang hanya menawarkan 30p untuk ukuran full HD dan 720p.

Dari desain kamera, Olympus OMD desainnya bergaya retro alias mirip dengan desain kamera film jaman dahulu. Sedangkan desain kamera Sony lebih terlihat modern dengan gaya minimalis. Disisi kualitas badan kamera, EM5 punya kelebihan disini dalam hal kualitas badannya yang weathersealed, tahan siraman air dan debu. Bahannya sebagian besar dari logam magnesium alloy.

Olympus EM5 juga memiliki built-in image stabilization 5 aksis, hal ini membuat foto subjek gak bergerak di keadaan cahaya yang kurang baik menjadi lebih mudah. Teknologi ini cocok dipakai untuk lensa apa saja dan juga membantu saat merekam video.

Kelebihan lain dari Olympus adalah kecepatan autofokus yang sangat cepat, kecepatan autofokus ini hampir sama dengan kamera DSLR di tempat yang terang. Di tempat yang gelap, kecepatan AF berkurang, tapi masih dalam batas yang wajar.

Koleksi lensa Olympus yang bergabung dengan sistem micro four thirds sudah sangat banyak. Lensa-lensa yang cocok dibuat oleh Olympus, Panasonic, Sigma, Tamron dan lain-lainnya. Koleksi lensanya tidak terlalu jauh bedanya dengan kamera DSLR. Di sisi lain, koleksi lensa Sony NEX belum begitu banyak, terutama yang berkualitas tinggi untuk mengimbagni sensor bereslusi tingginya NEX7.

Di sisi desain layout dan menu, kedua kamera memenuhi keinginan fotografer yang berpengalaman/enthusiasts/pro. Kedua kamera ini memiliki banyak tombol yang bisa diprogram *function button) dan juga kenop kenop perintah. Pergantian setting dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Kalau soal menu, Sony NEX 7 menunya lebih didesain untuk fotografer pemula atau orang yang awam terhadap fotografi. Desainnya lebih mirip dengan NEX 5. Bagi fotografer berpengalaman mungkin akan sedikit kesulitan mencari dan mengubah setting tersembunyi di dalam menu Sony NEX ini.

Ada juga beberapa hal yang berbeda antara lain: Sony memiliki lampu kilat yang bisa diarahkan ke atas untuk dipantulkan, Olympus tidak memiliki built-in flash, tapi tersedia external flash berukuran kecil. Hot shoe (dudukan flash/aksesoris) Sony tidak universal, sehingga sulit menemukan aksesoris untuk merekam video atau flash yang dudukannya versi Sony. (Catatan: Sony NEX 6 yang baru diumumkan, akan memiliki hotshoe universal).

Yang kecewa dengan koleksi lensa Sony NEX dan memiliki banyak lensa Alpha, tersedia adapter khusus supaya bisa mengunakan lensa Alpha Sony. Adapter ini memiliki teknologi phase detection Auto focus yang kecepatannya lebih cepat, setara dengan kamera DSLR. Kerugian memakai adapter ini adalah kita kehilangan 1/3 stop cahaya dan ukuran kamera dan lensa menjadi besar.

Terakhir, Sony NEX memiliki fitur focus peaking untuk membantu manual fokus. Hal ini akan membantu saat mengunakan lensa jadul yang manual fokus.

Lalu, siapa yang menang? Jawabannya tergantung! Kalau sabar menunggu, lensa-lensa berkualitas dari Sony NEX7 akan memberikan kualitas dan ukuran foto yang sangat baik untuk cetak besar. Sedangkan kalau ingin ekosistem kamera yang sudah matang dalam artian koleksi lensa berkualitas dan aksesorisnya sudah lumayan lengkap, pilihlah Olympus OMD EM5.

Rangkuman kelebihan kunci masing-masing kamera

Sony NEX 7
+ Resolusi foto lebih tinggi (24MP vs 16MP)
+ Kualitas LCD dan jendela bidik
+ Video lebih mulus 60p
+ Built-in flash yang bisa di pantulkan

Olympus OMD E5
+ Kecepatan auto fokus tinggi
+ Bahan kamera berkualitas dan weather sealed
+ Koleksi lensa berkualitas lebih lengkap
+ Built-in image stabilization

Pendapat pribadi saya? saya cenderung ke Olympus EM5 saat ini karena saya lebih mementingkan kamera yang kinerjanya cepat dan tahan banting daripada resolusi foto. Ekosistem lensa berkualitas dan aksesoris juga sudah lumayan lengkap.

Similar Posts:

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Google+

{ 23 comments… add one }

  • virya Oktober 21, 2012, 12:27 am

    koo tolong ulas tentang samsung nx20 . Please ..
    makasih sebelumnya

  • Erwin M Oktober 21, 2012, 11:36 am

    Untuk kemampuan menampilkan foto ISO tinggi yg lebih bersih dari noise, NEX7 dgn sensor APS-C diatas kertas lebih unggul dari OM-D yang sensornya M4/3. Tapi dalam prakteknya karena teknologi sensor dan noise reduction pada kedua kamera sama2 sudah modern, perbedaan ukuran sensor keduanya (mungkin) bisa diabaikan.

  • Lingga Oktober 21, 2012, 8:21 pm

    om enche tny donk….
    gimana cara ngitung contoh fokal lensa 10mm (ekuivalen 16mm di full frame). ??

    • Enche Oktober 22, 2012, 4:33 pm

      @Lingga apanya yang mau dihitung ya?

  • Lingga Oktober 22, 2012, 5:41 pm

    cara hitung equivalen nya om?kok bisa 10mm jd 16mm kalo di full frame

    om, Tamron Lens AF 70-300mm f4-5.6 Di LD Macro for Canon , Canon Lens EF 75-300mm f4-5.6 USM III, Canon Lens EF S 55-250mm f4-5.6 IS II, di ketiga ini, mana yg bagus yaa om??

  • Enche Oktober 22, 2012, 5:45 pm

    @Lingga oo tinggal dikali 1.6 saja. Yang paling bagus yang terakhir: Canon 55-250mm IS

  • Lingga Oktober 22, 2012, 5:52 pm

    karena ada IS nya yaaa?

  • Lingga Oktober 24, 2012, 2:27 pm

    om,,, tny lagi,, kalo di bandingin sama 28-105 f3.5-4.5 usm mana bagusan??

  • Enche Oktober 24, 2012, 2:34 pm

    @Lingga itu lensa jadul banget :) kurang rekomen, mendingan 18-135mm IS

  • Lingga Oktober 24, 2012, 6:52 pm

    wkowkwow,, itu lensa jadul yaaaa
    kalo begitu Canon 55-250mm IS aja dh…ehehehe

  • William November 8, 2012, 4:49 pm

    dah terlanjur beli OMD nih… krn katanya nex7 msi kalah dgn OMD
    tp mw nanya klo di OMD pada saat kt d mode manual apakah EVnya gak bisa di atur manual? krn foto sy slalu gelap…

  • Enche November 8, 2012, 5:54 pm

    @William bisalah, modenya sudah M alias manual?

  • nano November 18, 2012, 2:46 pm

    Om Enche, mau nanya nih……
    Saya tertarik dgn Olympus OMD, tapi kalau pakai lensa panasonic MFT apakah semua fungsi seperti autofokus, metering atau IS berjalan normal di Olympus?
    Antara lensa MFT olympus 17mm/f 2.8 dan panasonic 14 mm/ f 2.5 mana yg lebih direkomendasikan utk Olympus OMD?

    • Enche November 18, 2012, 7:45 pm

      @nano ya cocok, jadi gak masalah. Secara kualitas optik panasonic 14mm lebih bagus. Masalahnya perbandingannya bukan apel ke apel, karena 14mm dan 17mm memberikan sudut pandang yang berbeda. 14mm lebih lebar.

  • nano November 18, 2012, 9:08 pm

    thanks infonya Om Enche….. :-)

    Saya punya lensa canon EF, kalau dipakai ke Olympus OMD dgn adapter, fungsi apa saja yg jadi ngak jalan? Autofokus? metering?
    Ada adapter yg direkomendasikan?

    Sekali lagi terima kasih sharingnya Om Enche…….

  • 1Dfans Mei 27, 2013, 9:41 pm

    om enche,, kalo menurut om.. itu bagusan omd or nex 7?

    • Enche Mei 27, 2013, 9:45 pm

      Jawabannya sudah ada di paragraf terakhir :)

  • handresastro Oktober 15, 2013, 7:29 pm

    kalo saya mau pake lensa Sony Nex di Canon bisa gak ya? Adatornya yang mana saya harus pakai? Makasih…

    • Enche Tjin Oktober 15, 2013, 8:13 pm

      @handresastro setau saya gak bisa

  • ivan Oktober 20, 2013, 10:29 pm

    Koh, saya tertarik dengan OM-D, bagaimana performanya dan masa depan micro four third nya? Masih bimbang antara OM-D atau Nikon D7000

    • Enche Tjin Oktober 21, 2013, 9:23 am

      @ivan menurut penuruturan teman2 yang pakai, mereka senang dengan kinerja dan bentuknya yang ringkas. Untuk masa depannya saya kurang tau juga, karena sulit diprediksi.

  • deden Desember 16, 2013, 11:08 am

    Mas kalo omd em5 itu sudah full frame blm ya?

    • Enche Tjin Desember 16, 2013, 1:18 pm

      @deden belum, ukuran sensornya setengah dari full frame.

Leave a Comment