≡ Menu

Tas kamera ransel – Kata Gearpack 100 review

Sudah cukup lama saya mencari tas ransel yang ringan, bermutu dan punya ruang yang cukup besar untuk kamera DSLR, beberapa lensa dan aksesoris. Saat mengikuti tour fotografi Sumatera Utara 7-11 September yang lalu, saya berkesempatan untuk mencoba tas kamera berbentuk ransel, Kata Gearpack 100.

Jual Kata Bag GP100Tas ini menarik bagi saya karena memiliki karakteristik yg saya inginkan. Beratnya hanya 710 gram sedangkan tas ransel kamera yang berkapasitas serupa, biasanya beratnya lebih dari dua kali lipatnya yaitu sekitar 1.5-2 kg. Ukurannya juga tidak terlalu besar, tingginya hanya 42 cm sehingga cocok untuk pria maupun wanita. Desainnya sederhana, tidak terlihat seperti tas yang berisi kamera dan lensa.

Di dalam kompartemen utama tas ini terdapat aerofoam (pelindung busa) berwarna kuning yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan. Warna kuning di bagian dalam tas merupakan ciri khas tas merek KATA. Kelebihannya adalah memudahkan pengguna untuk melihat peralatan fotografi yang umumnya berwarna hitam. Warna hitam jika dipadukan dengan kuning adalah kombinasi warna yang sangat kontras. Ada juga kekurangan pemilihan warna kuning. Warna ini cepat terlihat kotor.

Yang saya sukai dari kamera ini adalah paddingnya yang fleksibel, sehingga tas akan menyesuaikan bentuk dari lensa. Tapi beberapa paddingnya agak tipis dan kecil. Jika isi tas tidak penuh dan penyusunan lensa tidak rapi, maka isi kamera bisa berantakan.

Yang saya sayangkan juga adalah tidak disediakannya raincover, padahal ini adalah aksesoris penting untuk hunting outdoor. Raincover tidak hanya melindungi dari air hujan tapi juga debu dan pencuri. Juga tidak tersedia kompartemen untuk tablet atau netbook. Tapi kita bisa memasukkan tablet/netbook ke kompartemen depan. Syaratnya harus dimasukkan ke sarung tablet/laptop sendiri.

Tambahan (3 Nov 2013): Saat menyusun isi tas, usahakan mengisi bagian bawah terlebih dahulu dan pastikan susunannya rapat sehingga tidak ada pergerakan. Jika susunan tidak rapi atau rapat, maka saat dibuka isi tas bisa jadi berantakan.

Kompartemen utama tas kamera ransel ini bisa muat banyak, termasuk 1 kamera DSR, lensa telefoto 70-200mm f/2.8+teleconverter terpasang, 3 lensa berukuran sedang, dan sebuah flash profesional.

Kompartemen utama tas kamera ransel ini bisa muat banyak, termasuk 1 kamera DSR, lensa telefoto 70-200mm f/2.8+teleconverter terpasang, 3 lensa berukuran sedang, dan sebuah flash profesional.

Kelebihan kekurangan tas KATA Gearpack 100

+ Desain sederhana, tidak menarik perhatian
+ Ukurannya relatif ringkas dan ringan (hanya 710g)
+ Bagian dalam fleksibel dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan
+ Memuat banyak, Kamera DSLR dan sekitar 4-5 lensa
+ Ritsleting melindungi dari debu
+ Banyak kantong untuk menyimpan aksesoris berukuran kecil
+ Tersedia tempat untuk menggantungkan tripod dan botol air
– Tidak ada raincover
– Beberapa padding sedikit kecil
– Tidak ada kompartemen untuk tablet atau netbook
– Tidak ada tali/strap untuk mengamankan kaki tripod

Kesimpulannya, tas ini tergolong sangat baik untuk penghobi fotografer yang suka jalan-jalan. Muatannya banyak dan bagian dalamnya bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Tas ini tidak cocok untuk fotografer yang memiliki kamera DSLR profesional dengan battery grip terpasang, karena ruang di dalam tas tidak terlalu dalam. Setelah menguji tas ini, saya berencana untuk mengunakan tas ini untuk travel di masa mendatang.

Spesifikasi tas KATA Gearpack 100
Dimensi luar: Tinggi: 42cm, Lebar: 30cm, Tebal: 19cm
Dimensi dalam: Tinggi: 40cm, Lebar: 25cm, Tebal: 12cm
Berat: 0.71 kg

Sekilas tentang KATA
KATA bag adalah merek tas kamera yang terkenal atas kualitasnya bahan tas yg bermutu dan tahan banting. Sebelumnya, KATA bag berpengalaman dalam membuat tas untuk kebutuhan militer. Saat ini, KATA memiliki koleksi produk tas yang cukup lengkap dari yang berukuran kecil sampai koper hardcase untuk fotografer profesional.

About the author: Enche Tjin adalah pendiri Infofotografi, seorang fotografer, instruktur fotografi, penulis buku dan tour photography organizer. Saat ini, ia bertempat tinggal di Jakarta. Temui Enche di Instagram: enchetjin

{ 4 comments… add one }
  • ALEX February 24, 2014, 11:57 pm

    luar biasa hasil tas nya kalau bisa ganjar foto grafer

Leave a Comment